Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Jakarta

Profil Prof. Dr. Komarudin, M.Si


Prof. Dr. Komarudin, M.Si

Pancasila and Civic Education
Faculty of Social Science
Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Email: komarudin@unj.ac.id
Education
  • 1985-1990. IKIP Jakarta – PMP-KN – Universitas Negeri Jakarta, Jakarta
  • 1995-1999, Universitas Indonesia -Sosiologi, Depok
  • 2000-2002, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan– Universitas Negeri Jakarta, Jakarta
Research Interest
Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Course Taught
Statistika, Evaluasi Pendidikan, Sosiologi Politik
Publication
•The Nationality Education Model: The Implementation of a Score-A Training Model Youth Across Different Cultures In Indonesia, Journal of Social Studies Education Research, ISSN: 1309-9108, June 2019, Volume 10 Nomor 2, page 308-322.
• Financial Management Strategy and Economy Independencyin The Fishermen’s Household of banten, The Asian EFL Journal, ISSN 1738-1460, March 2019, Volume 21, No. 2.3, page 286-301.
•Peningkatan Kompetensi Guru PPKN SMP Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013, Jurnal Sarwahita, e-ISSN: 2597-8926, 2018,Volume 15 No. 2, hal 115-130.
The Development of Nationality Education Model for CrossCultural Youth, ADRI International Jurnal of Social Science Education.e-ISSN: 2549-5216, May 2017, Volume 1, page 8-15.
• Memahami Sosiologi Politik, Penerbit Ghalia Indonesia, ISBN: 978-979-450-630-1, Cetakan Pertama Januari 2011, Cetakan Kedua Maret 2015.
• Evaluasi Program Pendidikan: Konsepsi, Pendekatan, dan Model-model Evaluasi, Jurnal Sosialita FIS UNJ, Volume 10 Nomor 2, Desember 2012, hal. 40-56.
• Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Di Persekolahan, Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, KKG DKI Jakarta, Volume II Nomor 2, Juni 2011, hal. 163-176.
• Evaluasi Pembelajaran, Penerbit Laboratorium Sosial Politik Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Sosial Politik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta, 2011, ISBN: 978-602-8768-26-9
• Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, KKG DKI Jakarta, Volume I Nomor 1, Oktober 2010, hal. 1-12.
• Panduan Operasional Modul Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Kesetaraan Paket A, Direktorat Kesetaraan, Ditjen PNFI, Depdiknas RI, 2009.
• Kesiapan Sekolah dalam Penyusunan KTSP dan Intervensi yang Dibutuhkan, Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, LPMP DKI Jakarta, Volume I Nomor 2, Agustus 2008.
• Kami Bangsa Indonesia: Praktik Belajar Kewarganegaraan, diterbitkan oleh Center for Civic Education Indonesia, 2008.
• Panduan Pengembangan Diri dan Ekstrakurikuler SD DKI Jakarta, Sie Kesiswaan SD, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, 2008.
• Modul Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Kesetaraan Paket A, Direktorat Kesetaraan, Ditjen PNFI, Depdiknas RI 2008.
• Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, KKG DKI Jakarta, Volume I Nomor 1, Oktober 2010, hal. 1-12.
• Sosiologi Politik, Buku Materi Pokok PPKN Modul 1-9, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Edisi Revisi, (2007).
• Pedoman Bimbingan Siswa SDN Percontohan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Nanggroe Aceh Darussalam diterbitkan oleh PT Astra International, Tbk., 2007.
• Pedoman Penilaian untuk SD Percontohan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Nanggroe Aceh Darussalam diterbitkan oleh ARA dan PT Astra Internasional, 2006.
• Pedoman Pengembangan Kesiswaan SD Percontohan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, NAD, diterbitkan oleh PT Astra Internasional, 2006.
• Membangun Nasionalisme Baru: Bingkai Ikatan Kebangsaan Indonesia Kontemporer, Diterbitkan oleh Bappenas, 2006, hal.1-135
• Kemampuan Sosialisasi Siswa dan Hubungannya dengan Status Sosial Ekonomi, Jurnal Komunitas, Jurusan Sosiologi FIS UNJ, Volume 1 No. 1, Mei 2005.
• Sikap Politik Mahasiswa terhadap Golput, Jurnal Mimbar Demokrasi, Jurusan ISP FIS UNJ, Volume 4 No. 2, April 2005.
• Pedoman Evaluasi dan Hasil Belajar PKn SMA/MA Berdasarkan Kurikulum 2004, Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas RI, 2005.
• Kajian Model Pembiayaan Pembangunan Kebudayaan, Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, Jurusan ISP FIS UNJ, Volume 4 No. 1 Tahun 2004.
• Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar melalui Pencanangan Performance Indicators dalam Rubrik, Suatu Kaji Tindak di SMK Muara Jakarta Timur, dalam Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, Jurusan ISP FIS UNJ, Volume 3 No. 2 Tahun 2004.
• Kurikulum HAM Perguruan Tinggi Monolitik dan Integratif, diterbitkan oleh Ditjen Perlindungan HAM Departemen Kehakiman dan HAM, 2004.
• Efektifitas Pembelajaran PPKn Sebagai Pendidikan Moral, Jurnal Ilmiah Sosialita Volume No. 2 Tahun 2003, FIS UNJ.
• Sosiologi Politik, Buku Materi Pokok PPKN Modul 1-9, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka (2003).
• Kemampuan Sosialisasi Siswa SLTP, Jurnal Ilmiah Sosialita, Volume 3 No. 1, Tahun 2002,FIS UNJ.
• Interaksi Sosial pada Komunitas Kota Baru, Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 1 No. 2 Tahun 2002, Jurusan ISP FIS UNJ.
• Pemilu dan Demokratisasi Politik, Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, Volume 1 No. 1Tahun 2001,  Jurusan ISP FIS UNJ.
• Mengkaji Kembali Masalah Integrasi Nasional, Jurnal Ilmiah Sosialita, FIS UNJ Tahun 1999.
• Buku Teks Pelajaran PPKn SLTA, Editor, Penerbit Rakaditu, Jakarta (1996).
Awards
• Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun Presiden Republik Indonesia ( 2013 )
• Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun Presiden Republik Indonesia (2003)
• Dosen Teladan Nasional(Aditya Tridharma Nugraha),Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1996)
• Juara II LCT Kekorprian-KORPRI DKI Jakarta (1994)
• Peringkat 6 Besar Penataran P-4 Pola 144 Jam (PCP) Tingkat Nasional -BP-7 Pusat (1992)
• Peringkat I Latihan Prajabatan CPNS Dosen-IKIP Jakarta (1992)
• Juara I LCT P-4 dalam rangka HUT KORPRI-KORPRI DKI Jakarta (1991)
• Juara II Lomba Penulisan Esai dalam rangka Dies Natalis-IKIP Jakarta (1991)
Grants
• 2011. Teaching Materials Preparation Training to Improve the Quality of Learning and Teacher Professionalism. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2012. Training on Making and Utilizing Visual Based Learning Media to Improve Teacher Competence. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2013. Design Training and PPKn Learning Application to Improve Learning Quality. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2014. Training of Scientific Approach Implementation in PPKn Learning to Improve Teacher Competence. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2015. Training on Making Authentic Assessment for Civic Teachers to Improve Teacher Professionalism. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2016. Training on Investment Human Rights Values in Learning PPKn to Improve Learning Quality. Funded by DIPA BLU UNJ.
• 2017. Training on Making Innovative Learning Media for Teachers of PPKn to Realize Attractive Learning. Funded by DIPA BLU UNJ.
• 2018. Training on Strengthening Social Tolerance in Learning Pancasila and Civic Education. Funded by DIPA BLU UNJ.
• 2011. Development of Conceptual Model of Character Education in Higher Education. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2012. Development of teaching materials of Character Education for Higher Education. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2013. Training on Scientific Approach Implementation in PPKn Learning to Improve Teacher Competence DIPA PNPB UNJ.
• 2014. PPKN Teacher Competency Profile in Making Authentic Assessment in DKI Jakarta. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2015. PPKN Teacher Competence in Implementing Scientific Approach Based Learning. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2016. Social Teacher Competencies in Implementing Human Rights Based Learning. Funded by DIPA BLU UNJ.
• 2017. Development of a Model for Measuring Social Tolerance in Urban Communities. Funded by DIPA BLU UNJ..
• 2018. Mapping the Sundanese Society’s Social Tolerance Model for Strengthening Unity in Diversity. Funded by DIPA BLU UNJ.