Profil Prof. Dr. Sarkadi, M.Si.


Prof. Dr. Sarkadi, M.Si

Pancasila and Civic Education
Faculty of Social Science
Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Email: sarkadi@unj.ac.id
Education
  • 1988-1993. S1 PPKn – Universitas Negeri Jakarta, Jakarta
  • 1996-2000, S2 Ilmu Komunikasi – Universitas Indonesia, Depok
  • 2003-2012, S3 Manajemen Pendidikan– Universitas Negeri Jakarta, Jakarta
Research Interest
Civic Education and Instructional Technology
Course Taught
Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Pancasila, Evaluasi Pembelajaran PPKn, Demokrasi dan HAM, Hukum Internasional, Metodologi Penelitian
Publication
•Evaluasi Program Sukses Ujian Nasional Di Sekolah Menengah Kejuruan 5 Jakarta (Suatu Kajian Politik Pendidikan).Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi .Volume 14 No. 2 Tahun 2015.
• Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Token Economy Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.JURNAL PENDIDIKAN DASAR .Volume 8, Edisi 2, Desember 2017
•Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMAI Al-Azhar 4 Kemang Pratama Kota Bekasi.Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH .Vol. 6 No. 1 Januari 2017.
• Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 3 Kabupaten Tangeran.Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH .Vol. 6 No. 1 Januari 2017
• Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMA Negeri 1 Pandeglang.Jurnal Teknologi Pendidikan.Vol. 20, No 1, April 2017
• Students’ Social Literacy in their Daily Journal.Mimbar Sekolah Dasar .Volume 5 Number 3 December 2018
• Pengaruh Metode Pembelajaran Coperative Script Dan Kemampuan Berpikir Historis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Sma Negeri 2 Koto Xi Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat .JIPP (Sinta 4).Volume 2 Nomor 2 Juli 2018.
• Efektivitas Sumber Pembelajaran Sejarah.Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH .Vol. 7 No. 2 Juli 2018
•The Impact of Discovery Learning and Critical Thinking towards Learning Outcomes of Indonesian History.TAWARIKH: Journal of Historical Studies, Volume 10(1), October 2018
• Peningkatan Kompetensi Guru PPKN SMP Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013.Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat .Vol. 15 No. 2 Tahun 2018
•Membangun Budaya Demokrasi Di Sekolah Melalui Jurisprudential Inquiry.Jurnal Kependidikan .Volume 2, Nomor 2, November 2018
• Penerapan Metode Quantum Reading Dan Cooperative Script (Qrcs) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Skimming Dalam Membandingkan Isi Dua Teks Pada Siswa Kelas V Sdn 02 Cipanas Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat.Jurnal Metamorfosa .Volume 7, Nomor 1, Januari 2019
•Strategi Pembelajaran Pada Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Visual Spasial Yang Mengalami Kesulitan Belajar (Studi Deskriptif Siswa Kelas Ivb Sdit Harapan Ummat Jakarta) Elementary .Vol. 4 Edisi Juli-Desember 2018
• Kemampuan Guru PPKn Melakukan Asesment Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013.Jurnal Mimbar demokrasi.Volume 16 No. 1 Oktober 2016
•Karakter Peserta Didik Melalui Modifikasi Perilaku Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasa.JURNAL PENDIDIKAN DASAR .Volume 8, Edisi 2, Desember 2017.
• PPengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 72 Jakarta.Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH.Vol. 6 No. 1 Januari 2017
•Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMAN 01 Argamakmur Bengkulu Utara.Jurnal Teknologi Pendidikan .Vol. 20, No. 1, April 2018
• Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMA Negeri 5 Depok Kelas 11 IPS.Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH .Vol. 6 No. 2 Juli 2017
•Pengaruh Integrasi Pembelajaran Literasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Siswa Sekolah .Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018.ISSN: 2528-5564
.
• Improving Student’s Critical Thinking Ability in IPS Learning Through Group Investigation Learning Models in Basic School, Kartika VIII-1 Cijantung, East Jakarta.Proceeding Book of 1st International Conference on Educational Assessment and Policy.Volume 2, 2018
•Development Media Interactive Learning in Education Pancasila and Citizenship Education to Improve Tolerance of Students in Elementary School.Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 251 Annual Civic Education Conference (ACEC 2018)
•Management of Attitude Assessment, Knowledge and Skills-Based on the 2013 Curriculum Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 269 .3rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018)
•Analisis Kerangka Kewarganegaran Digital: Kiprah Jaringan Gusdurian di Media Sosial.Jurnal Moral Kemasyarakatan Vol. 4 No. 1 Tahun 2019 | Hal. 8 – 14.
• Pengaruh Kemampuan Analisis Dalam Model Pembelajaran InkuirTerhadap Hasil Belajar KognitIf.Prosiding Seminar Nasional Geotik 2019. ISSN: 2580-8796
Awards
• Satya lancana 10 tahun Presiden RI (2008)
• Panata Tama Purnakarya Nugraha Dekan FIS (2014)
• Satya Lancana 20 tahun Presiden RI (2017)
Grants
• 2010.Politik Pendidikan di Indonesia (analisis kebijakan tentang mutu guru). Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2011. Training on Making and Utilizing Visual Based Learning Media to Improve Teacher Competence. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2012. Politik Pendidikan tentang Pelaksanaan Ujian Nasional (studi di SMK 5 Jakrta). Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2013. TDampak Kebijakan Pemberlakuan Kurikulum 2013 terhadap Kinerja Guru PPKn (khusus perencanaan pembelajaran). Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2014. Dampak Kebijakan Pemberlakuan Kurikulum 2013 terhadap Kinerja Guru PPKn (khusus pelaksanaan pembelajaran). Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2015. Kemampuan Guru PPKn dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Funded by DIPA BLU UNJ.
• 2016. Manajemen Sekolah dilihat dari Perspektif Kepemimpinan Kepala Sekoah, Sarana Prasarana, Sumber Daya Manusia, dan Kurikulum (Studi di SMP Negeri dan Swasta DKI Jakarta).
• 2016. Pengembangan Model Pelatihan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Baru UNJ. Funded by DIPA BLU UNJ.
• 2017. Manajemen Penilaian Sikap, Pengetahuan, Dan Keterampilan Dalam Pembelajaran Ppkn.Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Pada Guru-Guru Ppkn Di Dki Jakarta).
• 2018. Model Baru Instrumen Penilaian Sikap Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn. Funded by DIPA PNPB UNJ.
• 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Peserta Didik Pada Guru-guru PPKn dan Sejarah.