THE EURASIA INTERNATIONAL COURSE 2023 SESSION 2 “WHO HELPS AND WHO IS BEING HELPED: DISASTER RESILIENT COMMUNITIES FROM A COMMUNICATION PERSPECTIVE”

Jakarta, 21 September 2023 — Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan The Eurasia International Course 2023 Sessionon 2 secara luring di Gedung Dewi Sartika, Lt. 10, Smart Class Pendidikan Geografi, UNJ dan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Selain dihadiri oleh Ketua Program Eurasia FIS 2023,  Dr. Kurniawati, M.Si, cara ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan III FIS UNJ, Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si. Pada pertemuan kedua Eurasia, FIS UNJ Tahun 2023 ini menghadirkan narasumber Dr. Yoshimi Nishi sebagai Associate Professor dari Center for Southeast Asia Studies, Kyoto University, yang mengangkat tema “Who Helps and Who Is being Helped: Disaster Resilient Communities from a Communication Perspective”.

Dalam pemaparannya, Dr. Yoshimi Nishi menjelaskan  konsep dasar mitigasi bencana. Beliau menyampaikan bahwa “bencana alam memiliki sifat terjadi berulang kali, jika terjadi sekali di suatu tempat maka pasti akan terjadi lagi karena kondisi geografis, dari sinilah muncul pentingnya persiapan sebelum bencana”. Selain itu, beliau juga membahas perubahan fenomena bencana, yang mengangkat bencana alam tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2004 silam.

“Menghadapi bencana adalah tindakan atau tingkah laku manusia dan  yang akan menentukan sesuatu tetap terletak pada pola pikir kita”, ujar Dr. Yoshimi Nishi. Beliau menegaskan bahwa unsur budaya, seperti kebiasaan dan persepsi masyarakat terhadap bencana sangat memengaruhi tindakan yang diambil. Menurutnya, sistem dan budaya merupakan dua roda untuk menjalankan mitigasi bencana secara efisien.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para peserta dengan antusias mengajukan berbagai pertanyaan. Pada kesempatan tersebut, peserta dapat berdiskusi dan berbagi pandangan dengan narasumber. Acara ditutup dengan pemberian plakat kepada narasumber yang diwakilkan oleh Wakil Dekan III dan sesi foto bersama.

SRP, DN

Editor:WPS
Tim FIS Media Center

Kategori: Berita