Program Studi S1 Pendidikan Geografi
Visi
Menjadi Program Studi Pendidikan Geografi yang bereputasi global dan berkelas dunia, unggul, inovatif, dan tangguh serta berwawasan lingkungan dan kebencanaan berdasarkan prinsip pembelajaran berkelanjutan (sustainable learning).
Misi
- Mengembangkan pembelajaran Geografi berbasis pemecahan masalah di bidang pendidikan lingkungan dan atau kebencanaan.
- Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang didukung infrastruktur berbasis teknologi informasi selaras dengan perkembangan kurikulum pendiidkan Geografi dan dinamika persekolahan
- Menghasilkan lulusan dengan kompetensi di bidang Pendidikan Geografi yang unggul dan kompetitif serta mampu berperan positif di tingkat nasional dan internasional (world class).
- Meningkatkan kontribusi dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam mengembangkan produk dan layanan di bidang Pendidikan Geografi tingkat nasional, regional dan internasional.
- Memberikan pelayanan prima berbasis teknologi informasi.
Profil Lulusan
Profil lulusan dari program studi S1 Pendidikan Geografi adalah: 1) Pendidik Geografi, 2) Peneliti bidang Pendidikan Geografi dan Geografi.
Akreditasi program Studi
Prodi Pendidikan Geografi telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada Tahun 2015 dengan Nilai “A” No.6868/SK/BAN-PT/Ak-PJJ/S/X/2020, berlaku tanggal 1 November 2020 sampai dengan 1 November 2025.
Gelar Lulusan
Setelah berhasil mengikuti dan menyelesaikan studi S-1 pada Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UNJ, berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)
- PLO 1: Mampu menganalisis karakteristik materi (content knowledge), karakteristik siswa dan memilih metoda, model, pendekatan, strategi yang sesuai dan menerapkannya secara aktif, inovatif, kreatif pada setiap satuan pendidikan
- PLO 2: Mampu memformulasikan aspek perbedaan utama dan keunikan fisik geosfer suatu wilayah sebagai pembentuk bentang alam dan variasi spasial dalam pembelajaran dan penelitian geografi
- PLO 3: Mampu mengintegrasikan aspek-aspek sosial geosfer untuk merumuskan interaksi dan pola spasial dalam pembelajaran dan penelitian geografi
- PLO 4: Mampu integrasikan keterkaitan antara aspek fisik dan sosial untuk menentukan keunikan suatu lokasi/wilayah ditinjau dari tempat, ruang dan waktu dalam pembelajaran di kelas dan upaya pelestarian dan konservasi lingkungan
- PLO 5: Mampu mengevaluasi permasalahan lingkungan dan kebencanaan untuk pembelajaran dan penciptaan kesejahteraan dan meningkatkan kualitas hidup manusia
- PLO 6: Mampu merencanakan dan mengelola kelas dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan stategis satuan pendidikan
- PLO 7: Mampu memformulasikan informasi dan data geosfer dalam bentuk peta manual dan dijital untuk pembelajaran di sekolah dan penelitian geografi
- PLO 8: Mampu menyusun karya ilmiah berdasarkan prinsip-prinsip metode ilmiah secara akuntabel dan dapat dipercaya.
- PLO 9: Mampu memilih berbagai alternatif solusi dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data geosfer dan pendidikan secara mandiri dan kelompok serta dapat mengkomunikasikannya kepada pihak lain
Kriteria Lulusan:
- Mahasiswa dinyatakan lulus apa bila telah menyelesaikan beban studi:
- Beban studi minimal yang harus diikuti 144 sks.
- Beban studi semester 1 ditetapkan oleh jurusan sejumlah 20 sks. Beban studi semester 2 dan selanjutnya ditetapkan berdasarkan IPK yang diperoleh pada semester sebelumnya Indeks prestasi kumulatif minimal adalah 2,00. Bagi mahasiswayang memperoleh indeks prestasi kumulatif kurang dari 2,00 untuk selama 3 semester berturut-turut maka tidak diperkenankan untuk mendaftar ulang.minimal 145 sks termasuk skripsi bagi jalur skripsi. minimal 145 sks termasuk mata kuliah pengganti skripsi bagi jalur komprehensif.
- Mahasiswa juga harus mempunyai kemampuan dalam bahasa Inggris yang dinyatakan dengan sertifikat TEOP dengan skor 425, serta telah mengikuti program sertifikasi Komputer/Teknologi Informasi
Kurikulum
a. Struktur Kurikulum
| No | Kelompok | SKS |
| 1. | Mata Kuliah Umum (MKU) | 13 |
| 2. | Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) 12 | 12 |
| 3. | Mata Kuliah Bidang Studi Dan Keahlian Penunjang (MKBK) | 105 – 110 |
| 4. | Mata Kuliah Ketrampilan Proses Pembelajaran (MKKPP) | 14 |
| Total | 144 – 149 | |
b. Sebaran Mata Kuliah
