Profil Prof. Dr. Komarudin, M.Si


Prof. Dr. Komarudin, M.Si

Pancasila and Civic Education
Faculty of Social Science
Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Email: komarudin@unj.ac.id
Education
  • 1985-1990. IKIP Jakarta – PMP-KN – Universitas Negeri Jakarta, Jakarta
  • 1995-1999, Universitas Indonesia -Sosiologi, Depok
  • 2000-2002, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan– Universitas Negeri Jakarta, Jakarta
Research Interest
Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Course Taught
Statistika, Evaluasi Pendidikan, Sosiologi Politik
Publication
•The Nationality Education Model: The Implementation of a Score-A Training Model Youth Across Different Cultures In Indonesia, Journal of Social Studies Education Research, ISSN: 1309-9108, June 2019, Volume 10 Nomor 2, page 308-322.
• Financial Management Strategy and Economy Independencyin The Fishermen’s Household of banten, The Asian EFL Journal, ISSN 1738-1460, March 2019, Volume 21, No. 2.3, page 286-301.
•Peningkatan Kompetensi Guru PPKN SMP Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013, Jurnal Sarwahita, e-ISSN: 2597-8926, 2018,Volume 15 No. 2, hal 115-130.
The Development of Nationality Education Model for CrossCultural Youth, ADRI International Jurnal of Social Science Education.e-ISSN: 2549-5216, May 2017, Volume 1, page 8-15.
• Memahami Sosiologi Politik, Penerbit Ghalia Indonesia, ISBN: 978-979-450-630-1, Cetakan Pertama Januari 2011, Cetakan Kedua Maret 2015.
• Evaluasi Program Pendidikan: Konsepsi, Pendekatan, dan Model-model Evaluasi, Jurnal Sosialita FIS UNJ, Volume 10 Nomor 2, Desember 2012, hal. 40-56.
• Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Di Persekolahan, Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, KKG DKI Jakarta, Volume II Nomor 2, Juni 2011, hal. 163-176.
• Evaluasi Pembelajaran, Penerbit Laboratorium Sosial Politik Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Sosial Politik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta, 2011, ISBN: 978-602-8768-26-9
• Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, KKG DKI Jakarta, Volume I Nomor 1, Oktober 2010, hal. 1-12.
• Panduan Operasional Modul Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Kesetaraan Paket A, Direktorat Kesetaraan, Ditjen PNFI, Depdiknas RI, 2009.
• Kesiapan Sekolah dalam Penyusunan KTSP dan Intervensi yang Dibutuhkan, Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, LPMP DKI Jakarta, Volume I Nomor 2, Agustus 2008.
• Kami Bangsa Indonesia: Praktik Belajar Kewarganegaraan, diterbitkan oleh Center for Civic Education Indonesia, 2008.
• Panduan Pengembangan Diri dan Ekstrakurikuler SD DKI Jakarta, Sie Kesiswaan SD, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, 2008.
• Modul Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Kesetaraan Paket A, Direktorat Kesetaraan, Ditjen PNFI, Depdiknas RI 2008.
• Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, KKG DKI Jakarta, Volume I Nomor 1, Oktober 2010, hal. 1-12.
• Sosiologi Politik, Buku Materi Pokok PPKN Modul 1-9, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Edisi Revisi, (2007).
• Pedoman Bimbingan Siswa SDN Percontohan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Nanggroe Aceh Darussalam diterbitkan oleh PT Astra International, Tbk., 2007.
• Pedoman Penilaian untuk SD Percontohan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Nanggroe Aceh Darussalam diterbitkan oleh ARA dan PT Astra Internasional, 2006.
• Pedoman Pengembangan Kesiswaan SD Percontohan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, NAD, diterbitkan oleh PT Astra Internasional, 2006.
• Membangun Nasionalisme Baru: Bingkai Ikatan Kebangsaan Indonesia Kontemporer, Diterbitkan oleh Bappenas, 2006, hal.1-135
• Kemampuan Sosialisasi Siswa dan Hubungannya dengan Status Sosial Ekonomi, Jurnal Komunitas, Jurusan Sosiologi FIS UNJ, Volume 1 No. 1, Mei 2005.
• Sikap Politik Mahasiswa terhadap Golput, Jurnal Mimbar Demokrasi, Jurusan ISP FIS UNJ, Volume 4 No. 2, April 2005.
• Pedoman Evaluasi dan Hasil Belajar PKn SMA/MA Berdasarkan Kurikulum 2004, Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas RI, 2005.
• Kajian Model Pembiayaan Pembangunan Kebudayaan, Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, Jurusan ISP FIS UNJ, Volume 4 No. 1 Tahun 2004.
• Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar melalui Pencanangan Performance Indicators dalam Rubrik, Suatu Kaji Tindak di SMK Muara Jakarta Timur, dalam Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, Jurusan ISP FIS UNJ, Volume 3 No. 2 Tahun 2004.
• Kurikulum HAM Perguruan Tinggi Monolitik dan Integratif, diterbitkan oleh Ditjen Perlindungan HAM Departemen Kehakiman dan HAM, 2004.
• Efektifitas Pembelajaran PPKn Sebagai Pendidikan Moral, Jurnal Ilmiah Sosialita Volume No. 2 Tahun 2003, FIS UNJ.
• Sosiologi Politik, Buku Materi Pokok PPKN Modul 1-9, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka (2003).
• Kemampuan Sosialisasi Siswa SLTP, Jurnal Ilmiah Sosialita, Volume 3 No. 1, Tahun 2002,FIS UNJ.
• Interaksi Sosial pada Komunitas Kota Baru, Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 1 No. 2 Tahun 2002, Jurusan ISP FIS UNJ.
• Pemilu dan Demokratisasi Politik, Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, Volume 1 No. 1Tahun 2001,  Jurusan ISP FIS UNJ.
• Mengkaji Kembali Masalah Integrasi Nasional, Jurnal Ilmiah Sosialita, FIS UNJ Tahun 1999.
• Buku Teks Pelajaran PPKn SLTA, Editor, Penerbit Rakaditu, Jakarta (1996).
Awards
• Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun Presiden Republik Indonesia ( 2013 )
• Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun Presiden Republik Indonesia (2003)
• Dosen Teladan Nasional(Aditya Tridharma Nugraha),Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1996)
• Juara II LCT Kekorprian-KORPRI DKI Jakarta (1994)
• Peringkat 6 Besar Penataran P-4 Pola 144 Jam (PCP) Tingkat Nasional -BP-7 Pusat (1992)
• Peringkat I Latihan Prajabatan CPNS Dosen-IKIP Jakarta (1992)
• Juara I LCT P-4 dalam rangka HUT KORPRI-KORPRI DKI Jakarta (1991)
• Juara II Lomba Penulisan Esai dalam rangka Dies Natalis-IKIP Jakarta (1991)
Grants
• 2011. Teaching Materials Preparation Training to Improve the Quality of Learning and Teacher Professionalism. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2012. Training on Making and Utilizing Visual Based Learning Media to Improve Teacher Competence. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2013. Design Training and PPKn Learning Application to Improve Learning Quality. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2014. Training of Scientific Approach Implementation in PPKn Learning to Improve Teacher Competence. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2015. Training on Making Authentic Assessment for Civic Teachers to Improve Teacher Professionalism. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2016. Training on Investment Human Rights Values in Learning PPKn to Improve Learning Quality. Funded by DIPA BLU UNJ.
• 2017. Training on Making Innovative Learning Media for Teachers of PPKn to Realize Attractive Learning. Funded by DIPA BLU UNJ.
• 2018. Training on Strengthening Social Tolerance in Learning Pancasila and Civic Education. Funded by DIPA BLU UNJ.
• 2011. Development of Conceptual Model of Character Education in Higher Education. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2012. Development of teaching materials of Character Education for Higher Education. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2013. Training on Scientific Approach Implementation in PPKn Learning to Improve Teacher Competence DIPA PNPB UNJ.
• 2014. PPKN Teacher Competency Profile in Making Authentic Assessment in DKI Jakarta. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2015. PPKN Teacher Competence in Implementing Scientific Approach Based Learning. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2016. Social Teacher Competencies in Implementing Human Rights Based Learning. Funded by DIPA BLU UNJ.
• 2017. Development of a Model for Measuring Social Tolerance in Urban Communities. Funded by DIPA BLU UNJ..
• 2018. Mapping the Sundanese Society’s Social Tolerance Model for Strengthening Unity in Diversity. Funded by DIPA BLU UNJ.