Deskripsi Mata Kuliah Prodi S1 Ilmu Komunikasi UNJ

Creative Thinking (2 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester satu. Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan untuk memiliki kompetensi creative thingking. Pada awal perkuliahan mereka diberikan teori mengenai creative thingking, lalu kemudian diberikan proyek untuk mengejakan tugas kelompok berbekal teori yang sudah dipelajari.

Integrated Communication Technology (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester satu. Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan untuk memiliki kompetensi dalam bidang ICT. Mereka menguasai teknologi dalam aplikasi komputer dan media baru yang berhubungan dengan komunikasi bisnis media digital saat ini.

Pengantar Ilmu Komunikasi (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester satu. Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan untuk memiliki kompetensi kognitif mengenai keilmuan dasar dalam teori ilmu komunikasi. Selain itu diperkenalkan juga sejarah mengenai ilmu komunikasi dan perkembangan terkini dari ilmu komunikasi.

Pengantar Periklanan (2 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester satu. Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan untuk memiliki kompetensi kognitif mengenai keilmuan dasar dalam teori periklanan. Selain itu diperkenalkan juga sejarah mengenai industri bisnis periklanan dan perkembangan terkini dari industri bisnis periklanan.

Pengantar Public Relations (2 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester satu. Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan untuk memiliki kompetensi kognitif mengenai keilmuan dasar dalam teori public relations. Selain itu diperkenalkan juga sejarah mengenai industri bisnis public relations dan perkembangan terkini dari industri bisnis public relations.

Pengantar Komunikasi Massa (2 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester satu. Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan untuk memiliki kompetensi kognitif mengenai keilmuan dasar dalam teori komunikasi massa. Selain itu diperkenalkan juga sejarah mengenai industri bisnis komuniksi massa dan perkembangan terkini dari industri bisnis komunikasi massa.

Filsafat Komunikasi (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester satu. Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan untuk memiliki kompetensi kognitif mengenai keilmuan dasar dalam teori Filsafat komunikasi. Selain itu diperkenalkan juga sejarah mengenai filsafat komunikasi dan perkembangan terkini dari filsafat komunikasi

Pend. Agama (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester satu. Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan untuk mengaplikasikan teori dan praktik dari agama yang dianut. Selain itu diperkenalkan juga sejarah mengenai kemajuan dan kemunduran dalam sejarah peradaban agama yang dianut.

Coding dan Big Data (2 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester satu. Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan untuk memiliki kompetensi kognitif mengenai keilmuan dasar dalam teori coding dan big data. Selain itu diperkenalkan juga sejarah mengenai industri bisnis coding dan big data, serta perkembangan terkini dari industri bisnis coding dan big data.

Statistik Komunikasi (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester dua. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi melakukan perhitungan dengan statistik yang berhubungan dengan kegiatan komunikasi bisnis.

Media Baru (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester dua. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi melakukan proyek berdasarkan konsep kreatif thinking yang menggunakan media baru. Diharapkan dari mata kuliah ini mahasiswa bisa memiliki kompetensi sebagai entrepreneur, konsultan public relations, sekaligus peneliti dan komunikator komunikasi yang memberikan pengabdian kepada masyarakat.

Teori Komunikasi (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester dua. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori komunikasi dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan teori komunikasi.

Komunikasi Lintas Budaya (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester dua. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi melakukan proyek berdasarkan teori komunikasi lintas budaya. Diharapkan dari mata kuliah ini mahasiswa bisa memiliki kompetensi entrepreneur, konsultan public relations, sekaligus peneliti dan komunikator komunikasi yang memberikan pengabdian kepada masyarakat.

Komunikasi Antar Pribadi (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester dua. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori komunikasi antar pribadi dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan teori komunikasi antar pribadi.

Psikologi Komunikasi (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester dua. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori psikologi komunikasi dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan teori psikologi komunikasi.

Bahasa Indonesia (2 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester dua. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang dapat mengaplikasikan bahasa Indonesia ke dalam karya tulis mahasiswa, yang diwujudkan dalam bentuk proposal kreativitas mahasiswa kemenristekbrin.

Bahasa Inggris (2 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester dua. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mengaplikasikan bahasa Inggris ke dalam penulisan naskah untuk keperluan komunikasi bisnis.

Pancasila (2 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester dua. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang dapat mengaplikasikan nilai-nilai pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari.

Ekonomi Politik Media (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester tiga. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori ekonomi politik media dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan teori ekonomi politik media.

Manajemen Media Massa (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester tiga. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori manajemen media massa dan mampu melakukan proyek yang menggunakan teori manajemen media massa.

Brand Management (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester tiga. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori brand management dan mampu melakukan proyek yang menggunakan teori brand management.

Komunikasi Organisasi (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester tiga. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori komunikasi organisasi dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan teori komunikasi organisasi.

Metodologi Penelitian Komunikasi I/ Kuantitatif (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester tiga. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai metodologi penelitian dalam bidang ilmu komunikasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan metologi kuantitatif.

Komunikasi Politik (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester tiga. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori komunikasi politik dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan teori komunikasi politik.

Integrated Marketing Communications (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester tiga. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori integrated marketing communications (IMC) dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan teori IMC.

Kewarganegaraan (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester tiga. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang dapat mengaplikasikan nilai-nilai kewarganegaraan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Creative Iklan (3 SKS)

Mata Kuliah pilihan yang ada di semester empat. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori creative iklan dan mampu melakukan proyek pembelajaran yang menggunakan teori creative iklan.

Produksi Program TV News (3 SKS)

Mata Kuliah pilihan yang ada di semester empat. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori produksi program TV news dan mampu melakukan proyek pembelajaran yang memproduksi program TV news

Jurnalistik TV (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester empat. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori jurnalistik TV dan mampu melakukan proyek pembelajaran yang memproduksi karya jurnalistik TV

Videography (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester empat. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori videography dan mampu melakukan proyek pembelajaran yang memproduksi videography

Radio Journalism (3 SKS)

Mata Kuliah pilihan yang ada di semester empat. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori radio journalism dan mampu melakukan proyek pembelajaran yang memproduksi karya radio journalism

Metodologi Penelitian Komunikasi II/ Kualitatif (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester empat. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai metodologi penelitian dalam bidang ilmu komunikasi yang menggunakan pendekatan kualitatif, dan mahasiswa mampu melakukan riset awal yang menggunakan metodologi kualitatif.

Public Speaking (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester empat. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori public speaking dan mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan public speaking

Teori Kritis (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester empat. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori kritis dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan teori kritis.

Komunikasi Bisnis (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester empat. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori komunikasi bisnis dan mampu melakukan proyek pembelajaran yang dalam bentuk membuat proposal bisnis

Enterpreneurship (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester lima. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori enterpreneurship dan mampu melakukan proyek pembelajaran yang dalam bentuk membuat usaha entrepreneurship berbasis online shop

Etnopgraphy Public Relations (3 SKS)

Mata Kuliah pilihan yang ada di semester lima. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori etnography public relations dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan teori etnography public relations.

Manajemen Humas (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester lima. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori manajemen humas dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan teori manajemen humas.

Penulisan Naskah Kehumasan (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester lima. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori dalam penulisan naskah kehumsan dan mampu menulis naskah kehumasan

Event Organizing (3 SKS)

Mata Kuliah pilihan yang ada di semester lima. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori event organizing dan mampu melakukan proyek pembelajaran membuat event organizing

Kampanye Public Relations (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester lima. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori kampanye public relations dan mampu melakukan proyek pembelajaran membuat kampanye public relations.

Profesional Image (3 SKS)

Mata Kuliah pilihan yang ada di semester lima. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori professional image dan mampu melakukan proyek pembelajaran membuat event terkait professional image

Manajemen Krisis (3 SKS)

Mata Kuliah pilihan yang ada di semester lima. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori manajemen krisis dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan teori manajemen krisis.

Produksi Iklan (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester lima. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori produksi iklan dan mampu melakukan proyek pembelajaran membuat produksi iklan baik di medi cetak, elektronik atau online

Copy Writing (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester lima. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori copy writing dan mampu melakukan proyek pembelajaran membuat copy writing

Etika Komunikasi (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester lima. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori etika komunikasi dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari

Lobi dan negosiasi (3 SKS)

Mata Kuliah pilihan yang ada di semester enam. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori lobi dan negosiasi dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan teori lobi dan negosiasi.

Desain Komunikasi Visual (3 SKS)

Mata Kuliah pilihan yang ada di semester enam. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori desain komunikasi visual dan mampu melakukan proyek pembelajaran riset awal yang membuat desain komunikasi visul untuk kegiatan komunikasi bisnis di media baru.

Metode Penelitian Komunikasi Terapan (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester enam. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai metodologi penelitian komunikasi terapan dan mampu melakukan riset awal menggunakan metodologi penelitian komunikasi terapan

Advertising Mangement (3 SKS)

Mata Kuliah pilihan yang ada di semester enam. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori advertising management dan mampu melakukan riset awal yang menggunakan teori advertising manajemen.

Komunikasi Internasional (2 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester enam. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori komunikasi internasional dan mampu melakukan proyek pembelajaran membuat proposal kerjasama dengan lembaga internasional

Bisnis Media (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester enam. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori bisnis komunikasi dan mampu melakukan proyek pembelajaran membuat proposal bisnis media

Ilmu Alamiah Dasar (3 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester enam. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki kompetensi kognitif yang mendalam mengenai teori ilmu alamiah dasar.

Praktek Kerja Lapangan (4 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester tujuah. Pada mata kuliah ini mahasiswa melakukan praktek kerja lapangan di tempat yang sudah di pilih sendiri oleh mahasiswa.

Skripsi (6 SKS)

Mata Kuliah wajib yang ada di semester tujuah. Pada mata kuliah ini mahasiswa melakukan penyusunan skripsi yang temanya sudah di pilih sendiri oleh mahasiswa dan disesuaikan denga kepakaran dari dosen pembimbing.

Leave a Reply