Era Desain Digital Menjadi Magnet, Ilmu Komunikasi UNJ & UNY Mengadakan Webinar Bertemakan UI/UX Design

 

Credifest
Credifest 2021
Sumber : dokumentasi

Jakarta, 24 Mei 2020 – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan UNY telah mengadakan Webinar Credifest dengan tema “Excellent UI/UX Design For Modern Website and Mobile Application” pada Sabtu (22/5) kemarin. Kegiatan ini merupakan bagian dari program merdeka belajar kampus merdeka yang juga menunjang pencapaian indikator kinerja utama (IKU) yaitu praktisi mengajar di dalam kampus.

Acara ini mengundang narasumber Richard Andika selaku UX-Center of Excellence Aegon Nederland, yang memberikan pengetahuan mengenai UI/UX Design dari teknis yang paling mendasar hingga secara umum. Sasaran dari webinar ini, para mahasiswa dan masyarakat umum yang merupakan peserta dari webinar ini dapat tertarik untuk berkarir di bidang UI/UX Design pada era digital saat ini.

“Saya harap, webinar ini dapat menjadi tempat untuk saling sharing, dengan acara ini kita semua dapat menambah ilmu baru, semoga ilmu yang didapat dapat digunakan dan diterapkan dengan baik dikehidupan kita semua” jelas Ayu Priana sebagai ketua pelaksana Webinar Credifest 2021 yang juga merupakan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi UNJ Angkatan 2018.

“Ilmu ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa ilmu komunikasi yang memang nanti banyak terjun ke dunia aplikasi, startup dan semacamnya, dan prodi S1 Ilmu Komunikasi UNJ memang memiliki keunggulan di komunikasi bisnis sehingga ilmu ini sangat dibutuhkan bagi mahasiswa kami.” Jelas Ibu Dr. Dini Safitri selaku koordinator prodi Ilmu Komunikasi UNJ yang turut memberikan sambutan.

Ibu Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial UNJ juga turut memberikan sambutan dan berharap acara ini dapat bermanfaat bagi peserta dan menambah keterampilan serta dapat digunakan ketika terjun ke masyarakat.

Credifest 2021 bersama Richard Andika
Sumber : dokumentasi

 

Dalam webinar ini dijelaskan bahwa sebuah design yang bagus merupakan design yang balance antara tampilan dan kegunaan. Design yang dibutuhkan merupakan design yang dapat menarik perhatian, pikiran. Menjadi seorang UI/UX Designer memerlukan banyak kolaboratif dengan profesi lain seperti product manager, researcher, engineer dan sebagainya. Hal itu harus dilakukan karena tanpa disadari terkadang UI/UX Designer bukan merupakan orang yang paling dekat dengan konsumen.

“Gw mendefinisikan design always about solve problem. Fundamentally kalo design nya bagus, kita harus solve sebuah problem. Great design emphasizes form & function” Jelas Richard Andika

Acara ini dipandu oleh MC Nadiah Wiharnis dan dimoderatori oleh Lukman Hakim yang merupakan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi UNJ. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta, dari mulai siswa SMK, Mahasiswa dan praktisi desain dari berbagai daerah di Indonesia.

Leave a Reply