Abdul Kholik, M.I.Kom.

Department of Public Relations and Digital Communications 

Faculty of Social Sciences 

Universitas Negeri Jakarta, Indonesia 

NIDN: 0025089107 

ID Sinta: 6687450 

ID Scopus: 59153337700

Email: abdulkholik@unj.ac.id 

2015 – 2017 : Master of Communication (M.I.Kom) Ilmu Komunikasi Bisnis – Universitas Islam Bandung 

2014 : Bachelor of Sciences (S.Sos) Ilmu Komunikasi Jurnalistik – UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

2007 – 2010 : Software Engineering – SMKS Al-Ittihad CIanjur 

Visual Communication, Digital Public Relations, Digital Journalism, Event Management, Digital Marketing, Content Production 

Event Management, Digital Public Relations, Digital Journalism, Computer Application, Content Production

Journal Articles  

  • Rizki, M. F., Nugroho, E., & Kholik, A. (2023). Peningkatan Kesadaran Branding Tourist Information Center pada Desa Wisata Cisaat melalui Media Digital. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 20(2). 
  • Kholik, A., Soegiarto, A., & Khanafi, Q. A. (2023). Impikasi Rebranding Campaign dalam Transformasi Manajemen Event Kompetisi. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2). 
  • Fatimah, A. N., Kholik, A., Sari, W. P., Alfat, R. R., & Sitorus, P. Y. (2023). Peran dan Fungsi Praktisi Hubungan Masyarakat di Organisasi Nirlaba. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 1508-1527. 
  • Sari, W. P., Fedrina, R., Kholik, A., & Rizki, M. F. (2023). Optimalisasi Penerapan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium Di Intansi Pendidikan Melalui Kegiatan Komunikasi. Artinara, 2(2), 93-101. 
  • Kholik, A., Soegiarto, A., & Yusuf, D. (2023). Pendampingan Desain Studio Podcast Untuk Peningkatan Workstation Productivity Di SMKS Al-Ittihad Cianjur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(3), 126-138. 
  • Kholik, A., & Soegiarto, A. (2023). Sosialisasi Edukatif dalam Penanggulangan Dampak Kecanduan Game Online di Yayasan Nurul Ihsan, Klender, Jakarta Timur. Dedikasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2). 
  • Kholik, A., Armenitha, C., & Lika, I. L. (2022). Strategi Event Virtual Untuk Membangun Customer-Relationship Oleh Humas di Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmu Komunikasi PROGRESSIO, 3(2), 165-179. 
  • Fitrianingsih, B., & Kholik, A. (2021). Proses Humas Diskominfo Tangerang Selatan Dalam Membangun Citra Positif Melalui Instagram. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 43-53. 
  • Kholik, A., Ramadhani, A. N., Patuananggi, A., & Wibowo, A. A. C. (2021). Special Event Management: Implementasi Penyelenggaraan Event di Sektor Sosial, Pendidikan Dan Bisnis. Jurnal British, 1(2), 1-10. 
  • Nugraini, S. T., & Kholik, A. Strategi Penyusunan Pesan Informatif–Persuasif Dalam Data Covid-19 Oleh Humas Diskominfo Kota Bogor di Media Sosial. Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia, 2(2), 92-103. 
  • Afizha, J., & Kholik, A. (2021). Penerapan Komunikasi Efektif 7C Dalam Pelayanan Informasi Publik Oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Jakarta II. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 3(3), 111-125. 
  • Kholik, A., Ramadhani, A. N., Rowi, D. A., & Ramadhany, M. A. (2020). Special Event Management Dalam Membangun Social Identity. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 217-226 
  • Kholik, A., & Adi, W. Pengembangan Website Berbasis Cause Oriented Campaigns Untuk Menghindari Self-Harm Pada Remaja. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 81-87. 
  • Kholik, A. (2020). Perencanaan dan Manajemen Komunikasi dalam Membangun Citra Pelayanan Jasa Outsourcing. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 95-103. 
  • Kholik, A. (2018). Penerapan Reka Bentuk Pada Halaman Muka Surat Kabar. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 35-54. 
  • Kholik, A. (2018). Komunikasi Pemasaran Visual Program Radio Melalui Instagram. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 2(01), 71-84. 

Conference Proceedings 

  • Kholik, A., & Sugiarto, A. (2022). Penguatan Media Promosi Digital Sebagai Pengembangan Destination Branding. Prosiding Semnaskom-Unram, 4(1), 250-255. 
  • Aprilyani, E., & Kholik, A. (2022, November). Public Opinion on The Youtube: A New Voters Response on The Podcast KPU RI Episode 3. In ICHELSS: International Conference on Humanities, Education, Law, and Social Sciences (Vol. 2, No. 1, pp. 183-187).

Books and Book Sections 

  • Kholik, A., Sugiarto, A., & Santoso, Rizki Tri (2023). Fotografi Kehumasan. Wawasan Ilmu. ISBN : 978-623-132-082-7 
  • Kholik, A., Sugiarto, A., & Putriana, Muria (2023). MC dan Protokoler. Wawasan Ilmu.  ISBN : 978-623-132-079-7 
  • Kholik, A., & Sugiarto, A. (2021). Event Organizing. Insan Cendekia Mandiri. ISBN : 978-623-348-020-8 
  • Kholik, A., & Sugiarto, A. (2021). Manajemen Humas. Suwargi Universal Media. ISBN : 978-623-983-514-9 
  • Juhji Juhji, Febrianty Febrianty, Nurhana Marantika, Rendra Gumilar, Lisa Palindih , Apud Apud, Hastuti Marlina, Abdul Kholik, Opan Arifudin. (2020).Manajemen Humas Sekolah. Widina Media Utama. ISBN : 978-623-92777-7-2 
  • Abdul Kholik, Sri Maulida, Asep Dadan Suganda, Ita Musfirowati Hanika, Hetty Ismainar, Puji Muniarty, Hastuti Marlina, Arteurt Yoseph Merung, Hayati Nufus. (2020). Perilaku Konsumen : Ruang Lingkup dan Konsep Dasar.  Widina Media Utama. ISBN : 978-623-93255-3-4. 
  • Ni Putu Sinta Dewi, Falimu, Lukman Abdul Majid, Suhaimi, Wina Puspita Sari, Abdul Kholik, Mulyadi, Yuli Evadianti. (2023). Manajemen Humas. (2023).  Azka Pustaka. ISBN : 978-623-8323-73-9 

2023, Awardee – PR INDONESIA Fellowship Program. Kompetisi Jambore PR INDONESIA (JAMPIRO) #9