Pedoman Skripsi

SOP:

  1. Pendaftaran SPS
  2. Format Pengajuan Judul dan Penetapan Bimbingan Skripsi
  3. Pengajuan Judul dan Penetapan Pembimbing Skripsi
  4. Seminar Proposal Skripsi

File Pedoman:

  1. Cover
  2. Penulisan Abstrak
  3. Lembar Pengesahan
  4. Penulisan Motto dan Persembahan
  5. Kata Pengantar
  6. Daftar Isi
  7. Tabel Grafik dan Lampiran
  8. Daftar Pustaka
  9. Riwayat Hidup
  10. Persetujuan untuk Sidang Skripsi
  11. Catatan Kaki
  12. Penjelasan Format Skripsi
  13. Format Skripsi Kualitatif
  14. Format Skripsi Kuantitatif
  15. Pedoman Penulisan Skripsi (FULL)

Penjelasan Format Hasil Penelitian Kualitatif

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Berisi deskripsi latar belakang masalah penelitian yang diteliti serta argumentasi dan asumsi yang mendukung masalah tersebut layak untuk diteliti.

B. Masalah Penelitian

Berisi deskripsi mengenai masalah yang muncul pada wilayah atau objek tertentu, bukan menguraikan permasalahan secara umum yang berlaku di seluruh tempat.

C. Fokus Penelitian

Berisi deskripsi mengenai fokus penelitian yang dikaji, contoh bila judul penelitian tentang “Kenakalan Remaja”, maka masalah penelitian harus difokuskan pada aspek tertentu apakah pergaulan bebasnya, minuman keras dan sebagainya.

D. Tujuan dan Kegunaan Penelitian

Tujuan biasanya berkenaan dengan upaya untuk mengumpullcan data empiris yang berkaitan dengan penelitian. Kegunaan pada umumnya terdiri dari: (1) kegunaan teoretis, yaitu kegunaan untuk mengembangkan pengetahuan atau wawasan ilmiah, dan (2) kegunaan praktis, yaitu setidaknya diharapkan dapat menyelesaikan masalah di daerah penelitian.

E. Kerangka Konseptual

Berisi serangkaian konsep atau teori yang diasumsikan dapat mendukung penelitian. Konsep atau teori yang dikembangkan tidak dimaksudkan untuk diuji sebagaimana penelitian kuantitatif, melainkan sebagai pisau analisis dalam mengkaji fenomena yang diteliti.

1. Definisi Konseptual

2. Hubungan antar konsep (jika ada)

BAB II

METODOLOGI PENELITIAN

1. Deskripsi Lokasi Peneitian

Berisi deskripsi mengenai letak dimana penelitian berlangsung berdasarkan aspek geografisnya.

2. Sumber Data

Berisi deskripsi dari mana data dikumpulkan termasuk bagaimana teknik penentuan informan, yang terdiri atas informan kunci dan inti. Informan kunci adalah informan pembuka dalam mempermudah proses pencarian data selanjutnya seperti seorang Lurah dan Koordinator Adat, sedangkan informan inti adalah informan yang ditunjuk oleh informan kunci dan dianggap mengetahui berbagai permasalahan yang diteliti.

3. Teknik Pengumpulan Data

Berisi deskripsi mengenai bagaimana teknik yang dipergunakan dalam proses pengumpulan data, yaitu pengamatan, pengamatan berperan serta.

4. Teknik Kalibrasi Keabsahan Data

Berisi deskripsi tentang perbandingan keabsahan data dari informan-infolman yang mengetahui permasalahan secara empiris, peneliti yang memiliki pengetahuan dan konsep yang luas tentang masalah yang diteliti, atau dengan peneliti lain yang pernah mengkaji penelitian serupa.

5. Teknik Analisis Data

Berisi deskripsi mengenai teknik analisis data kualitatif yang berdasarkan pada pola-pola kejadian dan waktu tertentu yang terbentuk dalam proses pengumpulan data.

BAB III

HASIL TEMUAN DAN PEMBAHASAN

Sub bab disesuaikan dengan kebutuhan penyajian data yang secara substantif berisi: (1) deskripsi hasil temuan yang diorganisir berdasarkan permasalahan penelitian, (2) deskripsi hasil analisis data, (3) eksplanasi keterkaitan konsep atau teori yang dikembangkan dan (4) pembahasan hasil penelitian.

BAB IV

KESIMPULAN

DAFTAR PUSTAKA