Kegiatan “Cul ‘tour’e: World Cultural Diversity”

Kegiatan “Cul ‘tour’e: World Cultural Diversity”

Kegiatan “Cul ‘tour’e: World Cultural Diversity”

Jakarta 6/1/2020 – Dalam rangka menyelesaikan tugas mata kuliah Geografi Pariwisata II, Mahasiswa Perjalanan Wisata 2018 Universitas Negeri Jakarta mengadakan sebuah kegiatan berupa pameran kebudayaan. Kegiatan yang memiliki nama “Cul ‘Tour’e” ini ditunjukan untuk umum, mulai dari warga Universitas Negeri Jakarta itu sendiri, mahasiswa universitas lain, dan siswa siswi SMA/SMK disekitar DKI Jakarta.

WhatsApp Image 2020-01-06 at 09.09.08

Kegiatan yang mengusung tema kebudayaan dunia ini diadakan pada Kamis, 19 Desember 2019 pukul 08.00 sampai dengan 12.00 dan berlokasi di Aula UPT Universitas Negeri Jakarta. Bentuk kegiatan acara ini yaitu berupa pameran budaya dalam bentuk booth yang diisi dengan negara yang berbeda, diantaranya Australia, Korea Selatan, Belanda, Afrika Selatan, Jepang, China, Yunani, Hongaria, Turki, Inggris, Spanyol, Rusia, dan satu perusahaan Euro Management. Selain pameran budaya, juga terdapat infromasi lainnya dari masing masing negara, misalnya seperti informasi  pariwisata, beasiswa, dan makanan tradisional dari negara tersebut. Tidak hanya pameran kebudayaan, juga terdapat beberapa acara lainnya yang cukup menghibur seperti Flashmob dan live music dari panitia Cul ‘Tour’e 2018.

Sekitar 100 orang hadir dalam acara ini, yang terdiri dari mahasiswa umum Universitas Negeri Jakarta, Mahasiswa Perjalanan Wisata angkatan 2019, dan Siswa Siswi SMK di sekitar Jakarta. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti acara. Booth yang tersedia ramai dikunjungi, terutama oleh siswa dan siswi SMK. Belajar kebudayaan dunia dengan cara pameran seperti ini bisa dibilang cukup efektif dan membuat mereka menjadi lebih aktif untuk menggali informasi. Peserta juga terlihat sangat senang, terbukti dengan ramainya sorak dari mereka pada saat kegiatan flashmob berlangsung dan bahkan beberapa dari mereka ikut naik ke panggung pada sesi penampilan live music.

WhatsApp Image 2020-01-06 at 09.08.58

Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial Dr. Kinkin Yuliaty S. P., M.Si.

“Acara ini cukup menarik dan pameran yang diadakan sangat informative. Terlebih lagi program studi Perjalanan Wisata adalah bagian dari vokasi, maka dengan mengadakan kuliah praktik seperti ini sangat sesuai karena dapat melatih kemampuan mahasiswa dan mahasiswinya di dunia kerja nanti.” Ungkap Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial,

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pihak kampus, terutama Perwakilan Dekanat Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Selain memberikan kesan yang positif, beliau juga berharap agar acara ini dapat dilaksanakan dengan rutin setiap tahunnya. Tidak lupa juga yaitu sambutan dari Koordinator Program Studi Perjalanan Wisata Universitas Negeri Jakarta itu sendiri. Menurutnya, meskipun ini merupakan acara perdana dari angkatan 2018, bisa dibilang sudah cukup baik dilihat dari lancarnya acara pada saat hari kegiatan.