Sumber : KMPF

Jakarta, 6 September 2024 – Universitas Negeri Jakarta sukses melaksanakan acara penutupan dari Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) ke XVII yang telah diselenggarakan sejak 2-6 September 2024. Acara penutupan diadakan bertempat di GOR Universitas Negeri Jakarta, Kampus B. Hadir dalam acara Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T., selaku ketua umum BPSMI (Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia), Dr. Restu Gunawan, M.Hum., selaku Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek, Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si., selaku kepala Pusat Prestasi Nasional, Prof. Dr. Komarudin, M.Si., selaku Rektor Universitas Negeri Jakarta, serta Dr. Andy Hadiyanto, M.A., selaku Ketua Pelaksana PEKSIMINAS ke XVII tahun 2024. Acara tersebut juga dihadiri oleh para rektor dan wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni dari berbagai perguruan tinggi, jajaran senat, wakil rektor, ketua lembaga, dekan, direktur pascasarjana, serta kepala biro, badan, satuan, dan UPT. Selain itu, turut hadir kepala LLDIKTI wilayah I-XVII, ketua BPSMI dari berbagai provinsi, dewan juri Peksiminas 2024, dan seluruh peserta Peksiminas XVII.

Acara dimulai dengan penayangan video kilas balik Peksiminas ke XVII tahun 2024. Lalu, penyampaian laporan oleh Dr. Andy Hadiyanto, M.A., selaku Ketua Pelaksana Peksiminas ke XVII. Dalam laporannya disampaikan rasa terima kasih atas seluruh pihak yang membantu melancarkan acara Peksiminas dan mengatakan bahwa acara Peksiminas di UNJ akan meninggalkan kesan mendalam serta tidak mudah dilupakan oleh para peserta. Lalu, sambutan oleh Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si. Dalam sambutannya, disampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk UNJ menjadi tuan rumah acara Peksiminas ke XVII. Turut disampaikan harapan bahwa penyelenggaraan Peksiminas di UNJ Ini dapat dijadikan komparasi untuk penyelenggaraan Peksiminas di dua tahun mendatang sehingga acara Peksiminas dapat terus berkembang untuk tahun-tahun berikutnya.

Dilanjutkan dengan sambutan sekaligus menutup Peksiminas ke XVII oleh Dr. Restu Gunawan, M.Hum., selaku Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Peksiminas ditujukan untuk menemukan mahasiswa berprestasi yang nantinya akan dipersiapkan dan mendapatkan arahan rekognisi nasional maupun internasional sehingga bisa melanjutkan prestasi untuk kedepannya. Lalu disampaikan bahwa para mahasiswa yang mengikuti Peksiminas ini akan diberikan kesempatan untuk mendapat beasiswa melanjutkan studi, baik di dalam maupun luar negeri. Bapak Restu turut menyampaikan harapannya, semoga Peksiminas akan terus menghasilkan mahasiswa berprestasi yang berani menjadi talent dalam ajang berprestasi lainnya. Lalu secara resmi dan simbolik, menutup acara Peksiminas ke XVII. Kemudian, pemberian piagam penghargaan tuan rumah Peksiminas ke XVII yang diwakili oleh Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si., selaku Kepala Pusat Prestasi Nasional.

Acara beralih pada penampilan Nusantara Menari yang sangat menghibur para hadirin.Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan pemenang untuk masing-masing cabang perlombaan yang dibacakan oleh perwakilan dewan juri. Setelah penghitungan poin pemenang dari beberapa cabang perlombaan, diputuskan bahwa Provinsi Jawa Tengah dinobatkan sebagai Juara Umum dalam Peksiminas ke XVII tahun 2024. Salah satu pemenang Juara 1 dalam cabang perlombaan Fotografi Seni, yaitu Fikri Al Murtaky dari Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, menyampaikan bahwa tantangan terberatnya adalah mencari talent yang pas dan dapat menyatu dengan idenya karena tidak diperbolehkan membawa talent sendiri. Namun, selama proses perlombaan terdapat kesan mendalam karena membuat Fikri bertemu dengan teman-teman baru yang mau bertukar persepsi sehingga dapat menambah wawasan dalam bidang Fotografi yang dijalani. Selain itu, disampaikannya harapan untuk acara Peksiminas selanjutnya, untuk diperbaiki birokrasi dan komunikasi, terlebih untuk penyampaian informasi di setiap bidang perlombaan, sehingga Pesikminas selanjutnya dapat terlaksana lebih baik dan lebih lancar untuk seluruh peserta yang mengikuti. Acara Peksiminas lalu ditutup dengan foto bersama dan hiburan untuk para hadirin yang datang.

Penulis: AAA
Editor: WPS
Tim FIS Media Center

Kategori: Berita