Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Akreditasi Program Studi

Program Pendidikan Ilmu Pengetahuan lahir berdasarkan Surat No. 986/DA/2009 tanggal 18 Juni 2009 telah menyelenggarakan program untuk jenjang S1 pada Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Selama 2 (dua) tahun penyelenggaraannya, kemudian diberi SK Perpanjangan izin penyelenggaraan program studi berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Negeri Jakarta Nomor 12997/D/T/K-N/2012, tanggal 18 September 2012 dengan batas masa berlaku sampai

dengan tanggal 18 Juni 2015

Visi

Pada tahun 2017 Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta dalam kurun waktu 5 tahun mampu menghasilkan lulusan guru yang berkarakter, profesional dan memenuhi standar nasional serta memiliki keunggulan kompetitif dalam mengembangkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan pendekatan transdisiplinaritas.

 

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan IPS  yang  berkualitas berlandaskan etika dan moral untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter dan profesional.
  2. Melaksanakan penelitian yang berguna untuk pendalaman dan pengembangan ilmu-ilmu sosial khususnya di bidang pendidikan IPS.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat untuk menumbuhkembangkan kepekaan dan tanggung jawab sosial yang dilandasi oleh bidang keilmuan IPS. Menyelenggarakan proses pemelajaran yang sistematis, terstruktur dan terukur untuk menghasilkan lulusan yang memenuhi standar nasional.
  4. Menyelenggarakan pendidikan yang bersifat holistik-integratif sebagai upaya mewujudkan kesadaran transdisiplinaritas pada pendidikan IPS.
  5. Menjalinkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam pengembangan keilmuan dan profesionalisme lulusan

 

Profil Lulusan

  1. Mengusai ilmu kependidikan dan konsep-konsep ilmu pengetahuan tertentu untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi, dan pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada life skill.
  2. Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajaran dan media pembelajaran berbasis iptek untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran kurikuler dan ekstra kurikulum.
  3. Menghasilkan sarjana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang berkarakter dan profesional serta berwawasan luas, inovatif, tranformatif mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  4. Menghasilkan lulusan yang berkarakter dan memenuhi standar nasional serta mampu bersaing untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

 

Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

  1. Mampu menguasai, menerapkan dan mengembangkan pendidikan ilmu pengetahuan sosial untuk mencapai keunggulan di bidang kependidikan sesuai dengan tuntutan pada tingkat nasional, regional serta internasional.
  2. Memiliki kemampuan profesional yang tinggi untuk menerapkan dan mengembangkan pendidikan ilmu pengetahuan sosial sesuai dengan tuntutan pembangunan nasional yang berkesinambungan.
  3. Memiliki kemampuan menciptakan, menemukan dan mengembangkan pendidikan ilmu pengetahuan sosial bidang kependidikan yang sesuai dengan kompetensi profesionalnya.
  4. kemampuan mengembangkan dan mengintegrasikan ilmu- ilmu sosial dalam pembelajaran IPS dengan pendekatan tematik.
  5. Memiliki kemampuan menggali dan memecahkan isu-isu kritis sosial yang aktual dalam kehidupan masyarakat.

Gelar Lulusan

Gelar Lulusan yang dicapai adalah Sarjana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S.Pd)

Kurikulum
a.     Struktur Kurikulum

   No   Kelompok      SKS   
1.    Mata Kuliah Umum (MKU) 13
2.    Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) 12
3.    Mata Kuliah Bidang Keahlian dan Penunjang (MKBK) 98
4.    Mata Kuliah Pembelajaran (MKKPP) 21
Total 144

b.    Sebaran Mata Kuliah

kur_pips