Info

Agenda Perbaikan Kurikulum

Berdasarkan pertemuan APSSI – ASI, disepakati beberapa Profil Lulusan Prodi Sosiologi berikut dengan perumusan Capaian Pembelajarannya. Dengan menetapkan profil lulusan dan capaian pembelajaran tersebut, diharapkan lulusan prodi sosiologi  mempunyai bekal dan keahlian khusus yang dapat diaplikasikan langsung di tengah masyarakat.

Pertengahan November prodi telah bertemua dengan beberapa alumni yang telah bekerja di instansi pemerintah, guna membicarakan perbaikan kurikulum. masukan untuk perbaikan kurikulum juga telah dilakukan dengan melakukan pertemuan dengan mahasiswa aktif angkatan 2013 – 2015. Dari Pertemuan tersebut prodi mendapatkan masukan khusus untuk perbaikan kurikulum  yaitu  :

“Lulusan sosiologi kurang dibekali tool dalam mengaplikasikan ilmu nya di dunia kerja.  yang dirasakan mahasiswa hanyalah tool dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program. selebihnya dirasakan hanya mendapatkan gambaran tentang suatu permasalhaan yang umum dan bersifat umum (tidak mendasar)”.

Berdasarkan hal tersebut pada tanggal  8 Januari 2020, pimpinan prodi sosiologi mengundang beberapa orang dosen untuk memberikan masukan tentang kurikulum  sosiologi . pertemuan tersebut menghasilkan masukan :

  1. untuk memperoleh kompetensi lulusan, akan dilihat lagi materi kuliah untuk setiap matakuliah agar materi tidak tumpang tindih.
  2. Perlu dilakukan penjajagakan untuk sertifikasi : Perencana Sosial, Pemetaan Sosial, Perencanaan dan evaluasi program dan Sertifikasi pengembangan Masyarakat. usulan yang di wacanakan adalah : lab sosiologi di fungsikan untuk melakukan pelatihan yang mengarah pada pencapaian kompetensi di atas.

Solusi

Untuk perbaikan kurikulum, prodi akan melakukan beberapa tahap kegiatan :

  1. Pertemuan dengan alumni
  2. Mengundang ahli dalam bidang perencanaan sosial, evaluasi program, pemetaan sosial, Amdas, Peneliti Sosial, analis sosial dan pengembangan masyarakat.
  3. bertemua dengan pengguna lulusan, seperti organisasi peneliti, CSR koorporate, dll
  4. setelah mendapat masukan dari point 1-3 di atas, prodi akan melakukan rapat khusus pengembangan kurikulum yang direncanakan dilaksanakan pada awal semester 113. ( Juli sd agustus 2020).

Agenda Lain yang urgen :

  1. Melakukan kerjasmaa (MOU dengan beberapa instansi terkait antara lain : Lipi, KEsos, DPR, Litbang instansi pemerintah/kementrian, Peusahaan yang memilik CSR, Bapenas, NGO, Litbang kompas dan Tempo
  2. Mendorong Jurnal IJSEP  terakreditasi pada tahun 2022.
  3. Pembuatan SOP semua kegiatan.