Program Studi S1 Ilmu Agama Islam

Program Studi S1 Ilmu Agama Islam

Akreditasi Program Studi

Prodi Ilmu Agama Islam telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan keputusan BAN-PT No. 017/BAN-PT/Ak-XV/S1/VI/2012

Visi

Menjadi Program Studi unggulan di tingkat nasional pada tahun 2015 dan internasional pada tahun 2025 dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam berdasarkan pemahaman Islam moderat (al-wasathiyyah) yang memadukan khazanah pemikiran Islam klasik dan modern.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mampu menghasilkan tenaga pendidik Pendidikan Agama Islam dan tenaga Komunikasi Penyiaran Islam Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran tentang khazanah pemikiran Islam klasik dan modern melalui sumber aslinya.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam dengan menggunakan paradigma Islam klasik dan modern.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam dalam upaya pengembangan kehidupan beragama yang moderat, terbuka, dan maju
  4. Melaksanakan kegiatan kerjasama dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam yang saling menguntungkan dengan lembaga swasta dan pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri sebagai perwujudan dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi
  5. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang menjunjung tinggi akhlak dan nilai-nilai kemanusiaan dalam setiap aspek kehidupan.
  6. Menyelenggarakan  pendidikan  dan  pembelajaran yang dapat menghasilkan sarjana yang mampu mengkomunikasikan pemahaman Islam moderat (al-wasathiyah)

Gelar Lulusan

Sarjana Agama (S.Ag)

 

Capaian Pembelajaran Program Studi

Program Studi Ilmu Agama Islam menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi-kompetensi yang meliputi:

  1. Memproduksi pesan dan program dakwah dengan menggunakan media berbasis ICT melalui teknik komunikasi penyiaran Islam yang tepat sesuai dengan kebutuhan stakeholder, berdasarkan kajian social keagamaan secara kreatif dan inovatif
  2. Mengembangkan media pembelajaran,  perangkat penilaian, dan evaluasi berbasis ICT melalui pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa dan materi berdasarkan kajian/ riset pendidikan Islam secara kreatif dan inovatif.
  3. Menciptakan pola-pola komunikasi dalam menyampaikan ajaran Islam yang moderat dalam lingkup nasional dan internasional.
  4. Mengevaluasi teori dan konsep keagamaan, keberagamaan, dan komunikasi untuk memformulasikan strategi penyiaran Islam dan pengembangan keterampilan kewirausahaan (mediapreunership)
  5. Mengevaluasi teori dan konsep keagamaan, keberagamaan, dan kependidikan  untuk memformulasikan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pengembangan keterampilan kewirausahaan (mediapreunership)
  6. Memilih strategi perencanaan, pengorganisasian, dan prioritas kerja untuk mengambil keputusan dan penyelesaian masalah berdasarkan analisis data kuantitatif dan kualitatif melalui komunikasi intra dan interpersonal serta akhlakul karimah dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
  7. Mengintegrasikan nilai-nilai profetik berupa kejujuran, keterbukaan, dan kemandirian dalam mengembangkan organisasi yang akuntabel berdasarkan prinsip-prinsip keislaman dan keindonesiaan

Kurikulum
a.     Struktur Kurikulum Konsentrasi Pendidikan Agama Islam

   No   Kelompok      SKS   
1.    Mata Kuliah Umum (MKU) 13
2.    Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) 12
3.    Mata Kuliah Bidang Keahlian dan Penunjang (MKBKP) 106
4.    Mata Kuliah Pembelajaran (MKP) 13
Total 144

b.    Sebaran Mata Kuliah Konsentrasi Pendidikan Agama Islam

kur_iai_pai

a.     Struktur Kurikulum Konsentrasi Komunikasi Penyiaran Islam

   No   Kelompok      SKS   
1.    Mata Kuliah Umum (MKU) 13
2.    Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) 44
3.    Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK) 43
4.    Mata Kuliah Penunjang (MKP) 44
Total 144

b.    Sebaran Mata Kuliah Konsentrasi Komunikasi Penyiaran Islam

kur_iai_kpi