Deskripsi
Program studi magister (S2) PPKN FIS UNJ memiliki keunggulan atau keunikan sebagai pembeda atau penciri, yaitu : Secara akademis, program magister (S2) PPKN Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta akan menjadi pusat kajian pengembangan pendidikan kewarganegaraan dimana setiap lulusannya memiliki kemampuan dalam menyelesaikan berbagai persoalan Pendidikan Kewarganegaraan yang berwawasan global baik di persekolahan, di perguruan tinggi, maupun di masyarakat. Berdasarkan sumberdaya dan segala potensi yang dimiliki, Program Magister (S2) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial UNJ menjadikan Pancasila sebagai inti (core) dalam setiap pengembangan keilmuan.
Secara praktis, penciri atau karakteristik program magister (S2) PPKN FIS UNJ yang membedakannya dengan perguruan tinggi lain adalah pada fokus pengembangan pengetahuan dan teknologi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dari sisi penyajian konten, inovasi metode & model pembelajaran, pemanfaatan media dan pengembangan sistem evaluasi pembelajaran, yang mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang keilmuan Pendidikan Kewarganegaraan di persekolahan (civic school) dan Pendidikan Kewarganegaraan untuk masyarakat (civic community) melalui pendekatan inter, trans, dan multidisipliner. Penetapan “penciri” ini berdasarkan argumentasi bahwa PPKN harus dapat beradaptasi dengan perubahan zaman yang menuntut adanya inovasi pada metode dan strategi pembelajaran sebagai proses untuk percepatan pencapaian tujuan Pendidikan. Selain itu, aplikasi teknologi dalam pembelajaran PPKN juga dimaksudkan untuk memberikan jawaban atas kesulitan yang dihadapi oleh guru-guru dalam menyajikan secara multimedia materi-materi PPKN yang selama ini diasumsikan bersifat abstrak dan konseptual.
Profil Lulusan Magister PPKN FIS UNJ
No | Profil Lulusan | Deskripsi Profil |
1. | Pendidik Profesional Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (School-civic educator); dan Pendidik profesional Kewarganegaraan-Kemasyarakatan (Community Civic Educator) | Pendidik profesional Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada pendidikan dasar, menengah dan tinggi (School-civic educator); dan Pendidik profesional Kewarganegaraan-Kemasyarakatan (Community Civic Educator) yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan berdasarkan keilmuan, teknologi, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. |
2. | Peneliti bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan & terapannya | Peneliti bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan & terapannya yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan serta mampu menghasilkan inovasi pendidikan yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar, menengah, tinggi dan masyarakat. |
3. | Tenaga Kependidikan: Pengembang kurikulum, bahan ajar dan konsultan bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | Pengembang kurikulum, bahan ajar dan konsultan bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di tingkat satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan tinggi dalam bidang manajemen pendidikan, pembinaan ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar yang berorientasi pada teknologi pembelajaran. |
Struktur Kurikulum
Jumlah SKS dan mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa Program Magister (S2) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta adalah sebagai berikut.
Struktur Kurikulum Program Magister PPKN FIS UNJ
Semester | Nama Mata Kuliah1 | Bobot SKS2 | |
Teori | Praktik | ||
1 | Filsafat Ilmu | 2 | 0 |
Penelitian Kuantitatif (Statistika) | 1 | 2 | |
Metode Penelitian PPKn | 1 | 1 | |
Penelitian Kualitatif | 1 | 1 | |
Penelitian Tindakan Kelas | 1 | 1 | |
Landasan dan Teori Pendidikan Kewarganegaraan | 3 | 0 | |
Total Sks Semester I | 14 | ||
2 | Teori Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Kewarganegaraan | 3 | 0 |
Filsafat Nilai dan Pancasila | 3 | 0 | |
Perbandingan Civic/Citizenship Education | 3 | 0 | |
PKN pada Masyarakat Multikultural | 1 | 1 | |
Isu-isu kritis Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 0 | |
Inovasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 1 | 1 | |
Total Sks Semester 2 | 14 | ||
3 | Pengembangan Media Pembelajaran PPKn | 1 | 1 |
Strategi Pengembangan Pendidikan Karakter | 1 | 1 | |
Kajian Otonomi Daerah Indonesia* | 2 | 0 | |
Pendidikan Politik * | 2 | 0 | |
Perbandingan Ideologi dan Sistem Politik* | 2 | 0 | |
Kewarganegaraan dan Teori sosial* | 2 | 0 | |
Filsafat dan teori Hukum* | 2 | 0 | |
Seminar Pengembangan Proposal Tesis | 0 | 2 | |
Total Sks Semester 3 (yang harus diambil) | 8 | ||
4 | Tesis | 0 | 6 |
Total Sks Semester 4 | 6 | ||
0 | Analisis PKn dan perkembangannya di Indonesia** | 3 | 0 |
Total Sks Matrikulasi | 3 | 0 | |
TOTAL SKS (Sebidang) | 42 SKS | ||
TOTAL SKS MATRIKULASI (Tidak Sebidang) | 45 SKS |
Sehingga total dari mata kuliah yang diambil adalah sebanyak 45 sks.