Vera Wijayanti Sutjipto, S.Sos.,M.Si.

Department of Communication Science
Faculty of Social Sciences
Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

NIDN/NIDK: 009037401
ID Sinta: 6186695

ID Scopus: 57217529805
Email: verawijayanti@unj.ac.id

  • 1993-1999. Bachelor’s degree in Communication Science – Universitas Indonesia, Jakarta
  • 2007-2009, Master of Arts in Communication Science – Universitas Indonesia, Jakarta

Communication

  • CSR 
  • 10 Tahun Setya Lencana 
  • Sutjipto, V. W. (2023, December 22). Political communication strategies of Islamist parties as educational platforms for PKS women politicians. Sutjipto | Journal of Social Studies Education Research. https://jsser.org/index.php/jsser/article/view/5298   
  • Hidayatullah, M. I., Safitri, D., Putri, K. Y. S., Sutjipto, V. W., Prananingrum, E. N., & Sary, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF MEDIA EXPOSURE @BERITASATU ON INTEREST IN DONATING. Common, 7(1), 58–70. https://doi.org/10.34010/common.v7i1.9628   
  • Achmad, G. (2023). PENGARUH PESAN KAMPANYE #TOLAKDENGANANGGUN TERHADAP SIKAP PERLINDUNGAN KERAHASIAAN DATA PRIBADI. Achmad | Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis. https://doi.org/10.24853/pk.7.2.219-228   
  • Andriani, Y., Sutjipto, V. W., & Romli, N. A. (2023). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DILLA JAIDI TERHADAP CITRA MEREK PRODUK SOMETHINC (Studi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019). Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen (E-journal), 10(1), 37. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v10i1.9349  
  • Qatrunnada, D., Sutjipto, V. W., & Sary, M. P. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial YouTube SKWAD Beauty Sebagai Media Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Kulit Wajah pada Subscribers. jurnal.amikom.ac.id. https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1131   
  • Shinta, A., Sutjipto, V. W., & Putri, M. L. (2023, July 28). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @FYINDONESIANS TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI KANDUNGAN GULA PADA KOPI READY TO DRINK. https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/7949  
  • Sutjipto, V. W., Putri, M. L., Sary, M. P., Putri, A. D., Wulandari, H., & Fauziyah, H. N. (2023). PENGARUH KESADARAN BERPOLITIK TERHADAP PARTISIPASI POLITIK KAUM MILLENIAL. Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen (E-journal), 10(2), 117. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v10i2.10898   
  • Wijayanti, V., Sary, M. P., Putri, A. D., Wulandari, H., & Fauziyah, H. N. (2023). Upaya Meningkatkan Kesadaran Dalam Melestarikan Sumber Daya Alam Melalui Media Sosial Bagi Generasi Muda Ciliwung. Society Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 126–131. https://doi.org/10.55824/jpm.v2i3.269   
  • Sary, M. P., Sutjipto, V. W., Putri, M. L., Azzahra, R., & Alifiah, A. P. (2023). Pola komunikasi antar pribadi Magang Merdeka Batch 3 mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FIS UNJ. Jurnal Spektrum Komunikasi, 11(4), 461–468. https://doi.org/10.37826/spektrum.v11i4.599   
  • Sutjipto, V. W., Putri, M. L., Sary, M. P., Novanra, F., & Ananda, P. D. R. (2022). Citra Partai Keadilan Sejahtera Mengenai Perubahan Lambang Partai bagi Generasi Muda. Jurnal Komunikasi, 15(2), 157–168. https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i2.11986   
  • Priana, A., Sutjipto, V. W., & Romli, N. A. (2022). Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram @riliv dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Mental Followers. Coverage: Journal of Strategic Communication, 12(2), 85–97. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i2.3097   
  • Sutjipto, V. W., Arviani, K. D., & Putri, K. Y. S. (2022). The influence of WhatsApp social media on the dissemination of learning information. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 7(1), 165–175. https://doi.org/10.25008/jkiski.v7i1.527   
  • Putri, K. Y., Sutjipto, V. W., Anindhita, W., Romli, N. A., Andriani, Y., & Deianeira, D. R. (2022). Digital Literacy Hoax information in Indonesian tourism area. Journal of Digital Marketing and Communication, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.53623/jdmc.v2i1.75   
  • Sary, M. P., Wijayanti, V., Putri, M. L., Bimantoro, A. A., & Firanti, D. A. (2022). Efektivitas Instagram Sebagai Promosi Wirausaha Mahasiswa FIS Universitas Negeri Jakarta Selama Pandemi. Jurnal Niara, 15(2), 282–294. https://doi.org/10.31849/niara.v15i2.8535   
  • Sary, M. P., Sutjipto, V. W., Larasati, M., Larasati, M., Hanifah, W., Priana, A., & Sekarwulan, A. (2022, July 26). POLA KOMUNIKASI MAHASISWA MAGANG SAAT PANDEMI. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communications/article/view/25020   
  • Sutjipto, V. W., Putri, M. L., Sary, M. P., Novanra, F., & Ananda, P. D. R. (2022). Citra Partai Keadilan Sejahtera Mengenai Perubahan Lambang Partai bagi Generasi Muda. Jurnal Komunikasi, 15(2), 157–168. https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i2.11986   
  • Sary, M. P., Wijayanti, V., Firanti, D. A., & Larasati, M. (2021). PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DI ERA PANDEMI COVID 19 DI KELURAHAN CAKUNG TIMUR KECAMATAN CAKUNG JAKARTA TIMUR. https://jurnal.hasbie.or.id/index.php/ju/article/view/32   
  • Sutjipto, V. W., Putri, M. L., Sary, M. P., Putri, A. D., & Novanra, F. (2021). Literasi digital berbasis edukasi dalam pemanfaatan gadget di kalangan Kelompok Majelis Taklim pada masa pandemi. Satwika Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 76–86. https://doi.org/10.21009/satwika.010206   
  • Putri, M. L., Sutjipto, V. W., & Sary, M. P. (2021). Model Komunikasi Keluarga Etnis Betawi dalam Memotivasi Pendidikan Tinggi dari Perspektif Anak. Jurnal Komunikasi, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss1.art3   
  • Putri, M. L., Sutjipto, V. W., Sary, M. P., Firdausah, L., & Amarawati, Y. P. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP INFORMASI PENYEBARAN DAKWAH KEPADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Kinesik (Edisi Elektronik), 8(3), 284–296. https://doi.org/10.22487/ejk.v8i3.204   
  • Mukhtara, S. (2020). Digital Social Media: Creative Economy Quarantine during the Coronavirus Pandemic, 2020. 
  • Hakim, L., & Sutjipto, V. W. (2020). TINJAUAN TEORI LITERASI KONTEN KAMPANYE GRACE NATALIE DI INSTAGRAM PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 133. https://doi.org/10.32528/mdk.v3i2.3130   
  • Muflihah, N., & Sutjipto, V. W. (2020). STRATEGI KAMPANYE POLITISI PEREMPUAN KAROLIN MARGRET NATASA DI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN AWARENESS PEMILIH. Mediakom, 4(2), 95–108. https://doi.org/10.35760/mkm.2020.v4i2.2312   
  • Priana, A. (2020). EFEKTIVITAS IKLAN BALIHO GRACE NATALIE DALAM MENINGKATKAN CITRA DIRI SEBAGAI KETUA UMUM PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA TAHUN 2019. Commed, 4(2), 108–122. https://doi.org/10.33884/commed.v4i2.1652   
  • Ramdan, A. K., & Sutjipto, V. W. (2020). Efektivitas Poster Kampanye Grace Natalie Dalam Meningkatkan Awareness Mahasiswa. journal.unj.ac.id. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.020.08   
  • Sutjipto, V. W., & Novanra, F. (2020). Motivasi Diri Mahaiswa Universitas Negeri Jakarta dalam Menggunakan Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 14(2), 149–160. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.8089   
  • Hafni, R. D. (2019). FAKTOR-FAKTOR KOMUNIKASI PERSUASIF SUSI PUDJIASTUTI DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENGONSUMSI IKAN. Hafni | Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis. https://doi.org/10.24853/pk.3.2.117-125   
  • Sutjipto, V. W., Putri, M. L., & Putri, K. Y. S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesadaran Literasi Media Online terhadap Sikap Masyarakat Peduli pada Sesama. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 2(01), 488–494. https://doi.org/10.25008/pknk.v2i01.186   
  • Putri, K. Y. S., Sutjipto, V. W., & Isyanto, S. B. (2018). Representation of Media Literacy of Health Communication Dimensions in Indonesia. Proceedings of the International Conference of Communication Science Research (ICCSR 2018). https://doi.org/10.2991/iccsr-18.2018.8  
  • Sutjipto, V. W. (2017). Kompetensi Lulusan Prodi Humas UNJ (Studi Kasus : Kompetensi Lulusan Prodi Humas UNJ di Perusahaan Swasta DKI Jakarta). Communicology : Jurnal Komunikasi, 2(1), 56–68. https://doi.org/10.21009/communicology.021.05   
  • Sary, M. P., Larasati, M., & Wijayanti, V. (2017). KESESUAIAN PENGETAHUAN KOMPETENSI MAHASISWA DI DUNIA KERJA. Communicology : Jurnal Komunikasi, 5(1), 50–66. https://doi.org/10.21009/communicology.051.04   
  • SUTJIPTO, V. W. (2015). PEMAKNAAN EKSPLOTASI PEREMPUAN MELALUI IKLAN (STUDI KASUS : PONDS VERSI WHITENING CREAM 2015). Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 52-69. https://doi.org/10.21009/communicology.031.04  
  • Wijayanti, V. (2013). Pemaknaan Pesan Iklan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Hidayat-Didik pada Pilkada DKI 2012. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 25-40. https://doi.org/10.21009/communicology.011.03  
  • Sary, M. P., Wijayanti, V., & Larasati, M. (2013). JURNALISME BERPERSPEKTIF GENDER DI SURAT KABAR NASIONAL (Analisis Framing terhadap Pemberitaan Kasus Hukum Pancung TKI Arab Saudi di Republika). Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 78-88. https://doi.org/10.21009/communicology.011.07  
  • Wijayanti, V. (2013). Pemaknaan Pesan Iklan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Hidayat-Didik pada Pilkada DKI 2012. Communicology : Jurnal Komunikasi, 1(1), 25–40. https://doi.org/10.21009/communicology.011.03

Satya Lencana Karya Satya 10 tahun