Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta

Jakarta, 22 Desember 2021 – Pada 15 Desember 2021, FIS Media Center menggelar webinar yang dilaksanakan melalui platform Zoom Meetings dengan tema “Media dan Pencitraan Diri”. Webinar FIS Media Center dengan judul “Level Up Your Personal Branding Through Media” diisi oleh materi dari anggota DPD RI Dr. Maya Rumantir MA, PhD yang merupakan serta Dosen Hubungan Masyarakat UNJ Wina Puspita Sari, M.Si..

Webinar yang dihadiri oleh umum tersebut diawali dengan sambutan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIS UNJ Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si. dan sambutan sekaligus pembukaan webinar oleh Dekan FIS UNJ Prof. Dr. Sarkadi, M.Si..

Dalam materi Dr. Maya Rumantir MA, PhD, beliau menyampaikan mengenai pentingnya peranan media sosial dalam pencitraan diri. Dewasa ini, media sosial sangat mudah untuk dimanfaatkan. Namun, peranan media sosial sebagai media yang digunakan untuk meningkatkan citra dan branding harus dipahami karena memberikan pengaruh pada diri seseorang sehingga dalam memanfaatkan media sosial setiap orang harus bertanggung jawab dalam penyampaian opini, gagasan atau ide-idenya.

Dr. Maya Rumantir MA, PhD. dalam Webinar FIS Media Center

“Media sosial itu berguna untuk membangun citra diri. Nah, citra diri yang seperti apa? Citra diri yang tentunya positif, harus yang positif sebab kalau citra diri yang tidak positif akan merugikan, baik diri sendiri dan juga dampak untuk masyarakat,” ucap Dr. Maya Rumantir MA, PhD.

Dalam pemaparan materi kedua oleh Wina Puspita Sari, M.Si, beliau beranggapan bahwa kita adalah brand, dan brand seperti apa yang ingin kita citrakan. Oleh karena itu, setiap individu perlu memiliki personal branding sendiri, agar orang lain mengenal diri kita atas “branding” yang dibuat oleh diri sendiri bukan orang lain. Pada dasarnya tujuan personal branding itu sendiri adalah untuk membuat orang lain percaya kepada diri kita, namun jika dijelaskan lebih rinci, tujuan personal branding tersebut terbagi menjadi beberapa bagian.

Wina Puspita Sari, M.Si. dalam Webinar FIS Media Center

“Pada dasarnya personal branding ini terbagi menjadi tiga bagian, yang pertama bertujuan agar orang lain dapat mengenali diri individu lebih unggul dari individu lainnya. Yang kedua bertujuan untuk menginformasikan atau memberitahukan tentang keterampilan, kemampuan, serta hal-hal lain yang memiliki nilai tambah untuk diri individu. Lalu yang terakhir bertujuan untuk meningkatkan daya tarik orang lain kepada diri individu serta dapat membuat orang lain beranggapan bahwa hanya diri kamu yang dapat menyelesaikan masalah ini,” ucap Wina Puspita Sari, M.Si

Webinar yang diselenggarakan oleh FIS Media Center mengenai media dan personal branding ini, diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa dan masyarakat umum untuk memahami pentingnya personal branding dan juga bagaimana cara memanfaatkan media sosial yang baik, untuk membangun citra diri yang positif di mata khalayak.

Diva Rheva, Hikmatullah, dan Sadila Syaumi

Tim FIS Media Center
Kategori: Berita