Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNJ Tahun 2023

ByGPjM FIS

Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNJ Tahun 2023

Jakarta, 3 April 2023 – Fakultas Ilmu Sosial UNJ kembali menerima asesor dalam rangka asesmen lapangan akreditasi Program Studi Sosiologi. Asesmen lapangan yang berlangsung selama dua hari yakni pada hari Senin, 3 April 2023 dan Selasa, 4 April 2023 diselenggarakan di Ruang 212 FIS UNJ.

Kegiatan asesmen lapangan bertujuan untuk mengkonfirmasi data dan informasi yang diajukan program studi sebagai dasar dalam penilaian kriteria akreditasi program studi serta untuk menjamin proses akreditasi yang independen, akurat, objektif, transparan, akuntabel, ketidakberpihakan, kredibel, menyeluruh, efektif, dan efisien.

Kegiatan asesmen lapangan  dihadiri oleh Dekan FIS, Prof. Dr. Sarkadi, M.Si, Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yaitu Prof. Dr. Nunung Nurwati, M.Si dan Dr. Tyas Retno Wulan S.Sos., M.Si., Wakil Dekan I, Firdaus Wajdi, Ph.D., Wakil Dekan II, Dr. Aris Munandar, M.Si., Wakil Dekan III, Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si., Koordinator Program Studi Sosiologi, Abdul Rahman Hamid, M.H., Ketua dan Sekretaris GPJM FIS, Dosen program studi, Tenaga Kependidikan serta perwakilan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Dekan FIS, Prof. Dr. Sarkadi, M.Si. mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim Asesor ke Fakultas Ilmu Sosial UNJ dan mengharapkan masukan dari Tim Asesor apabila terdapat hal yang perlu diperbaiki pada Program Studi Sosiologi. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim yang sudah menyiapkan dokumen serta seluruh elemen mulai dari dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan, sehingga asesmen lapangan ini dapat dilaksanakan. Beliau berharap melalui kegiatan asesmen lapangan ini, program studi Sosiologi bisa meraih predikat unggul dan membanggakan Fakultas Ilmu Sosial.

Tim Asesor selanjutnya melakukan wawancara guna mengkaji secara mendalam terkait ciri khusus, visi dan misi program studi, standar bidang akademik, standar bidang umum dan keuangan, dan standar bidang kemahasiswaan. Program studi Sosiologi FIS UNJ memiliki ciri khusus yaitu berorientasi pada pembangunan sosial, dengan cara melakukan kontribusi positif dalam pengembangan pembangunan sosial di masyarakat.

Berikutnya, Tim Asesor memberikan arahan dan rekomendasi untuk pemberkasan hasil verifikasi, serta memberikan feedback dan berita acara dari seluruh rangkaian kegiatan asesmen lapangan yang telah berlangsung selama dua hari ini.

Penulis: CKEP

Editor: WPS

Tim FIS Media Center

Sumber

About the author

GPjM FIS administrator

Leave a Reply