Deskripsi Prodi
Program Magister Pendidikan Sejarah didirikan pada tanggal 21 Oktober 1993. Program Magister pendidikan Sejarah didirikan oleh Prof. Dr. Diana Nomida, M.Pd. pada tahun 1993, yang mana Prodi Pendidikan Sejarah adalah prodi perpecahan dari prodi Teknologi Pendidikan Progam magister. Semenjak didirikan pada tahun 1993 hingga tahun 2010 Prof. Dr. Diana Nomida, M.Pd bertanggung jawab menjadi Koorprodi. Tahun 2010 Koordinator Prodi diganti oleh Prof. Dr. Tuti Nuriah Erwin, M.Pd. hingga 2017. Tahun 2017, Koordinator prodi dilanjutkan oleh Dr. Kurniawati, M.Si hingga tahun 2021. Koordinator Prodi kemudian dilanjutkan oleh Dr. Umasih, M.Hum hingga tahun 2023. Saat ini Koordinator Prodi Magister Pendidikan Sejarah adalah Dr. Abrar, M.Hum. Program Studi Pendidikan Sejarah menyiapkan lulusannya sebagai dosen, peneliti, penulis dan pengembang pendidikan sejarah.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi global, mampu bersaing di pasar kerja internasional, mampu beradaptasi dengan perubahan zaman, dan berkontribusi positif terhadap pengembangan pendidian sejarah.
- Menguatkan peran program studi dalam pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang inovatif dan terpublikasi di jurnal nasional dan internasional yang berkontribusi terhadap penyelesaian masalah di masyarakat.
- Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat secara inovatif dan berkelanjutan dengan fokus pada pemberdayaan dan peningkatan kualitas pendidikan sejarah di berbagai lapisan terutama guru sejarah di sekolah menengah dan mengembangkan produk pendidikan sejarah yang bermanfaat bagi pembelajaran sejarah.
- Mewujudkan budaya akademik yang mendukung ilmu pengetahuan, seni dan teknologi di bidang pendidikan sejarah serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inovatif.
- Menjadi rujukan dan mitra strategis bagi lembaga pendidikan, penelitian, dan industri dalam pengembangan pendidikan sejarah, dan dapat pengakuan nasional dan internasional sebagai program studi yang unggul.
Gelar Lulusan
Setelah berhasil mengikuti dan menyelesaikan studi Strata Dua (S2) pada Program Studi Pendidikan Sejarah Program Magister Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNJ, berhak menyandang gelar Magister Pendidikan (M.Pd.).
Akreditasi
Program Magister Pendidikan Sejarah memiliki akreditasi Unggul.
Capaian Pembelajaran
- Lulusan Universitas Negeri Jakarta yang berwawasan kependidikan dan secara profesional mampu menunjukkan kompetensi kognitif, intrapersonal, dan interpersonal dalam menyelesaikan masalah demi kemaslahatan manusia.
- Lulusan Universitas Negeri Jakarta mampu menunjukkan kemampuan berpikir kritis dalam membuat putusan untuk menyelesaikan permasalahan bersama.
- Lulusan Universitas Negeri Jakarta mampu menunjukkan integritas dan kepedulian terhadap berbagai permasalahan dan perubahan.
- Lulusan Universitas Negeri Jakarta mampu berkomunikasi dan berkolaborasi secara aktif dan efektif dalam menanggapi berbagai permasalahan dan perubahan.
- Lulusan Universitas Negeri Jakarta mampu menunjukkan kepedulian dalam upaya mencerdaskan dan memartabatkan bangsa.
Kurikulum
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
Mata Kuliah Nasional dan Universitas | |||
1 | 14130272 | Filsafat Ilmu | 2 sks |
2 | 14130163 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
3 | 14130023 | Statistika | 3 sks |
Mata Kuliah Matrikulasi | |||
1 | 14130093 | Landasan Ilmu Pendidikan | 3 sks |
Mata Kuliah Bidang Keahlian Program Studi | |||
1 | 14130043 | Evaluasi, Proses, dan Hasil Belajar Sejarah | 3 sks |
2 | 14130053 | Pengembangan Desain Pembelajaran Sejarah | 3 sks |
3 | 14130173 | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sejarah | 3 sks |
4 | 14130183 | Filsafat dan Metodologi Sejarah | 3 sks |
5 | 14130063 | Isu-isu Kontemporer dalam Sejarah Indonesia | 3 sks |
6 | 14130022 | Sejarah Dunia Kontemporer | 2 sks |
7 | 14130113 | Sejarah Lokal sebagai Sumber Belajar Sejarah | 3 sks |
8 | 14130193 | Literasi Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah | 3 sks |
Mata Kuliah Pilihan | |||
1 | 14130123 | Teori Sosial dalam Penelitian Sejarah | 3 sks |
2 | 14130103 | Isu-isu Kritis dalam Pembelajaran Sejarah | 3 sks |
3 | 14130203 | Metode Sejarah Lanjut | 3 sks |
4 | 14130213 | Pembelajaran Sejarah Berbasis Teknologi Informasi | 3 sks |
Mata Kuliah Tesis | |||
1 | 14130223 | Penulisan dan Seminar Proposal Penelitian | 3 sks |
2 | 14130233 | Naskah Publikasi Artikel Terindeks | 3 sks |
3 | 14130242 | Naskah Publikasi Seminar | 2 sks |
4 | 14130252 | Pengembangan Produk Inovasi | 2 sks |
5 | 14130264 | Ujian Tesis | 4 sks |