WORKSHOP : HOW TO BUILD YOUR PERSONAL BRANDING “YOU ARE YOUR OWN BRAND”

Jakarta, 24 September 2023 – ERAFM UNJ menyelenggarakan acara workshop pada hari Minggu, 24 September 2023. Kegiatan yang bertemakan “Membangun Personal Branding Di Sosial Media” ini dilaksanakan secara luring di Ruang Ki Hajar Dewantara Lantai 8 Universitas Negeri Jakarta.

Pembicara pada Workshop Erafest menghadirkan Alya Nurshabrina, Miss Indonesia 2018, memaparkan bahwa personal branding adalah bagaimana cara kita merepresentasikan diri kita sendiri di hadapan orang lain. Sesuatu tentang bagaimana mengambil kendali atas penilaian orang lain terhadap anda sebelum ada pertemuan langsung dengan anda. (Montoya & Vandehey, 2008). Mengapa personal branding penting?, karena membuat seseorang lebih menonjol dari orang lain, Orang-orang akan selalu menyaring Anda secara online melalui pemeriksaan latar belakang, membawa berbagai peluang baru, dan meningkatkan kepercayaan dari orang lain.

Alya juga menjelaskan bagaimana cara mengenal karakter sendiri itu dengan eksplorasi minat dan hobi, memahami hal yang disukai dan tidak disukai oleh diri sendiri, memahami lebih jauh kelebihan dan kelemahan diri, mengenal diri melalui pengalaman sehari-hari, mengenal diri melalui kebersamaan dengan orang lain. Cara membangun personal branding ada 3 cara yaitu dengan Pratice Skills, Networking, dan Collab. Cara melakukannya yang pertama praktik keterampilan seperti public speaking kita bisa latihan dengan cara mengikuti kursus, belajar mandiri setelah jam pulang kampus, dan bersama teman. yang kedua dengan networking kita bisa melakukannya dengan bergabung dengan komunitas, volunteering, menjadi panitia acara, dan menghadiri suaru acara. yang ketiga ada dengan collab kita bisa melakukannya bersama keluarga, teman dengan minat yang sama, dan merek dengan target serupa.

 Selain itu ada 3 hal dalam diferensiasi yaitu Konten, Konteks, dan Infrastruktur. Untuk lebih memahami kaitan antara konten, konteks, dan infrastruktur dalam sebuah bisnis, beliau mengambil  contoh Gojek. Permasalahan umum bagi banyak warga perkotaan adalah kesulitan mendapatkan jasa transportasi dalam kota yang cepat, mudah diakses, dan harga terjangkau.  Lalu apa yang ditawarkan?Konten yang ditawarkan adalah wadah penghubung antara pelanggan yang mencari sarana transportasi (baik motor, mobil, ataupun pengantaran makanan/barang) dengan para penyedia jasa transportasi (pengemudi motor ataupun mobil). Bagaimana cara menawarkannya?Konteks diwujudkan dalam bentuk mobile apps yang tersedia di berbagai platform smartphone, untuk memberi kemudahan pemesanan jasa transportasi dan kemudahan pembayaran.  Apa pendukungnya?dengan Infrastruktur terwujud pada sistem pendukung aplikasi Gojek, mulai dari teknologi informasi yang digunakan, atribut seragam pengemudi (helm, jaket, dan identitas lainnya yg ijo ijoo), serta peralatan penunjang lain (masker, penutup rambut).

Setelah paparan materi, acara pun dilanjut dengan sesi games dengan 5 orang peserta yang mempraktikkan bagaimana cara membangun personal branding d isosial media lalu dilanjut dengan sesi tanya jawab dan dokumentasi bersama. Peserta antusias mengikuti acara sampai dengan selesai

Penulis : FY dan TL

Editor : WPS

Tim FIS Media Center

Kategori: Berita