TOURISM EXPO 2016: Baristime And Travel Fest

TOURISM EXPO 2016:  Baristime And  Travel Fest

TOURISM EXPO 2016: Baristime And Travel Fest

Tourism expo adalah sebuah rangakaian kegiatan rutin yang dilakukan tiap tahun oleh mahasiswa Usaha Jasa Pariwisata (UJP) semester 5 dan semester 3. Kegiatan ini selalu mengusung tema yang selalu berbeda tiap tahunnya bertujuan untuk menuangkan kreativitas mahasiswa dalam mengadakan dan mengorganisir sebuah event dan memenuhi kewajiban dalam mata kuliah Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di semester 5. Pada tahun ini mengangkat tentang kopi nusantara bertema “Baristime” dari kata Barista yang berarti seorang yang mempunyai keahlian di dalam membuat dan meracik kopi dan time yang secara harfiah dalam bahasa Inggris berarti waktu, arti dalam Baristime adalah waktu ang terpat dalam mempelajari kopi dan membuat kopi dengan cara yang paling sederhana dan teknik yang sederhana karena memang budaya kopi dalam beberapa tahun ini sudah menjadi budaya global. Bertempat di ruang auditorium UPT Perpustakaan, Baristime bekerja sama dengan KOmunitas PecInta Kopi NOEsantara (KOPI KOE) sebagai pembicara materi teori pelatihan dan instruktur pelatihan dengan peralatan manual, para peserta yang berjumlah 100 orang dengan biaya pelatihan sebesar Rp. 100.000 ini diikuti dari kalangan mahasiswa, pecinta kopi, dan umum. Para peserta yang melakukan pelatihan ini mendapatkan wawasan dan teknik bagaimana membuat kopi mulai dari manual brew sampai menggunakan coffee machine, mulai dari membuat espresso sampai ke latte mesin . Para peserta juga mendapatkan sertifikat, snack dan makan siang. Selain itu peserta juga disuguhkan penampilan akustik dari mahasiswa/i UJP UNJ.

dekan fis

baristime

Sedangkan,Travel Festival Tourism Expo 2016 yang bertempat di lapangan UPT Perpustakaan ialah sebuah acara rutin tiap tahun mahasiswa/i semester 3 UJP dalam rangka praktik sekaligus menjalin kerja sama antara UJP UNJ dengan Kedutaan Besar dari dua belas negara dan Dinas Pariwisata daerah domestik terpilih sebagai objek wisata terfavorit. Negara dan Provinsi tersebut antara lain, Korea Selatan-Jawa Timur, Inggris-Batam, Australia-Medan, Taiwan-Jogja, Perancis-Papua, Swiss-Jakarta, Turki-Sulawesi Utara, Belanda-Bali, Italia-NTT, China-Kalimantan Selatan, Jepang-Padang, dan Kuba-Jawa Barat.

travel fest

Acara ini diselenggarakan pada hari Kamis, 8 Desember 2016 di Lapangan UPT Perpustakaan, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pukul 08.30-16.00 WIB.

Dengan target pengunjung segala usia dan terbuka untuk umum,serta tanpa dipungut biaya apapun, acara ini berhasil mendatangkan 600 pengunjung dari berbagai daerah. Pengunjung akan mendapatkan souvenir khas negara dan daerah dari tiap booth, food testing, dan penawaran-penawaran paket wisata yang sangat menarik.

Rangkaian acara diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh Dekan FIS Dr. Muhammad Zid, M.Si. dan Kepala Program Studi UJP Dra. Budiarti, M.Pd dan berlanjut dengan kunjungan tamu VIP ke tiap booth serta parade yang diikuti oleh mahasiswa/i secara berpasangan yang mewakili pakaian khas dari dua belas negara dan daerah tersebut Dengan diiringi Pemain Musik Banyumasan mengelilingi UNJ, parade berhasil menarik perhatian dari para sivitas akademika untuk berkunjung. (Khrisnamurti)