Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta

Jakarta, 23 Desember 2021 – Pada hari Minggu, 12 Desember 2021 Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan sebuah webinar Bonus Demografi yang diadakan melalui online Zoom Meetings. Webinar ini diisi dengan 4 pembicara yaitu Dr. Hj. Ciek Julyati. H, MM, M.Si (Dosen prodi Pendidikan Sosiologi), Kolonel Inf. Dr. Heriyadi, M.Si (Pamen Mabes TNI), Siti Nurlela Marliani, SP.,SH.,M.Si, Dr. Arief Wibawa, Sp.PD (RSUD Malimping Banten).

Dalam materi Dr. Hj. Ciek Julyati, H.MM, M.Si, membahas tentang penyimpangan sosial. Menurutnya bonus demografi menimbulkan beberapa penyimpangan sosial atau perilaku tercela dan diluar batas toleransi masyarakat. Perilaku menyimpang sebagai bentuk ketidakberhasilan menyesuaikan diri dengan norma yang berlaku dalam kelompok atau masyarakat.

Dr. Hj. Ciek Julyati, H.MM, M.Si, dalam Webinar Bonus Demografi

Materi selanjutnya oleh Kolonel Inf. Dr. Heriyadi, M.Si, membahas tentang potensi dan ancaman di era digital. Kesimpulan dari materi yang disampaikan yaitu saat ini tidak ada perang, namun persaingan di era digital semakin ketat. Untuk itu, diharapkan para generasi milenial dapat mampu bersaing dan menciptakan inovasi yang baru.

Kolonel Inf. Dr. Heriyadi, M.Si, dalam Webinar Bonus Demografi

Dalam materi ketiga yang dibawakan oleh Ibu Siti Nurlela Marliani, SP., SH., M.Si, dijelaskan mengenai ancaman penyalahgunaan narkoba dan cara penanggulangannya. Menurutnya, orang menyalahgunakan narkoba karena mudahnya akses untuk mendapatkan narkoba tersebut dan efek pandemi menyebabkan kondisi psikologis jenuh dan terjun untuk menyalahgunakan narkoba.

Ibu Siti Nurlela Marliani, SP., SH., M.Si. dalam Webinar Bonus Demografi

Dalam materi terakhir yang disampaikan oleh dr. Arief Wibawa, Sp. PD, membahas mengenai generasi milenial: potensi dan ancaman dibidang kesehatan. Menurutnya, generasi milenial mempunyai sejumlah ancaman yaitu penyakit nyeri pinggang dan leher, obesitas, merokok, narkoba, gangguan mental seperti depresi dan anxiety. Semua masalah itu dapat diatasi dengan generasi sehat dan produktif, berorientasi pada keluarga, kritis dan berani.

dr. Arief Wibawa, SP. PD. dalam Webinar Bonus Demografi

Webinar yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial mengenai bonus demografi ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa dan masyarakat umum untuk memahami tantangan dalam bonus demografi dan bagaimana cara memanfaatkan bonus demografi oleh para generasi milenial untuk membangun bangsa Indonesia menuju arah yang lebih baik.

Siti Fatimah Romlah, Galuh Sukma Dwijayanti, dan Cindyaningsih Kurniawan

Tim FIS Media Center
Kategori: Berita