Law and Culture 2019 Leipzig – Jakarta – Malang

Law and Culture 2019 Leipzig – Jakarta – Malang

Law and Culture 2019 Leipzig – Jakarta – Malang

Jakarta 5/9/2019 – Program ‘Law and Culture’ 2019 yang diadakan oleh DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst) sukses diselenggarakan baik di Leipzig, Jerman sampai di Jakarta dan Malang, Indonesia. Dalam pelaksanaannya program ini banyak mengangkat tema peran perempuan dalam sistem keadilan baik di Jerman maupun di Indonesia serta kesetaraan gender dalam berkehidupan. Program ini diikuti oleh total 30 peserta yang terdiri dari 10 dosen dan 20 mahasiswa baik dari Universitat Leipzig, Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Brawijaya. Diantaranya mahasiswa serta dosen yang mengikuti program Law and Culture 2019 dari Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta ialah Heryanti Utami, MM. Par (Koordinator Program Studi Perjalanan Pariwisata), Dra. Asma Irma S,M.Si (Koordinator Program Studi Pendidikan Geografi), Khirsnamurti, M.SC (Dosen Program Studi Perjalanan Pariwisata) serta diikuti oleh mahasiswa dari berbagai program studi yakni Ermalia (Pendidikan Geografi), Clarissa Syahla (Hubungan Masyarakat), Lucky Ibrahim (Hubungan Masyarakat), Syifa Syarifa (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) serta Virly Amelia (Perjalanan Pariwisata).

Rangkaian program Law and Culture diadakan pertama di Universitat Leipzig, Jerman. Program Law and Culture di Jerman berlangsung dari tanggal 22 Juni sampai 4 Juli 2019. Dalam pelaksanaannya selama di Jerman peserta banyak mendapat materi tentang keadaan hukum di Jerman dan perubahan-perubahan hukum dan budaya yang terjadi, juga dalam program ini peserta banyak berdiskusi mengenai sub tema yang diberikan untuk dipersentasikan di akhir program.

llc2019(1)

Rangkaian Law and Culture yang kedua diadakan di Universitas Negeri Jakarta pada 26 Agustus sampai 27 Agustus 2019. Dalam rangkaian kegiatan di Jakarta peserta banyak berdisuksi mengenai peran wanita dalam keluarga, perspektif mengenai LGBTQ di Jerman Timur dan berdiskusi mengenai kekerasan seksual terhadap perempuan. Dalam rangkaiannya peserta juga terus berdiskusi mengenai tema-tema yang diberikan kepada masing-masing kelompok.

llc2019(2)

Dan rangkaian Terakhir dari Law and Culture 2019 di Universitas Brawijaya, Malang. Dalam rangkaian kegiatannya peserta mendapatkan sejumlah materi diantaranya berdiskusi mengenai kekerasan seksual terhadap wanita, hak-hak dan kesetaraan pekerja wanita serta mengunjungi penjara wanita kelas II A. Dalam menutup programnya peserta mempresentasikan tema-tema yang ditugaskan dari rangkaian di Jerman sampai di Jakarta yang diantaranya tema yang diangkat untuk menjadi bahan diskusi adalah Change of Gender Roles / Change of Categories of Sexes, Women and Politics, Women and Religion, Women and Family, serta Women and Criminal Law.