Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa Baru angkatan 2016 FIS UNJ

Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa Baru angkatan 2016 FIS  UNJ

Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa Baru angkatan 2016 FIS UNJ

Jakarta-Bertempat di Gedung Setifikasi Guru Lt. 9 telah dilaksanakan kegiatan Pendidikan Karakter (Pendikar) pada tanggal 28-31 Agustus 2016.  Kegiatan ini dibagi dalam 4 gelombang peserta. Tujuan Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka wawasan mahasiswa dan mengarahkan mereka agar mereka menjadi mahasiswa yang tidak hanya memiliki intelektual namun juga memiliki pribadi yang baik dan memiliki jiwa bela negara. Sejak dilaksanakan sejak tahun 2013 kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai rangkaian dari kegiatan penerimaan mahasiswa baru pada tiap tahunnya.

Pendikar pada tahun ini diadakan kembali diadakan didalam kelas seperti pada tahun 2013, karena ada beberapa pertimbangan pada tahun ini untuk mengembalikan pendikar di dalam kelas. Dengan peserta 821 mahasiswa baru dari 9 Program Studi yang mengikuti kegiatan Pendikar ini, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Univertitas Negeri Jakarta mengusung tema “Membentuk Mahasiswa yang berkarakter Spritual dan Bela Negara” dan mengundang narasumberi Ustad Abdul Latif dan Mayjend Hartind Asrin dan Brigjen Aris Martanto dari Badiklat Kementerian Pertahanan RI.   Sehingga dengan semangat bela negara diharapkan mahasiswa baru memiliki akhlak yang baik dan berkarakter bela negara.

Pendidikan Karakter bertujuan untuk menanamkan karakter mahasiswa. Karakter yang dimaksudkan adalah bahwa seorang mahasiswa memiliki tanggung jawab lebih dari sekedar menimba ilmu saja atau dalam bidang intelektual namun terdapat bidang lain yang harus dimiliki yaitu dalam bidang spiritual dan organisasi.

Ketiga bidang tersebut merupakan bidang yang ingin diberikan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan BEM FIS kepada mahasiswa baru sehingga Mahasiswa FIS tidak hanya menjadi mahasiswa yang berilmu saja namun mahasiswa yang berilmu, berakhlak dan dapat berorganisasi pula hal ini pun sejalan dengan motto FIS yaitu mencerdaskan dan mencerahkan.

a

Penutupan Acara Pendidikan Karakter dilakukan oleh Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Jakarta Prof . Dr. Sofyan Hanif