Sidang Promosi Doktor Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd.

Sidang Promosi Doktor Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd.

Sidang Promosi Doktor Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd.

Jakarta 8/1/2020 – Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd. berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan dewan penguji dengan judul, “Model Pembelajaran Berdasarkan Karakteristik Wilayah untuk Meningkatkan Keterampilan Geografis Peserta Didik Sekolah Dasar”. Adapun sidang promosi doktor tersebut dilaksanakan di lantai V Auditorium Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia pada Selasa, 7 Januari 2020 jam 09.30 – 11.00 dibuka oleh ketua Sidang Dr. Anna Permanasari, M.Si.

Setelah Tim Promotor yang terdiri dari Prof. Dr. Darsihardjo, MS., Dr, Epon Ningrum, M.Pd., dan Dr, rer.nat Nandi, MT., M.Sc. menyatakan promovendus layak, maka dilanjutkan sesi tanya jawab kepada penguji ahli Dr. Muhammad Zid, M.Si. dan Ketua Program Studi Pascasarjana Pendidikan Geografi Prof. Dr. Enok Maryani, MS.

Pada kesempatan itu Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd. menjelaskan bahwa sekolah mempunyai peran untuk “to be human and to become human”, sedangkan implementasi kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar masih dilaksanakan dari kelas I hingga kelas VI. “Keterampilan geografis adalah upaya mengembangkan perspektif keruangan dari aspek berpikir tingkat tinggi. Keterampilan geografis merupakan keterampilan dalam mengkaji, mempelajari, serta membuat simpulan dan menerapkan gagasan dalam sudut pandang keruangan dan kewilayahan.” Tuturnya dalam presentasi diawal sesi.

Kemampuan keterampilan geografis peserta didik menjadi meningkat setelah menggunakan model pembelajaran keterampilan geografis berdasarkan karakteristik wilayah. Model pembelajaran berdasarkan karakteristik wilayah untuk meningkatkan keterampilan geografis peserta didik sekolah dasar membuat pembelajaran lebih menyenangkan bagi peserta didik, dikarenakan dalam pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan peserta didik dalam proses berpikir.

Setelah semua pertanyaan dan keberatan tim penguji berhasil dijawab dengan baik oleh Dr. Ode, maka diakhir sidang beliau dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Penyerahan surat keterangan lulus diberikan oleh ketua sidang dan diakhiri sesi foto bersama.