Bedah Buku Pengantar Ilmu Komunikasi, Penulis Prof. Dr. H. Hafled Cangara, M.Sc.

Kamis, 21 Januari 2021 – Ilmu Komunikasi UNJ bersama UPI YAI, ASPIKOM Jabodetabek, dan RajaGrafindo Persada menyelenggarakan bedah buku “Pengantar Ilmu Komunikasi” melalui platform Zoom Meeting.

Acara dimoderatori oleh Dr. Devie Rahmawati, S.Sos. S.Hum.,  dosen Vokasi UI. Tampil sebagai pembicara pertama adalah Dr. Dini Safitri, S.Sos., M.Si., Koordinator Prodi S1 Ilmu Komunikasi, lalu pembicara kedua Prof. Dr. Ibnu Hamad, Dekan FISIP UPI YAI, serta Prof. Dr. H. Hafled Cangara, M.Sc., selaku penulis buku Pengantar Ilmu Komunikasi (PIK).

Pada kesempatan ini, masing-masing pembicara membahas mengenai garis besar buku Prof. Dr. H. Hafled Cangara, M.Sc. Sedangkan penulis buku membahas lebih rinci mengenai buku yang ditulisnya.

Secara garis besar, buku Pengantar Ilmu Komunikasi ini adalah edisi keempat. Kebaruan pada edisi keempat ini adalah penambahan pada isi perkembangan media baru dan perubahan beberapa konsep komunikasi sendiri. Hal yang menarik ada pada Bab 3, Komunikasi sebagai Ilmu yang Multidisiplin, tertulis beberapa tokoh komunikasi Indonesia.

Buku PIK ini berisi dari 14 Bab, yang terdiri dari bab pertama, pendahuluan dan bab terakhir, penutup. Bab lainnya adalah isi buku, daru mulai bab 2 sampai bab 13 yang dilengkapi gambar dan tabel pendukung.

Dini juga mengutip beberapa kata-kata yang menarik di dalam buku PIK, seperti yang terdapat pada bagian pendahuluan. “Belajar komunikasi tidah hanya terampil menyampaikan atau menerima informasi, tapi tahu etika dan aturan berkomunikasi”.

Kutipan lainnya diambil dari Bab 4 tentang Tipe Komunikasi yang tertulis, “Studi ilmu komunikasi selalu memberi tekanan pada isi (pesan yang disampaikan) melalui media apapun.”

Leave a Reply