Program Studi S2 Pend. Geografi

Visi

Menjadi pusat kajian akademis, pembelajaran, dan penyediaan tenaga peneliti dan profesional di bidang Pendidikan Geografi dan memiliki kemampuan kompetitif, mandiri, wawasan kewirausahaan dan mitigasi bencana dalam membangun masyarakat Indonesia berdasarkan
Pancasila di Era Global.

Misi

  1. Menghasilkan Magister Pendidikan Geografi yang handal dan berkompeten di bidang pendidikan Geografi.
  2. Membangun kerjasama akademik dan profesional serta jejaring dalam rangka penyelenggaraan dan pengembangan Program Studi Pendidikan Geografi Program Magister.
  3. Menyelenggarakan pelatihan, penataran, dan pelayanan kosultasi program-program Pendidikan Geografi bagi persekolahan
    maupun masyarakat.

Profil Lulusan

Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Geografi Program Magister UNJ adalah praktisi ahli dalam bidang Pendidikan Geografi yang kreatif, inovatif, dan kompetitif serta adaptif terhadap perkembangan pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan Geografi, serta mampu mengembangkan dan mengaplikasikan pembelajaran yang inovatif berbasis IT di sekolah maupun perguruan tinggi, dan mampu membantu memecahkan permasalahan pendidikan geografi dan permasalahan sosial dan pembangunan berkelanjutan serta pendidikan kebencanaan.

Gelar Lulusan

Setelah berhasil mengikuti dan menyelesaikan studi Strata Dua (S2) pada Program Studi Pendidikan Geografi Program Magister Fakultas Ilmu Sosial UNJ, berhak menyandang gelar Magister Pendidikan (M.Pd.)

Akreditasi

Sebagai program studi baru (Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Geografi Program Magister / S2 Program Pascasarjana. Usulan LLDIKTI: Periode Tahun 2019, No. 91/LL3/PJ/2019 Tgl 27 Desember 2019 dan SK Mendikbud: No. 404/M/2020 Tgl 13 Maret 2020) Program Studi Pendidikan Geografi Program Magister belum dapat mengajukan akreditasi ke BANPT sebelum 2 tahun pelaksanaan. Secara otomatis akreditasinya baik.

Kurikulum

SemesterNama Mata Kuliah
1Landasan Pendidikan
Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan
Filsafat Ilmu dalam Pendidikan Geografi
Statistika
Metodologi Penelitian
Pendidikan Kebencanaan
Penginderaan jauh dan SIG dalam Pembelajaran Geografi
Model dan Desain dalam Pembelajaran Geografi
2Pengembangan Kurikulum dan Sumber Belajar Geografi
Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Geografi
Ekoliterasi dan Geoliterasi dalam Pendidikan Geografi
Pengembangan Keterampilan Geografis dan Mental Map
Kapita Selekta Geografi Manusia dan Geografi Fisik
Fieldstudy Geografi
Geografi lingkungan Global dan Bencana Hidrometeorologi
Kebijakan Kependudukan dalam Pembangunan Berkelanjutan
Pendidikan Multikultur
3Proposal Tesis
Tesis