Jakarta, 04 September 2024 – Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitiannya di tingkat internasional. Pada tanggal 02 – 04 September 2024, Dekan FIS UNJ beserta tim internasionalisasi melakukan kunjungan untuk menjalin kerja sama dengan Universitas Teknologi Malaysia (UTM) dan Universiti Teknologi MARA (UiTM). UTM dan UiTM merupakan universitas terkemuka di Malaysia dengan peringkat tinggi dunia versi QS. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antar lembaga dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Pada tanggal 03 September 2024, Dekan FIS UNJ, Firdaus Wajdi, M.A., Ph.D., diundang pada Humanities And Social Sciences Summit: Roundtable Discussion, Royal Intellectual Discourse, and TICSSH 2024 Conference yang dilaksanakan di Universitas Teknologi Malaysia (UTM). Dalam diskusi tersebut, Bapak Firdaus Wajdi, Ph.D. mengusulkan adanya penelitian terkait topik sustainability study dengan mengadopsi pendekatan ecotheology. Kegiatan ini juga diikuti dengan diskusi mendalam terkait rencana kerja sama antara Fakultas Ilmu Sosial UNJ dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UTM. Salah satu hasil penting dari kunjungan ini adalah kesepakatan untuk mengadakan program visiting professor yang melibatkan guru besar UTM untuk mengajar dan berbagi ilmu serta kepakaran di FIS UNJ. Selain itu, direncanakan juga akan dilaksanakan program pertukaran mahasiswa untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa FIS UNJ belajar di UTM. UTM adalah universitas dengan QS World University Rankings #=181 di 2025.

Pada kunjungan ke-2 tanggal 04 September 2024, Fakultas Ilmu Sosial UNJ juga menjalin kerja sama dengan Pusat Pengkajian Islam UiTM. Beberapa bentuk kerja sama yang disepakati yang akan dilakukan antara lain pertukaran dosen, kunjungan mahasiswa, dan penyelenggaraan seminar bersama. Dekan FIS UNJ, Bapak Firdaus Wajdi, M.A., Ph.D., mengungkapkan harapannya agar kerja sama ini dapat terwujud dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak. Beliau juga menekankan bahwa kerja sama ini sejalan dengan visi Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin. M.Si., untuk menjadikan UNJ sebagai universitas kelas dunia atau world class university.

Penulis: AF

Editor: WPS

Tim FIS Media Center

Ref: Gambar kegiatan di UTM adalah milik dan dari UTM

Kategori: Berita