Fakultas Ilmu Sosial UNJ melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Tahun 2022

ByGPjM FIS

Fakultas Ilmu Sosial UNJ melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Tahun 2022

Jakarta, Kamis, 10 November 2022.  Dalam rangka menindaklanjuti hasil Audit Mutu Internal (AMI) 2022, FIS UNJ mengadakan agenda Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). Kegiatan ini merupakan bagian tak terpisahkan dari rangkaian proses penjaminan mutu internal setelah terlaksananya audit di tingkat program studi. 

Kegiatan AMI yang telah dilaksanakan mulai tanggal 2-3 November 2022 ini, menghasilkan laporan atas temuan audit di seluruh program studi di lingkungan FIS UNJ. Para auditor yang bertugas pimpinan Ibu Aam Amaningsih Jumhur, Ph.D. selaku Lead Auditor AMI FIS 2022 telah mengirimkan temuan yang kemudian ditindaklanjuti melalui Permintaan Tindakan Koreksi (PTK) kepada prodi sebagai auditee. Dokumen PTK tersebut kemudian menghasilkan tindakan yang dirancang tidak hanya untuk diselesaikan di tingkat prodi, namun juga menghasilkan tindakan yang perlu ditindaklanjuti di tingkat fakultas selaku Unit Pengelola Program Studi (UPPS). Temuan-temuan inilah yang kemudian dibahas dalam RTM kali ini.

Kegiatan RTM ini dibuka oleh Wakil Dekan I, Bapak Firdaus Wajdi, PhD. yang memberikan laporan pelaksanaan AMI kepada Dekan FIS UNJ. Dalam acara ini, turut dihadiri juga oleh Dekan, para Wakil Dekan, Kooprodi jenjang Sarjana, Kooprodi jenjang Magister, Kooprodi jenjang Sarjana Terapan, Ketua dan Sekretaris GPjM, para TPjM Prodi, dan Koordinator Layanan FIS UNJ.

Bapak Prof. Dr. Sarkadi, M.Si. selaku Dekan FIS UNJ mengapresiasi partisipasi aktif program studi di FIS dalam kegiatan AMI tahun 2022 ini. Partisipasi yang esensial ini disebut sebagai upaya fakultas untuk menyuburkan praktik budaya mutu di seluruh unit di FIS. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan bahwa pelaksanaan RTM ini merupakan perwujudan semangat pimpinan dalam meningkatkan kualitas tata kelola. “Fakultas mengadakan RTM ini, agar tata kelola fakultas mengalami peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Selain itu, pelaksanaan RTM sedini mungkin ini pun dilaksanakan agar temuan-temuan yang dihasilkan dari proses AMI dapat kita tindaklanjuti dengan segera”, tukasnya.

Agenda dilanjutkan dengan pemaparan hasil temuan AMI dan Rencana Tindak Lanjut dari masing-masing prodi. Para Koorprodi dan TPjM dari seluruh prodi di FIS berpartisipasi aktif dalam penyampaian dan diskusi tersebut. Hasil rencana yang muncul, kemudian didiskusikan oleh seluruh peserta rapat. Terlihat pimpinan Fakultas memberikan arahan-arahan, kerangka kebijakan, serta harapan untuk menanggulangi temuan yang ada.

Acara ini ditutup setelah seluruh prodi memaparkan rencana tindaklanjutnya. Di akhir acara, pimpinan fakultas meminta tim Gugus Penjaminan Mutu yang dipimpin oleh Bapak Fauzi Abdillah, M.Pd. selaku ketua dan Ibu Suci Nurpratiwi, M.Pd. seaku sekretaris menindaklanjuti pelaporan dan memfinalisasinya untuk disampaikan pada RTM di tingkat universitas. Dalam closing statemennya, Dekan FIS menyampaikan harapan agar terjadi peningkatan kualitas pelayanan dan giatnya budaya mutu di Fakultas Ilmu Sosial UNJ. Sehingga, visi misi Fakultas Ilmu Sosial selaku UPPS dapat terwujud dengan sukses secara bergotong royong.

About the author

GPjM FIS administrator