Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Visi  :

Program studi  S1 Ilmu Komunikasi UNJ adalah menjadi program studi Ilmu Komunikasi termuka di bidang bisnis pada tingkat ASEAN pada tahun 2026.

 

Misi: 

Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana komunikasi bisnis yang unggul, kompetitif dan terampil di kawasan ASEAN.  Untuk mendukung misi utama tersebut, maka program studi S1 Ilmu Komunikasi UNJ memiliki misi pendamping sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana komunikasi bisnis yang unggul pada bidang komunikasi, public speaking, bahasa asing, dan ICT
  1. Lulusan program studi S1 Ilmu Komunikasi UNJ menjadi sarjana komunikasi bisnis, yang kompetitif dan memiliki daya saing diantara lulusan program studi komunikasi dari institusi pendidikan lain. Daya saing tersebut terwujud dalam bentuk softskill, berupa kemampuan dapat berkerjasama dalam membuat perencanaan program komunikasi, mahir dalam bidang penelitian komunikasi
  1. Lulusan program studi S1 Ilmu Komunikasi UNJ menjadi tenaga profesional komunikasi bisnis yang terampil, dengan aktif dalam kegiatan komunikasi, yang berhubungan dengan industri pada kawasan ASEAN, berbasis budaya, akademik, dan kewirausahaan.
  1. Program studi S1 Ilmu Komunikasi UNJ melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholders di kawasan ASEAN, baik dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta, untuk mendukung pengembangan penyelenggaraan akademik yang meningkatkan mutu dan kompetensi lulusan dalam bidang komunikasi bisnis.

 

Akreditasi Program Studi

Saat ini Program Studi S1 Ilmu Komunikasi belum mendapatkan akreditasi dari BAN-PT.

Gelar Lulusan

Sarjana Ilmu Komunikasi (S.Ikom)

Kurikulum

TAHUN 1
SEMESTER 1
NO KODE MATKUL NAMA MATKUL SKS
1 14080012 Creative Thinking 2
2 14080023 Integrated Communication Technology 3
3 14080013 Pengantar Ilmu Komunikasi 3
4 14080062 Pengantar Periklanan 2
5 14080172 Pengantar Public Relations 2
6 14080212 Pengantar Komunikasi Massa 2
7 14080483 Filsafat Komunikasi 3
8 Pend. Agama Islam 3
9 Coding (Big Data) 2
SEMESTER 2
1 14080033 Statistik Komunikasi 3
2 14080043 Media Baru 3
3 14080023 Teori Komunikasi 3
4 14080083 Komunikasi Lintas Budaya 3
5 14080093 Komunikasi Antar Pribadi 3
6 14080103 Psikologi Komunikasi 3
7 Bahasa Indonesia 2
8 Bahasa Inggris 2
9 Pancasila 2
TAHUN 2
SEMESTER 3
1 14080053 Ekonomi Politik Media 3
2 14080063 Manajemen Media Massa 3
3 14080073 Brand Management 3
4 14080033 Komunikasi Organisasi 3
5 14080073 Metodologi Penelitian Komunikasi I (Kuantitatif) 3
6 14080123 Komunikasi Politik 3
7 14080393 Integrated  Marketing Communication 3
8 Kewarganegaraan 2
SEMESTER 4
1 14080083 Creative Iklan 3
2 14080093 Produksi Program TV (News) 3
3 14080103 Jusnalistik TV 3
4 14080113 Videography 3
5 14080123 Radio Journalism 3
6 14080113 Metodologi Penelitian Komunikasi II (Kualitatif) 3
7 14080203 Public Speaking 3
8 14080133 Teori Kritis 3
TAHUN 3
SEMESTER 5
1 14080143 Etnography Public Relations 3
2 14080153 Manajemen Humas 3
3 14080163 Penulisan Naskah Kehumasan 3
4 14080173 Event Organizing 3
5 14080183 Kampanye Public Relations 3
6 14080353 Professional Image 3
7 14080193 Manajemen Krisis 3
SEMESTER 6
1 14080203 Produksi Iklan 3
2 14080213 Copy Writing 3
3 14080223 Desain Komunikasi Visual 3
4 14080233 Metode Penelitian Komunikasi terapan 3
5 14080243 Advertising Management 3
6 14080413 Komunikasi Internasional 3
7 14080253 Etika Komunikasi 3
8 Ilmu Alamiah Dasar 2
TAHUN 4
SEMESTER 7
1 14080264 Praktek Kerja Lapangan 4
2 14080166 Skripsi 6
3 14080474 Kuliah Kerja Praktek 4
JUMLAH TOTAL SKS 151