Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Visi
Pada tahun 2024 menjadi program studi yang menghasilkan lulusan profesional yang unggul dan kompetitif dalam bidang pembelajaran
sejarah, penelitian dan penulisan pada tingkat nasional
Misi
- Mengembangkan kemampuan manajerial kepemimpinan yang jujur, transparan dan visioner.
- Mentradisikan budaya akademik yang unggul dan kompetitif sebagai wahana untuk menunjang kegiatan pembelajaran.
- Mengembangkan nilai profesionalisme kependidikan dalam mewujudkan tenaga profesi yang kompeten.
- Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas.
- Melaksanakan penelitian pendidikan sejarah dan sejarah serta melakukan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai bidang ilmu.
- Melakukan inovasi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
- Mengembangkan kemitraan dengan pemerintah, lembaga pendidikan, dunia usaha dan masyarakat.
Akreditasi Program Studi :
Program Studi Pendidikan Sejarah telah diakreditasi dengan nilai “A” (Baik Sekali) berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 468/SK/BANPT/Akred/S/XII/2014.
Profil Lulusan
Profil lulusan dari Program Studi S1 Pendidikan Sejarah adalah: 1) Pendidik/Guru Sejarah/IPS di tingkat menengah dan tinggi (SMP/SMA/PT), 2) Peneliti Sejarah, 3) Penulis Sejarah, 4) Pegiat Sejarah.
Gelar Lulusan
Setelah berhasil mengikuti dan menyelesaikan studi S-1 pada Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNJ, mahasiswa yang menyelesaikan studi berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Capaian Program Pembelajaran Program Studi (PLO)
- Menguasai aspek-aspek keilmuan sejarah (sumber sejarah, interpretasi sejarah, penelitian sejarah, penulisan sejarah) untuk melakukan analisis sejarah.
- Menganalisis perkembangan sejarah nasional secara kronologis melalui penerapan metodologi sejarah.
- Menganalisis perkembangan sejarah kewilayahan secara kronologis melalui penerapan metodologi sejarah.
- Menganalisis perkembangan sejarah secara tematik melalui penerapan metodologi sejarah
- Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan bahan-bahan (material) yang sesuai dengan kaidah keilmuan sejarah.
- Memecahkan permasalahan pendidikan sejarah dengan menggunakan pendekatan monodisipliner.
- Menemutunjukkan dimensi nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa sejarah melalui proses pembelajaran.
- Membuat keputusan yang tepat dan dapat mempertanggung-jawabkan penyelesaian tugasnya secara maksimal di dalam bidang pendidikan sejarah, dan sejarah melalui pendekatan monodisipliner.
Kurikulum
a. Struktur Kurikulum
No | Kelompok | SKS |
1. | Mata Kuliah Umum (MKU) | 13 |
2. | Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) 12 | 12 |
3. | Mata Kuliah Bidang Studi Dan Keahlian Penunjang (MKBK) | 104 |
4. | Mata Kuliah Ketrampilan Proses Pembelajaran (MKKPP) | 15 |
Total | 144 |
b. Sebaran Mata Kuliah