Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta

Jakarta, 17 Januari 2023 – Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta menghadiri acara bedah buku yang diadakan oleh STIK Lemdiklat Polri di Gedung Tribrata STIK. Kegiatan dalam acara ini meliputi bedah buku dengan judul Imajinasi Sosiologi :  Pembangunan Sosietal karya Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan doa. Selanjutnya Irjen. Pol. Drs. Yazid Fanani, M.Si. selaku Ketua STIK memberikan sambutan dengan menyampaikan salah satu tujuan acara ini adalah sebagai metode mahasiswa agar diberikan kebebasan berkarya dan meningkatkan budaya literasi serta menghasilkan sebuah karya tulis.

Irjen. Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil. selaku Asisten Kapolri Bidang SDM memberikan Keynote Speech mengenai pembangunan sosietal, dimana pembangunan harus dilakukan secara sistemik dan holistik. Buku Imajinasi Sosiologi berupaya memberikan panduan kepada pemerintah dalam memecahkan masalah sosial dengan memahami duduk persoalan yang sebenarnya melalui pendekatan struktur, kultur, dan proses.

Pemberian Keynote Speech oleh Irjen. Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil. selaku Asisten Kapolri Bidang SDM

Tujuan pembangunan sosietal adalah mengembalikan pembangunan yang bias ekonomi ke hakikat semula yang lebih mengedepankan kehidupan sosial-budaya. Kata kunci dari pembangunan sosietal adalah memperbaiki keseimbangan interaksi antara elemen struktur-kultur-proses sebagai komponen dasar.

Salah satu kiprah polisi dalam pembangunan sosietal adalah dengan pola gerak aktivitas yang humanis dan mengedepankan segala sesuatu yang bersifat budaya serta mempertimbangkan dimensi sosiologis yang tumbuh di tengah masyarakat. Penekanan atas keterlibatan polisi dalam pembangunan sosietal dikonotasikan sebagai upaya mendukung rasa kemanusiaan yang berkeadilan. Polri merupakan salah satu agen utama pembangunan sosietal melalui fungsinya dalam penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Acara selanjutnya adalah penyerahan buku dari Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc. kepada Irjen. Pol. Drs. Yazid Fanani., M.Si. selaku Ketua STIK dan Irjen. Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil. selaku Asisten Kapolri Bidang SDM. Dilanjutkan dengan sesi review terhadap buku Imajinasi Sosiologi dengan menghadirkan empat reviewers, yaitu Komjen. Pol. (Purn.) Dr. Drs. Ito Sumardi, S.H., M.B.A., M.M., M.H., Prof. Dr. Semiarto A. P, Prof. Muradi, M.A., Ph.D., dan  Budi W. Soetjipto, Ph.D.

Angel Damayanti, M.Si, Ph.D. selaku moderator menyatakan buku ini menawarkan konsep pembangunan sosietal yang holistik sebagai jawaban dari mengoreksi pembangunan yang kurang mampu membangun masyarakat yang berkualitas.

Komjen. Pol. (Purn.) Dr. Drs. Ito Sumardi, S.H., M.B.A., M.M., M.H. selaku reviewer menyatakan bahwa buku ini sangat relevan dengan tugas pokok Polri sesuai dengan UU No. 2/2002 Pasal 13, yaitu melindungi masyarakat, mengayomi masyarakat, melayani masyarakat, dan menegakkan hukum dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Budi W. Soetjipto, Ph.D. menyatakan dalam menciptakan masyarakat baik dibutuhkan keseimbangan antara efisiensi-efektivitas, monopolistik-pemerataan, stabilitas-mobilitas, akumulasi-pembatasan, sentralisasi-desentralisasi, dan deterministik-partisipasi. Arsitektur elemen masyarakat yang baik adalah struktur sebagai kekuatan di luar manusia yang mampu membentuk perilaku manusia, kultural sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat yang digerakkan oleh karsa, dan proses sosial sebagai interaksi sosial sehari-hari. Fondasi masyarakat baik adalah proses sosial yang melibatkan orang-orang berpendidikan, demokratis, dan inklusif sehingga menghasilkan struktur dan kultur yang sehat.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

Sesi Tanya Jawab

FA

Editor: WPS

Tim FIS Media Center
Kategori: Berita