Publikasi

MAKRAB

MALAM KEAKRABAN

PRODI SOSIOLOGI DAN PENDIDIKAN SOSIOLOGI

 

 Pada hari Jum’at, 09 Desember 2022 Malam keakraban prodi sosiologi dan pendidikan sosiologi kembali di lakukan setelah 2 tahun vakum karena adanya pandemi virus corona. Makrab tahun ini dilaksanakan di Villa Villa Bukit Zaitun – Puncak, Bogor.

 Malam Keakraban (Makrab) merupakan rangkaian akhir kegiatan kaderisasi mahasiswa baru Prodi Sosiologi dan Pendidikan Sosiologi yang diadakan untuk mengenal lebih dalam mengenai Sosiologi Satu secara terstuktur dan lebih mendalam, serta mencetak generasi yang memiliki pengetahuan mengenai sejarah dan kultur dari program studinya sendiri. Selain itu, malam keakraban ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar semua pihak, baik mahasiswa baru, panitia, senior, dan dosen Sosiologi Satu.

Malam keakraban tahun ini mengusung tema “Fantastic” yaitu Family Fun with Sociology to Build Interactive and Solidarity. Salah satu materi yang akan disampaikan adalah Sharing Dosen yang akan disampaikan oleh dosen Sosiologi Satu Universitas Negeri Jakarta. Di sini diharapkan peserta memahami dengan baik jurusannya dan menanamkan rasa cinta yang lebih mendalam untuk Prodi Sosiologi dan Pendidikan Sosiologi.

 Adapun kegiatan ini bertujuan untuk:

1.  Membangun tali silaturahmi antara dosen sosiologi satu dengan mahasiswa baru angkatan 2022.

2.     Memberikan gambaran dunia perkuliahan dalam bidang akademik di kampus Universitas Negeri Jakarta khususnya di prodi Sosiologi dan Pendidikan Sosiologi

3.  Memberikan motivasi dan inspirasi kepada mahasiswa baru agar semangat dalam menjalani kegiatan perkuliahan di program studi Sosiologi dan Pendidikan Sosiologi

 

Dalam kegiatan makrab ini, memperkenalkan program studi Sosiologi dan Pendidikan Sosiologi dan struktur kelembagaanya kepada mahasiswa baru angkatan 2022, yang antara lain :

a.      Menjelaskan mata kuliah yang ada di program studi Sosiologi dan Pendidikan Sosiologi

b.      Menjelaskan perbedaan antara program studi Sosiologi dan Pendidikan Sosiologi

c. Tips and trik untuk belajar dan memahami sosiologi dengan mudah serta memberikan motivasi dan inspirasi dalam kegiatan perkuliahan

Dalam kegiatan makrab ini, di hadiri juga oleh para alumni kedua program study. Banyak hal yang disampaikan dan sharing pengalaman dari para alumni. Magrab ini dimanfaatkan juga untuk saling bertukar fikiran antara prodi dengan para alumni. Banyak hal yang disampaikan oleh para alumni yang menjadikan oasis tersendiri bagi prodi untuk memperbaiki manajemen pendidikan terutama untuk perbaikan kurikulum, pemagangan dan jaringan antar para alumni.

Kedepan kegitan-kegiatan semacam ini insyaallah akan selalu diadakan, karena berdampak positif baik bagi mahasiswa baru guna menambah motivasi study, untuk prodi dalam perbaikan kurikulum dan mendekatkan prodi dengan dunia kerja maupun kepada para alumni saling besilaturahmi, membentuk jaringan dan pengabdian kepada prodi.