Penutupan Audit Mutu Internal (AMI) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta

ByGPjM FIS

Penutupan Audit Mutu Internal (AMI) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta

Jakarta, 07/11/2022. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan Pekan Audit Mutu Internal (AMI) Tahun 2022, pada 2-3 November 2022.  Program ini dilaksanakan sebagai evaluasi secara internal dalam ruang lingkup Fakultas Ilmu Sosial dengan tujuan untuk meningkatkan mutu di Fakultas Ilmu Sosial. Sebanyak 13 program studi telah mengikuti rangkaian Audit Mutu Internal (AMI) yang dilaksanakan secara luring yaitu di ruang koordinator program studi masing-masing,

Acara penutupan Audit Mutu Internal (AMI) yang berlangsung pada 3 November 2022 dihadiri oleh Prof. Dr. Sarkadi, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Firdaus Wajdi, M.A., Ph.D. selaku Wakil Dekan I, Dr. Aris Munandar, M.Si. selaku Wakil Dekan II, Dr. Abdul Haris Fatgehipon, S.Pd., M.Si. selaku Wakil Dekan III, Koordinator dari setiap program studi di Fakultas Ilmu Sosial, Fauzi Abdillah, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua GPjM, Sekretaris GPjM, TPjM dari setiap program studi di Fakultas Ilmu Sosial, Koordinator Layanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Koordinator Layanan Administrasi Umum, Aam Amaningsih Jumhur, Ph.D. selaku Lead Auditor, Team Auditor SPMI, Pengadministrasi Umum,  serta perwakilan mahasiswa dari Duta FIS dan FIS Media Center.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Duti Fakultas Ilmu Sosial, Grace Ester sebagai Master of ceremony. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian laporan kegiatan pekan Audit Mutu Internal (AMI) yang disampaikan oleh Firdaus Wajdi, Ph.D. Acara dilanjut dengan pemaparan hasil temuan audit dari tim auditor Universitas Negeri Jakarta, oleh Aam Amaningsih Jumhur, Ph.D. Beliau memberikan apresiasi kepada pimpinan Fakultas Ilmu Sosial karena rangkaian Audit Mutu Internal (AMI) bisa terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil temuan, banyak hal yang menjadi sebuah potensial bagi Fakultas Ilmu Sosial dengan beberapa program kerja yang strategis.

Beliau mengatakan bahwa Fakultas Ilmu Sosial dan program studi telah memiliki kesamaan visi dan misi. Visi dari Fakultas Ilmu Sosial kedepannya adalah menjadi fakultas yang luar biasa, itu merupakan hal yang sangat sinergis, dan jika ada hal yang belum runut bisa dijadikan sebagai program kerja pada tahun mendatang. Adapun pihak auditor berharap adanya landasan penyusunan program kerja tahun 2023 yang berbasis kepada rencana tindakan koreksi sehingga terjadi korelasi antara apa yang menjadi visi besar dari Fakultas Ilmu Sosial dan visi besar dari program studi dengan akreditasi.

Terdapat uraian laporan ketidaksesuaian yang ditemukan oleh tim auditor terhadap 13 program studi di Fakultas Ilmu Sosial. Beberapa hal yang krusial ini akan dapat diselesaikan dengan program kerja yang terintegrasi dan perlu ada intervensi dari pihak pimpinan.

Acara dilanjut dengan dialog antara tim auditor, Aam Amaningsih Jumhur, Ph.D dengan para undangan. Sesi ini memberikan kesempatan kepada para hadirin untuk bertanya, memberikan respons, dan menggali lebih dalam terkait hasil Audit Mutu Internal (AMI). Sesi ditutup dengan pemberian saran dari pihak auditor untuk Fakultas Ilmu Sosial.

Penyampaian closing statement oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Sarkadi, M.Si., menjadi penutup pada acara hari ini sekaligus menutup pekan Audit Mutu Internal (AMI) pada Tahun 2022. Beliau mengatakan, terkait hal-hal yang masih kurang harus diperbaiki dan diatur strategi dengan saran-saran yang telah diberikan oleh pihak auditor, dengan harapan saran tersebut dapat memberikan pemahaman yang baik. Prof. Dr. Sarkadi, M.Si. mewakili seluruh pimpinan Fakultas Ilmu Sosial mengucapkan terima kasih kepada pihak auditor Universitas Negeri Jakarta yang telah melakukan audit kepada 13 program studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pemicu untuk menghasilkan yang terbaik agar kedepannya Fakultas Ilmu Sosial bisa lebih unggul. Acara terakhir yaitu sesi foto bersama.

About the author

GPjM FIS administrator