Benchmarking di Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya

ByGPjM FIS

Benchmarking di Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya

Malang, Jawa Timur – Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kembali menunjukkan komitmennya dalam mengambil langkah strategis untuk meningkatkan mutu dan reputasi institusi. Pada Kamis, 3 Agustus 2023, FIS UNJ melaksanakan kegiatan external benchmarking yang bertujuan untuk belajar dari best practices yang telah diimplementasikan di Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Brawijaya (UB).

Rombongan delegasi FIS UNJ yang dipimpin oleh Prof. Dr. Sarkadi, M.Si selaku Dekan FIS UNJ, berangkat ke UM dan UB guna mendapatkan wawasan mendalam terkait integrasi sistem informasi yang berperan penting dalam menjamin mutu layanan pendidikan serta mendukung proses internasionalisasi institusi. Selain Dekan, rombongan juga terdiri dari Wakil Dekan I, Firdaus Wajdi, M.A., Ph.D, Wakil Dekan II, Dr. Aris Munandar, M.Si., Wakil Dekan III, Dr. Abdul Haris Fatgehipon, S.Pd., M.Si., Ketua GPjM, Fauzi Abdillah, M.Pd., Sekretaris GPjM, Suci Nurpratiwi, M.Pd., dan Koordinator Layanan di lingkungan FIS UNJ yaitu Drs. Sutrisno dan Yayuk Fajarwati, S.E.

Prof. Sarkadi menyatakan, “Dalam upaya menuju status Universitas Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), kami di UNJ sadar akan pentingnya mempelajari pengalaman dan langkah-langkah sukses yang telah ditempuh oleh institusi lain, seperti UM dan UB. Kegiatan external benchmarking ini memberikan peluang bagi kami untuk mengoptimalkan integrasi sistem informasi guna mendukung peningkatan mutu pendidikan dan mencapai visi kami menjadi Universitas Bereputasi di Asia.”

Selama kegiatan, delegasi FIS UNJ banyak membahas tentang langkah-langkah konkret yang dapat diambil untuk mengintegrasikan sistem informasi guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mengelola aspek akademik dan administratif. Diskusi juga berfokus pada bagaimana best practices tersebut dapat diadaptasi dan diimplementasikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan UNJ.

Rencananya, hasil dari external benchmarking ini akan menjadi dasar bagi FIS UNJ dalam merumuskan strategi peningkatan mutu pendidikan dan mendukung langkah-langkah menuju status Universitas PTN-BH. Dengan semangat yang baru ditemukan dari pengalaman berharga ini, FIS UNJ percaya bahwa langkah-langkah progresif akan segera mengubah wajah universitas dan membawanya menuju puncak reputasi di tingkat regional dan internasional

FA

Editor : WPS

Tim FIS Media Center

About the author

GPjM FIS administrator

Leave a Reply