Struktur Program Studi
Struktur Organisasi Prodi Sosiologi
Ketua Prodi Sosiologi
Ketua Prodi bertugas memimpin pelaksanaan tugas prodi yang ditetapkan oleh universitas, yaitu melaksanakan program akademik pada tingkat jurusan/ program studi yang meliputi hal-hal sebagai berikut:
- Peningkatan mutu akademik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi), dan kerja sama pada tingkat program studi;
- Menyusun rencana dan program kerja prodi sebagai pedoman kerja sesuai dengan visi, misi, dan tujuan yang telah disepakati;
- Menyusun dan membuat konsep pengembangan prodi sebagai bahan masukan yang disampaikan kepada Ketua Jurusan: pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) melalui studi lanjut, studi banding ke perguruan tinggi lain, baik nasional maupun internasional, pelatihan staf Dosen dan laboran melalui workshop, pelatihan staf administrasi, dan pelatihan soft skills mahasiswa);
- Pembinaan kemahasiswaan, kehidupan beragama, sosial budaya, dan komunikasi pada tingkat prodi;
- Perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi perkuliahan pada tingkat prodi;
- Mengevaluasi BKD (Beban Kerja Dosen) setiap semester;
- Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan untuk meningkatkan mutu program studi;
- Melaksanakan koordinasi pengumpulan soal evaluasi (baik UTS maupun UAS dan pelaksanaannya);
- Mengusulkan dan melaporkan kinerja Dosen PA (Pembimbing Akademik) kepada Ketua Jurusan;
- Menyusun RKAT (Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan) sesuai dengan tata-aturan dari universitas;
- Menjembatani dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
- Menyusun evaluasi pelaksanaan kegiatan prodi sebagai pertanggungjawaban hasil yang telah dicapai.
Bidang Garapan Prodi
Bidang garapan yang dikembangkan pada Prodi Sosiologi terdiri atas empat bidang garapan dengan arahan seorang penanggungjawab sebagai berikut:
- Bidang Akademik dan
- Bidang Laboratorium dan
- Bidang Kemahasiswaan
- Bidang Penjamin Mutu
Tugas pokok dari masing-masing bidang garapan yang ada pada Prodi Sosiologi dapat dirinci sebagai berikut:
- BidangAkademik
- Menyusun Naskah akademik untuk perbaikan kurikulum prodi
- Membuat pedoman SOP di bidang akademik
- Merencakanan pengembangan media Pembelajaran Prodi
- BidangLaboratorium
- Menginventarisir, merawat, dan menjaga alat dan perlengkapan Laboratorium, menyusun program/rencana dan mengkoordinasikan kegiatan laboratorium bekerjasama dengan instansi terkait;
- Mengkoordinir penerbitan Jurnal secara berkala;
- Membuat peraturan penggunaan alat laboratorium melalui SOP (Standards of Operational Procedures);
- Mengajukan usulan pengadaan peralatan laboratorium untuk diintegrasikan ke dalam laboratorium ICT (Information and Communication Technology) perpustakaan;
- Merancang penyelenggaraan workshop berbasis ICT.
- BidangKemahasiswaan dan Alumni
- Mengkoordinir kegiatan mahasiswa dalam mengikuti berbagai kegiatan dan perlombaan baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional;
- Mengkoordinir dan menyeleksi Penerimaan Beasiswa PPA di tingkat prodi
- Mengadakan kemitraan dengan instansi internal maupun eksternal terutama dalam pelaksanaan mata kuliah lapangan;
- Merancang pendanaan untuk penyelenggaraan pelatihan keterampilan mahasiswa menjelang penerjunan alumni ke masyarakat untuk pengabdian ilmu;
- melakukan Tracer Study.