Tajuk Seminar Confikom 2020, Media Baru Membawa Perubahan Dan Manfaat

Jakarta (14/11/2020) – Seminar CONFIKOM 2020 digelar secara online, dengan mengangkat sebuat tema, ChangingThe World Through New Way Of Communication In New Media. Master of Ceremony kegiatan ini adalah Hapsha Arafa,  Duta FIS UNJ, dan dimoderasi oleh Marisa Puspita Sary, M.Si, Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UNJ.

Pembicara pertama Prof. Dr Ibnu Hamad, Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Prof. Ibnu membawakan materi dengan tema Meraih Manfaat dari Perubahan.

Menurut Prof. Ibnu, saat ini    mahasiswa di Pendidikan Tinggi harus memiliki 5 ciri, yaitu Discipline mind, Creative mind, Synhesing mind, Respectful mind, dan Ethical mind. Beliau juga mengatakan, bahwa ICT telah memberikan pengaruh besar dalam perubahan yang terjadi. “ Bahkan saat ini, dunia sedang dalam kondisi serba Internet. Kita dapat memperoleh manfaat dari perubahan akibat ICT ini, jika kita memiliki kompetensi dibidang ICT.” Jelas Prof. Ibnu.

Untuk menjadi penggerak perubahan, Prof. Ibnu mengatakan mahasiswa harus memiliki 5 hal, yakni Task skills, Transfer/Adoptiom skills, JOB/ROLE environment skills, Contingency Management skills, serta Task Management skills.    

Pembicara kedua Lucki Aprilianto, Digital Promotion Specialist Detik.com,  membawakan materi strategi penggunan media sosial  agar  membawa perubahan.

Lucki menjelaskan  penggunaan internet dan social media di Indonesia saat ini tergolong tinggi.  Ia juga menjelaskan spesifikasi setiap media sosial berbeda beda, baik fitur maupun manfaatnya.  Berikut ini tips dari Lucki menjadi sosial media expert. Pertama, bisa memanfaatkan momentum. Kedua bisa membuat strategi. Ketiga,  bisa membuat dan mereport monitoring campaign. Keempat, bisa menggunakan social media ADS. Kelima, banyak membaca untuk menambah referensi.

Leave a Reply