Seminar Dialog Kebangsaan dan Social Youth Camp 2016

Seminar Dialog Kebangsaan dan Social Youth Camp 2016

Seminar Dialog Kebangsaan untuk  Mengubah pola pikir Mahasiswa terhadap Masa Depan

Seminar dialog kebangsaan yang diadakan di Universitas Negeri Jakarta Selasa pagi pukul 08.00-12.30 siang (27/10/16) membuat gebrakan agar menuju Indonesia yang lebih baik lagi dan stabil. Seminar ini mendapat apresiasi yang bagus karena pembicaranya pun merupakan tokoh-tokoh nasional, seperti Prof.Muji Sutrisno.SJ (budayawan STF Driyarkara VI), D.R Riza Ramli (ekonom dan mantan Menteri Koordinator maritim & sumber daya kabinet kerja) serta DR Robertus Robet MA (Kaprodi Sosiologi Pembangunan FIS UNJ)

Seminar ini fokus dalam pembahasan problem politik dan budaya saat ini, karena dirasa indentitas Indonesia sudah mulai terkikis oleh perkembangan jaman, dan di paparkan bahwa Indonesia membutuhkan remaja (khususnya mahasiswa) yang bisa menjaga dan menghargai kebudayaannya sendiri, saling menghargai pendapat, menghargai perbedaan etnis maupun agama dan keragaman yang ada di Indonesia. Maka dari itu,seminar ini bertujuan untuk mengubah pola pikir para remaja serta para mahasiswa agar bisa berfikir secara visioner (masa depan) agar bangsa Indonesia kedepannya menjadi lebih baik lagi,dan bisa mengikuti perkembangan jaman,tanpa mengikis budayanya sendiri

(Liputan : Amelia, Erisca, Huurun, Ibnu, Karin, Novita, Shearly)

kebangsaan 1

 

 

 

 

             

 

 

 

 

 

 

Social Youth Camp 2016 dan Dialog Kebangsaan FIS UNJ

kebangsaan 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara Social Youth Camp Batch II ini berlangsung sejak tanggal 27 sampai dengan 30 oktober 2016, banyak sekali rangkaian acara yang sangat luar biasa disiapkan untuk SYC batch II 2016 ini. Peserta yang hadir dalam acara ini merupakan representative siswa-siswi sekolah yang hampir dari seluruh indonesia. Agenda pertama dalam acara ini ialah Dialog Kebangsaan yang merupakan ini juga adalah agenda akademik dari Wakil Dekan I FIS UNJ bidang akademik, yang pada kesempatan ini dapat dilaksanakan di Ged. Dewi Sartika UNJ aula Maftucha Yusuf dan mengahadirkan Dr. Rizal Ramli mantan menteri kemaritimin pada era kabinet kerja jilid I pemerintahan Jokowi-JK dan juga para akademisi-akademis dari kalangan tingkat Univeristas Negeri Jakarta.

Pada dialog kebangsaan ini membahas sebuah tema tentang “Permasalahan Kebangsaan dan Peran Universitas”, dalam sambutan ketua pelaksana acara ini yaitu Bpk. Syaifudin M.Kesos mengatakan “bahwa sudah 71 tahun negara indonesia merdeka, namun masih tetap banyak sekali permasalahan bangsa ini yang harus perlu dicarikan solusinya segera, nah… dengan melalui dialog kebangsaan ini dan dalam moment social youth camp ini, Bpk Syaifudin mengajak seluruh peserta yang hadir untuk bersinergi bersama mencari solusi untuk setiap permasalahan kebangsaan yang akan dibahas oleh para pembicara yang juga hadir dalam acara ini, antusiasme para peserta yang hadir sangatlah luar biasa sekali”.

Diakhir acara ini para siswa-siswi yang hadir tak mau hanya duduk terdiam mendengarkan pembahasan dari pembicara saja, ketika sesi diskusi dimulai  mereka juga saling memberikan pendapat dan juga aktif bertanya langsung kepada pembicara. Karena para peserta yang hadir dalam kesempatan ini diharapkan dapat menjadi generasi bangsa yang memberikan dan menciptakan suatu perubahan yang baik bagi bangsa indonesia ini.

Setelah sesi dialog kebangsaan ini berakhir para peserta SYC batch II ini akan dilanjutkan dengan sesi talkshow interaktif, kelas parlemen dan juga malah budaya serta masih banyak lagi rangkaian acara yang luar biasa sampai 30 Oktober nanti hingga para peserta untuk kembali pada kota asalnya dan mengimplementasikan  ilmu dan pelajaran yang mereka dapatkan di acara ini pada kehidupan mereka sehari-hari di kota asalnya.

(Liputan  : Markus )