Gandeng Jasa Marga, Prodi D3 Humas UNJ Sukses Gelar Seminar Nasional

Gandeng Jasa Marga, Prodi D3 Humas UNJ Sukses Gelar Seminar Nasional

Gandeng Jasa Marga, Prodi D3 Humas UNJ Sukses Gelar Seminar Nasional

Jakarta (10/11/2020) – Dalam rangka meningkatkan kompetensi para mahasiswanya, Prodi D3 Humas Fakultas Ilmu Sosial UNJ menggelar Seminar Nasional yang bertajuk Manajemen Krisis Dalam Kehumasan “Explore The Journey Beyond Enhanced Services With Jasa Marga”. Dalam seminar yang berlangsung pada Selasa, 10 November 2020 tersebut, para mahasiswa belajar langsung dari praktisi kehumasan Irra Susiyanti, Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Metropolitan Tollroad. Pada seminar yang berlangsung sukses dalam ruang Zoom tersebut, selama kurang lebih 3 jam, 200 orang mahasiswa disuguhi pengalaman Irra Susiyanti dalam mengelola kehumasan di salah satu perusahaan BUMN besar di Indonesia.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNJ, Dr. Umasih M.Hum tepat pukul 14.00 WIB. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan penghargaannya kepada narasumber yang bersedia berbagi pengalaman dengan para mahasiswa yang tidak hanya berasal dari UNJ saja, namun juga dari kampus lain seperti Universitas Pendidikn Indonesia, Universitas Bakrie, dan Universitas Nasional. Dekan juga berpesan kepada para mahasiswa agar menyerap apa yang disampaikan oleh narasumber sebagai bekal nanti menghadapi dunia kerja.

Materi yang disampaikan Irra Susiyanti sangat menarik karena berdasarkan pengalamannya mengelola kehumasan di Jasa Marga selama 3 tahun terakhir. Irra juga memaparkan strategi kehumasan dan banyak hal yang dilakukan oleh Jasa Marga untuk Indonesia, yang tidak hanya berkutat diseputar jalan tol saja, namun juga bidang-bidang kehidupan yang lain seperti lingkungan, ketenagakerjaan, pemukiman sampai bidang kesehatan. Bahkan, di era pandemic Covid-19, Jasa Marga melakukan banyak hal untuk membantu pemerintah dan masyarakat yang terdampak langsung.

Irra mengakui, selama ini masyarakat hanya mengetahui Jasa Marga yang berdiri tahun 1978 tersebut hanya sebagai operator pengelola jalan tol di Indonesia. Padahal, yang dilakukan oleh Jasa Marga lebih dari itu, mulai dari mendorong kehidupan ekonomi, meningkatkan pendapatan daerah, efisiensi transportasi, sampai menumbuhkan pemukiman baru. Ini menjadi tugas berat Humas untuk memberikan pemahaman mengenai hal tersebut kepada stakeholders, yang salah satunya adalah mahasiswa sebagai kaum milenial.

Usai pemaparan, Irra banyak dihujani pertanyaan dari para peserta yang antusias untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai pengelolaan kehumasan di Jasa Marga. Kurang lebih 10 pertanyaan dilontarkan peserta dan dijawab secara lugas dan jelas oleh narasumber. Di akhir acara, Irra menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Prodi D3 Humas FIS UNJ yang sudah mengundangnya dan mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah sukses menggelar acara seminar daring ini.