Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Fakultas Ilmu Sosial UNJ Gandeng Lembaga Sertifikasi Profesi

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Fakultas Ilmu Sosial UNJ Gandeng Lembaga Sertifikasi Profesi

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Fakultas Ilmu Sosial UNJ Gandeng Lembaga Sertifikasi Profesi

Humas UNJ 17/7/2019 – Dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusannya, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (FIS UNJ) melalui program studi D3 Hubungan Masyarakat, menjalin kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua belah pihak dilakukan di Gedung FIS UNJ pada hari Selasa, 16 Juli 2019.

WhatsApp Image 2019-07-18 at 10.31.45

Hadir dalam penandatanganan tersebut Dekan FIS UNJ, Dr. Muhammad Zid, M.Si, Chairman LSP PRI Muslim Basya BBA, MBA, Manager Sertifikasi LSP PRI, Her Priantono SE, MM, jajaran dosen Prodi D3 Humas, serta perwakilan mahasiswa Prodi D3 Humas yang akan mengikuti sertifikasi. Dalam PKS tersebut tercantum bahwa FIS UNJ dan LSPPRI bekerjasama dalam penyelenggaraan program Asesmen/Uji Kompetensi untuk profesi Humas/Public Relations untuk mahasiswa maupun masyarakat umum.

Selain itu, kerjasama Asesmen/Uji Kompetensi meliputi dua skema sertifikasi, yaitu Skema Sertifikasi Junior Public Relations Officer dan Public Media Relations Officer. FIS UNJ juga dalam kesepakatan tersebut dijadikan sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) sesuai dengan Pedoman Panduan Verifikasi Tempat Uji Kompetensi LSP PRI.

Dekan FIS UNJ, Dr. Muhammad Zid, M.Si, menyambut baik kerja sama ini. “Kami sangat welcome terhadap LSP PRI. Brand image institusi ditentukan oleh humas. Selama ini humas selalu identik dengan sosok ganteng dan cantik saja. Tapi hal tersebut tidak cukup, bagaimana humas bisa mewakili perusahaan jika tidak memiliki kapabilitas. Humas memerlukan orang-orang yang kapabel dibidangnya karena humas adalah etalase institusi,” jelas Dekan. Dekan juga menanmbahkan bahwa profesi humas adalah profesi yang terbuka untuk semua bidang ilmu, dan sangat mengharapkan agar UNJ dan LSPPRI bisa bersinergi, karena ini sangat dibutuhkan.

WhatsApp Image 2019-07-18 at 10.31.45 (1)

Senada dengan Dekan, Chairman LSPPRI, Muslim Basya, menyampaikan bahwa profesi humas merupakan profesi yang terbuka untuk siapa saja. “Karena humas merupakan profesi yang terbuka, maka diperlukan sertifikasi agar orang-orang yang berprofesi sebagai humas merupakan orang-orang yang kompeten dibidangnya. Kami merupakan Lembaga Sertifikasi Humas pertama di Indonesia, sejak tahun 2006. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan UNJ,” ungkap Muslim Basya.