Visi, Misi & Tujuan

Program Studi S1 Ilmu komunikasi FIS UNJ , dibuka berdasarkan SK Pendirian Program Studi yaitu nomor 355/KPT/I/2017, tanggal 13/06/2017, yang ditandatangani oleh Direktur Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan DIKTI, dengan nama Program Studi S1 Ilmu komunikasi.

Visi Keilmuan

Visi kelimuan Program studi  S1 Ilmu komunikasi UNJ adalah menghasilkan lulusan Ilmu komunikasi yang unggul di bidang bisnis pada tingkat ASIA pada tahun 2023.

Misi Keilmuan

Misi keilmuan Program studi S1 Ilmu komunikasi UNJ, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana komunikasi bisnis yang unggul
  2. Menghasilkan lulusan yang berjiwa enterpreneur

Tujuan

Tujuan Program Studi S1 Ilmu komunikasi UNJ adalah :

  1. Menghasilkan sarjana komunikasi bisnis yang unggul, kompetitif, dan terampil dalam bidang komunikasi bisnis, namun juga berahlak mulia dan bertanggung jawab terhadap profesinya.
  2. Menghasilkan karya ilmiah, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang memberikan manfaat akademis dan praktis, bagi pengembangan keilmuan dan keterampilan dalam bidang komunikasi bisnis.
  3. Menghasilkan sarjana komunikasi bisnis yang dapat berkerja sebagai praktisi komunikasi bisnis pada bidang industri di kawasan ASIA.
  4. Menghasilkan sarjana komunikasi bisnis yang mampu melaksanakan tugas di lapangan secara praktis, baik sebagai individu ataupun dalam kelompok

Strategi

Strategi yang dilakukan untuk pengembagan Prodi S1 ilmu komunikasi UNJ dibagi dalam tiga strategi, yang diperuntukan untuk mahasiswa, dosen, dan mutu suasana akademik.

A. Strategi untuk mahasiswa:

1. Terdapat kelompok belajar tim dosen dan mahasiswa.

2. Mahasiswa mendapatkan pelatihan TOEFL yang dilakukan prodi bekerjasama dengan UPT Bahasa UNJ.

3. Mahasiswa mendapatkan penguatan untuk sukses belajar di Perguruan Tinggi dalam bentuk seminar dan motivasi dari dosen dalam setiap tatap muka pada mata kuliah

4. Mahasiswa dapat memanfaatkan seluruh sarana prasarana dan sumber belajar yang ada di dalam universitasMahasiswa aktif dalam kegiatan organisasi profesi dalam bidang komunikasi seperti ISKI, Aspikom, dan lembaga profesional lainnya

5. Mahasiswa mendapatkan pelatihan Professional Image, Table manner, Beauty Class, pelatihan Mendeley, Grammarly, dan Turnitin.

6. Terdapat English Club  dan mentoring karya ilmiah

7. Mahasiswa baru mendapatkan Studium Generale, motivation training, dan Pendidikan karakter yang menghadirkan para professional di bidang ilmu komunikasi

B. Strategi untuk Dosen:

a. Seluruh dosen mengikuti seminar nasional dan internasional sebagai penyaji atau presenter, minimal dua tahun sekaliSeluruh dosen mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat per tahun.

b. Seluruh dosen mengikuti kegiatan penelitian per tahun.

c. Seluruh dosen melakukan publikasi dalam jurnal terindeks nasional dan scopus.

d. Seluruh dosen mengikuti pelatihan untuk menambah wawasan keilmuan, seperti pelatihan bahasa asing, klinik proposal penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

e. Luaran dosen yang tulisannya terpublikasi dalam jurnal ilmiah terindeks nasional dan scopus terdokumentasikan dengan baik.

f. Seluruh dosen memiliki sertifikasi kompetensi

C. Strategi Mutu Suasana Akademik:

  1. Setiap awal semester, prodi menugaskan setiap dosen untuk mengumpulkan silabus, SAP, soal dan jawaban UTS dan UAS. Dan pada akhir semester menyerahkan nilai akhir mahasiswa
  2. Setiap akhir semester, prodi menugaskan setiap Dosen wajib mengumpulkan Berita Acara Perkuliahan (BAP) yang telah diisi lengkap sebagai penunjang administrasi perkuliahan.
  3. Setiap awal semester, tengah semester, akhir semester, dan pada saat tertentu, dosen melakukan bimbingan akademik.
  4. Adanya monev tengah semester untuk kegiatan perkuliahan
  5. Ada evaluasi diri dosen dari mahasiswa setiap akhir semester
  6. Adanya peningkatan prestasi mahasiswa yang dipantau dari buku bimbingan akademik yang dikordinasikan oleh pembimbing akademik