Deskripsi Prodi
Program Magister Pendidikan Sejarah didirikan pada tanggal 21 Oktober 1993. Program Magister pendidikan Sejarah didirikan oleh Prof. Dr. Diana Nomida, M.Pd. pada tahun 1993, yang mana Prodi Pendidikan Sejarah adalah prodi perpecahan dari prodi Teknologi Pendidikan Progam magister. Semenjak didirikan pada tahun 1993 hingga tahun 2010 prof. Dr. Diana Nomida, M.Pd bertanggung jawab menjadi Koorprodi .
Tahun 2010 Koordinator Prodi diganti oleh Prof. Dr. Tuti Nuriah Erwin, M.Pd. hingga 2017. Tahun 2017 hingga saat ini koordinator prodi dilanjutkan oleh Dr. Kurniawati, M.Si.
Program Studi Pendidikan Sejarah menyiapkan lulusannya sebagai dosen, peneliti, penulis dan pengembang pendidikan sejarah.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang mampu merancang, mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran sejarah dalam lingkungan formal dan non formal.
- Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian, pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan sejarah serta memublikasikannya di tingkat nasional dan internasional.
- Menghasilkan lulusan yang kompetitif, kooperatif dan bertanggungjawab dalam bidang pendidikan sejarah.
Gelar Lulusan
Setelah berhasil mengikuti dan menyelesaikan studi Strata Dua (S2) pada Program Studi Pendidikan Sejarah Program Magister Fakultas Ilmu Sosial UNJ, berhak menyandang gelar Magister Pendidikan (M.Pd.)
Akreditasi
Program Magister Pendidikan Sejarah memiliki akreditasi A
Capaian Pembelajaran
- Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam pendidikan Sejarah dengan prakteknya sebagai pengembang model pendidikan sejarah yang berlandasakan nilai, norma, prinsip, teori, konsep dan fakta sejarah yang objektif untuk menghasilkan solusi dalam peningkatan mutu pendidikan untuk kemaslahatan manusia melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
- Mampu melahirkan pengetahuan yang bernilai sejarah sebagai hasil pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam dengan prakteknya sebagai pengembang model inovatif pembejaran sejarah, pengembang media, disainer pembelajaran sejarah berdasarkan profesi bidang teknologi pendidikan sejarah yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Mampu memecahkan masalah dari beragam isu kontemporer terkait pembelajaran sejarah sebagai pengetahuan tentang masa lalu dan pembelajaran sejarah sebagai wahana pembentukan karakter;
- Mampu menerapkan solusi permasalahan pendidikan sejarah yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan kurikulum pendidikan sejarah yang dapat mewariskan nilai-nilai perjuangan bangsa yang dapat menumbuhkan nasionalisme dan patriotisme melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan dan mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan Internasional;
- Mampu menerapkan pembelajaran sejarah yang inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktikpedagogis dalam Pendidikan Sejarah dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam memperkuat rasa kebangsaan dalam NKRI;
- Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan sejarah dengan melakukan penelitian sebagai upaya pengembagan literasi sejarah dan literasi digital;
- Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan sejarah bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas teknologi pendidikan di tingkat nasional dan Internasional.
Kurikulum
-
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008113 | Filsafat Ilmu | 3 sks |
99008123 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
99008133 | Statistika | 3 sks |
99008143 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
-
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99158113 | Evaluasi, Proses dan Hasil Belajar Sejarah | 3 sks |
99158123 | Pengembangan Desain Pembelajaran Sejarah | 3 sks |
99158133 | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sejarah | 3 sks |
99158143 | Filsafat dan Metodologi Sejarah | 3 sks |
99158153 | Isu-isu Kontemporer dalam Sejarah Indonesia | 3 sks |
99158183 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan | 3 sks |
99158193 | Kolokium Pendidikan Sejarah | 3 sks |
-
Mata Kuliah Pilihan
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99158413 | Sejarah Lokal sebagai sumber Belajar | 3 sks |
99158423 | Teori Sosial dalam Penelitian Sejarah | 3 sks |
99158433 | Isu-isu Kritis dalan Pembelajaran Sejarah | 3 sks |
Pilih satu Mata Kuliah Pilihan yang tersedia |
-
Mata Kuliah Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008013 | Landasan Ilmu Pendidikan | 3 sks |
Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1
-
Tesis
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008918 | Tesis | 8 sks |