Program Studi S1 Pendidikan Geografi

Program Studi S1 Pendidikan Geografi

Visi

Menjadi program studi unggulan pada tahun 2017.

Misi

Menyiapkan tenaga pendidik geografi yang berkualitas internasional

  1. Mengembangkan pendidikan geografi dan geografi
  2. Meningkatkan penelitian di bidang pendidikan geografi dan geografi
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pendidikan geografi dan geografi
  4. Mengembangkan wawasan kewirausahaan

Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Geografi mempunyai kualifikasi sarjana pendidikan, diharakan dapat bekerja sebagai Pendidik Geografi.

Akreditasi program Studi

Jurusan Geografi telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada Tahun 2010 dengan Nilai “B” No. 020/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010, Tanggal 8 Oktober 2010

Gelar Lulusan

S.Pd (Sarjana Pendidikan),

Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

  1. PLO 1: Mampu menganalisis karakteristik materi (content knowledge), karakteristik siswa dan memilih metoda, model, pendekatan, strategi yang sesuai dan menerapkannya secara aktif, inovatif, kreatif pada setiap satuan pendidikan
  2. PLO 2: Mampu memformulasikan aspek perbedaan utama dan keunikan fisik geosfer suatu wilayah sebagai pembentuk bentang alam dan variasi spasial dalam pembelajaran dan penelitian geografi
  3. PLO 3: Mampu mengintegrasikan aspek-aspek sosial geosfer untuk merumuskan interaksi dan pola spasial dalam pembelajaran dan penelitian geografi
  4. PLO 4: Mampu integrasikan keterkaitan antara aspek fisik dan sosial untuk menentukan keunikan suatu lokasi/wilayah ditinjau dari tempat, ruang dan waktu dalam pembelajaran di kelas dan upaya pelestarian dan konservasi lingkungan
  5. PLO 5: Mampu mengevaluasi permasalahan lingkungan dan kebencanaan untuk pembelajaran dan penciptaan kesejahteraan dan meningkatkan kualitas hidup manusia
  6. PLO 6: Mampu merencanakan dan mengelola kelas dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan stategis satuan pendidikan
  7. PLO 7: Mampu memformulasikan informasi dan data geosfer dalam bentuk peta manual dan dijital untuk pembelajaran di sekolah dan penelitian geografi
  8. PLO 8: Mampu menyusun karya ilmiah berdasarkan prinsip-prinsip metode ilmiah secara akuntabel dan dapat dipercaya.
  9. PLO 9: Mampu memilih berbagai alternatif solusi dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data geosfer dan pendidikan secara mandiri dan kelompok serta dapat mengkomunikasikannya kepada pihak lain

Kriteria Lulusan:

  1. Mahasiswa dinyatakan lulus apa bila telah menyelesaikan beban studi:
  2. Beban studi minimal yang harus diikuti 144 sks.
  3. Beban studi semester 1 ditetapkan oleh jurusan sejumlah 20 sks. Beban studi semester 2 dan selanjutnya ditetapkan berdasarkan IPK yang diperoleh pada semester sebelumnya Indeks prestasi kumulatif minimal adalah 2,00. Bagi mahasiswayang memperoleh indeks prestasi kumulatif kurang dari 2,00 untuk selama 3 semester berturut-turut maka tidak diperkenankan untuk mendaftar ulang.minimal 145 sks termasuk skripsi bagi jalur skripsi. minimal 145 sks termasuk mata kuliah pengganti skripsi bagi jalur komprehensif.
  4. Mahasiswa juga harus mempunyai kemampuan dalam  bahasa Inggris yang dinyatakan dengan sertifikat TEOP dengan skor 425, serta telah mengikuti program sertifikasi Komputer/Teknologi Informasi

 

Kurikulum
a.     Struktur Kurikulum

   No   Kelompok      SKS   
1.    Mata Kuliah Umum (MKU) 13
2.    Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) 12 12
3.    Mata Kuliah Bidang Studi Dan Keahlian Penunjang (MKBK) 105 – 110
4.    Mata Kuliah Ketrampilan Proses Pembelajaran (MKKPP) 14
Total 144 – 149

b.    Sebaran Mata Kuliah

kur_geografi