Info

Melakukan Kolaborasi Memperkuat Tridarma, Antara Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNJ dan UiTM

Sosiologi (28 Juli 2023) – Berdasarkan MoU yang ditandatangani pada tahun 2021, pertemuan ini diadakan untuk membahas lebih lanjut kolaborasi yang dilakukan antara UiTM dan UNJ, khususnya Fakultas Ilmu Sosial. Dr. Siti Hafsah Zulkarnain dari UiTM berkesempatan hadir di Ruang Rapat 212 Fakultas Ilmu Sosial UNJ untuk menjalin Kerjasama antar FIS dan UiTM yang selanjutnya akan didokumentasikan dalam MoA. Melalui pertemuan Jumat, 28 Juli 2023, Dr. Siti Hafsah Zulkarnain dari UiTM berdiskusi Bersama Dr. Iwan Sugihartono, Dr Mutia Delima, Dr. Kurniawati, Prof Dr. Sarkadi, Dr. Abdul Haris F, M.Si, Dr. Aris Munandar, Meila Riski M.A dan dosen-dosen Prodi Sosiologi untuk merumuskan aspek Kerjasama yang kemudian akan disepakati kedua belah pihak melalui pembuatan MoA.

Setelah hampir 3 jam berdiskusi untuk menimbang kebutuhan mahasiswa serta kampus dan menangkap kesempatan yang ada, akhirnya disepakati bahwa terdapat 5 agenda kolaborasi yang akan dilakukan, diantaranya (1) menjadi Guest Lecture atau dosen tamu yang akan diselenggarakan pada Semester 119 dalam mata kuliah perencanaan sosial dan perkotaan atau konflik sosial dan pertanahan, (2) menjalin mitra bestari dengan menjadi dosen reviewer pada jurnal Prodi Sosiologi, (3) melakukan riset kolaborasi dosen dengan sistem sharing budget, (4) pengabdian masyarakat untuk mempelajari budaya dari Negara Malaysia dan atau Indonesia, serta (5) mengadakan conference international atau summer course.

Kelima agenda ini disusun dan disetujui oleh kedua belah pihak agar kolaborasi ini dapat berdampak pada riset, pengabdian, kegiatan kemahasiswaan dan sekaligus memperkuat hubungan antara Indonesia dan Malaysia, tutur Dr. Abdul Haris. F, M.Si. Selain itu Dr. Iwan menambahkan peluang ini harus dimanfaatkan saat ini dan tahun-tahun berikutnya (berkelanjutan). Di akhir kegiatan, sebagai penutup Prof Dr. Sarkadi selaku Dekan FIS, UNJ menyambut dengan senang dan sekaligus berharap bahwa Kerjasama ini dapat terus terjalin dan dikembangkan dengan prodi-prodi lain dalam FIS, sehingga melalui kolaborasi internasional ini dapat meningkatkan akreditasi dan kualitas dari FIS, UNJ.