Rabu, 08 Maret 2023. Prodi Ilmu Komunikasi UNJ menyelenggarakan kuliah tamu untuk mata kuliah Produksi Program Televisi dengan mengundang Bapak Revo Ramadhany selaku Pengembang dan Instruktur Pemasaran Digital di Hacktiv8. Acara berlangsung di Auditorium Ki Hajar Dewantara Lantai 9 selama dua hari yakni 08 – 09 Maret 2023 dan dihadiri oleh Dr. Dini Safitri, M.Si selaku Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi serta Nada Arina Romli, M.I.Kom selaku dosen pengampu mata kuliah  Produksi Program Televisi.

Dalam sambutannya, Nada Arina Romli, M.I.Kom menyampaikan bahwa mendatangkan seorang praktisi diharapkan  dapat memberikan motivasi mahasiswa dan berharap, di masa depan bisa mengurus pekerjaan dibalik layar seperti copywriting dan membuat kanal yotube.

Rangkaian acara selanjutnya adalah penyampaian materi oleh Bapak Revo Ramadhany, beliau memaparkan bagaimana mengubah perspektif masyarakat mengenai dunia digital agar mereka lebih sadar dan siap terhadap perkembangan teknologi. Pemasaran digital dapat dilakukan dengan cara mempromosikan produk kita di berbagai platform digital. Salah satu alat yang digunakan dalam pemasaran digital adalah AB Testing, tujuannya membantu para kreator untuk menganalisa dampak dari pemasaran produk yang telah dijalankan. Sehingga mendapatkan profit yang sesuai dengan target secara spesifik.

Pada hari kedua, 09 Maret 2023, kuliah tamu kali ini menghadirkan Ibu Amanda Fajrina Fitri Nasution selaku Instruktur Pemasaran Digital di Hacktiv8. Beliau memaparkan materi dengan tema Designing The Good Brand for UMKM dengan tujuan membangun kerangka berpikir  dan strategi yang tepat dalam membesarkan brand. Branding untuk UMKM penting untuk promosi dan daya tarik, sebagai pembeda, membangun image, dan sebagai pengendali market.

Dalam materinya, beliau juga menyampaikan pentingnya membangun dan membesarkan brand, sebagai tanda pengenal produk atau usaha. Brand yang bernilai ialah dengan mengetahui target market, value dari produk, dan paham bagaimana cara memasarkan produknya. Beliau juga membahas pentingnya mengetahui tujuan dalam membuat brand dan membuat brand identity yang mencakup penentuan nama, color palette, typography, logo, dan tagline brand tersebut. Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Marketing 4.0. Lalu, acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat kepada pembicara yang diberikan oleh Ibu Nada Arina Romli, M.I.Kom.

Penulis: LK, FA

Editor: WPS

Tim FIS Media Center
Kategori: Berita