Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Jakarta

Abdul Kholik, M.I.Kom.

Department of Public Relations and Digital Communications 

Faculty of Social Sciences 

Universitas Negeri Jakarta, Indonesia 

NIDN: 0025089107 

ID Sinta: 6687450 

ID Scopus: 59153337700

Email: abdulkholik@unj.ac.id 

2015 – 2017 : Master of Communication (M.I.Kom) Ilmu Komunikasi Bisnis – Universitas Islam Bandung 

2014 : Bachelor of Sciences (S.Sos) Ilmu Komunikasi Jurnalistik – UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

2007 – 2010 : Software Engineering – SMKS Al-Ittihad CIanjur 

Visual Communication, Digital Public Relations, Digital Journalism, Event Management, Digital Marketing, Content Production 

Event Management, Digital Public Relations, Digital Journalism, Computer Application, Content Production

Journal Articles  

  • Rizki, M. F., Nugroho, E., & Kholik, A. (2023). Peningkatan Kesadaran Branding Tourist Information Center pada Desa Wisata Cisaat melalui Media Digital. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 20(2). 
  • Kholik, A., Soegiarto, A., & Khanafi, Q. A. (2023). Impikasi Rebranding Campaign dalam Transformasi Manajemen Event Kompetisi. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2). 
  • Fatimah, A. N., Kholik, A., Sari, W. P., Alfat, R. R., & Sitorus, P. Y. (2023). Peran dan Fungsi Praktisi Hubungan Masyarakat di Organisasi Nirlaba. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 1508-1527. 
  • Sari, W. P., Fedrina, R., Kholik, A., & Rizki, M. F. (2023). Optimalisasi Penerapan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium Di Intansi Pendidikan Melalui Kegiatan Komunikasi. Artinara, 2(2), 93-101. 
  • Kholik, A., Soegiarto, A., & Yusuf, D. (2023). Pendampingan Desain Studio Podcast Untuk Peningkatan Workstation Productivity Di SMKS Al-Ittihad Cianjur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(3), 126-138. 
  • Kholik, A., & Soegiarto, A. (2023). Sosialisasi Edukatif dalam Penanggulangan Dampak Kecanduan Game Online di Yayasan Nurul Ihsan, Klender, Jakarta Timur. Dedikasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2). 
  • Kholik, A., Armenitha, C., & Lika, I. L. (2022). Strategi Event Virtual Untuk Membangun Customer-Relationship Oleh Humas di Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmu Komunikasi PROGRESSIO, 3(2), 165-179. 
  • Fitrianingsih, B., & Kholik, A. (2021). Proses Humas Diskominfo Tangerang Selatan Dalam Membangun Citra Positif Melalui Instagram. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 43-53. 
  • Kholik, A., Ramadhani, A. N., Patuananggi, A., & Wibowo, A. A. C. (2021). Special Event Management: Implementasi Penyelenggaraan Event di Sektor Sosial, Pendidikan Dan Bisnis. Jurnal British, 1(2), 1-10. 
  • Nugraini, S. T., & Kholik, A. Strategi Penyusunan Pesan Informatif–Persuasif Dalam Data Covid-19 Oleh Humas Diskominfo Kota Bogor di Media Sosial. Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia, 2(2), 92-103. 
  • Afizha, J., & Kholik, A. (2021). Penerapan Komunikasi Efektif 7C Dalam Pelayanan Informasi Publik Oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Jakarta II. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 3(3), 111-125. 
  • Kholik, A., Ramadhani, A. N., Rowi, D. A., & Ramadhany, M. A. (2020). Special Event Management Dalam Membangun Social Identity. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 217-226 
  • Kholik, A., & Adi, W. Pengembangan Website Berbasis Cause Oriented Campaigns Untuk Menghindari Self-Harm Pada Remaja. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 81-87. 
  • Kholik, A. (2020). Perencanaan dan Manajemen Komunikasi dalam Membangun Citra Pelayanan Jasa Outsourcing. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 95-103. 
  • Kholik, A. (2018). Penerapan Reka Bentuk Pada Halaman Muka Surat Kabar. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 35-54. 
  • Kholik, A. (2018). Komunikasi Pemasaran Visual Program Radio Melalui Instagram. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 2(01), 71-84. 

Conference Proceedings 

  • Kholik, A., & Sugiarto, A. (2022). Penguatan Media Promosi Digital Sebagai Pengembangan Destination Branding. Prosiding Semnaskom-Unram, 4(1), 250-255. 
  • Aprilyani, E., & Kholik, A. (2022, November). Public Opinion on The Youtube: A New Voters Response on The Podcast KPU RI Episode 3. In ICHELSS: International Conference on Humanities, Education, Law, and Social Sciences (Vol. 2, No. 1, pp. 183-187).

Books and Book Sections 

  • Kholik, A., Sugiarto, A., & Santoso, Rizki Tri (2023). Fotografi Kehumasan. Wawasan Ilmu. ISBN : 978-623-132-082-7 
  • Kholik, A., Sugiarto, A., & Putriana, Muria (2023). MC dan Protokoler. Wawasan Ilmu.  ISBN : 978-623-132-079-7 
  • Kholik, A., & Sugiarto, A. (2021). Event Organizing. Insan Cendekia Mandiri. ISBN : 978-623-348-020-8 
  • Kholik, A., & Sugiarto, A. (2021). Manajemen Humas. Suwargi Universal Media. ISBN : 978-623-983-514-9 
  • Juhji Juhji, Febrianty Febrianty, Nurhana Marantika, Rendra Gumilar, Lisa Palindih , Apud Apud, Hastuti Marlina, Abdul Kholik, Opan Arifudin. (2020).Manajemen Humas Sekolah. Widina Media Utama. ISBN : 978-623-92777-7-2 
  • Abdul Kholik, Sri Maulida, Asep Dadan Suganda, Ita Musfirowati Hanika, Hetty Ismainar, Puji Muniarty, Hastuti Marlina, Arteurt Yoseph Merung, Hayati Nufus. (2020). Perilaku Konsumen : Ruang Lingkup dan Konsep Dasar.  Widina Media Utama. ISBN : 978-623-93255-3-4. 
  • Ni Putu Sinta Dewi, Falimu, Lukman Abdul Majid, Suhaimi, Wina Puspita Sari, Abdul Kholik, Mulyadi, Yuli Evadianti. (2023). Manajemen Humas. (2023).  Azka Pustaka. ISBN : 978-623-8323-73-9 

2023, Awardee – PR INDONESIA Fellowship Program. Kompetisi Jambore PR INDONESIA (JAMPIRO) #9