Final Project Mata Kuliah Copywriting: Webinar Creative Copywriting Dan Pemberian Penghargaan Kepada Kelompok Terbaik Versi Juri

test
Kegiatan Berlangsung Sumber: Dokumentasi Panitia

Jakarta, 19 Juni 2021 – Mahasiswa ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta tahun angkatan 2018 melaksanakan final project mata kuliah copywriting berupa webinar dan penjurian project kelompok copywrting oleh juri pofesional. Untuk acara webinarnya, bertema Abrakadabra: Develop Your Magic Words. Webinar ini bertujuan melakukan review terhadap kegiatan copywriting yang telah dilakukan kelompok mahasiswa dan sekaligus pemaparan teori dan keterampilan kreatif mengenai copywriting.

Webinar ini diikuti oleh lebih dari 120 peserta dari berbagai mahasiswa di berbagai universitas di Indonesia. Webinar inu menghadirkan Fahri Zulfikar dari Copywriter dan SEO Writer detikcom, selaku pembicara dan  moderator, Khairunnisa Rosdiani, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNJ angkatan 2018.

Ketua Pelaksana kegiatan, Asyifa Amelia mengutarakan bahwa tujuan diadakan webinar adalah sebagai sarana untuk dapat memahami serta mempelajari bagaimana cara membuat copywriting yang baik. Acara dibuka oleh Dr. Dini Safitri, S.Sos., M.Si., CPR selaku Koordinator Program Studi Ilmu Komunikasi UNJ sekaligus donsen pengampu mata kuliah copywriting, yang dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pembicara.

 

Pemaparan Materi oleh Fahri Zulfikar Sumber: Dokumentasi Panitia

Fahri Zulfikar mengatakan bahwasanya copywriting itu harus tepat dan beralasan.

Pembuatan copywriting itu harus ada tujuannya, seperti membuat audiens tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan atau menawarkan promo. Ketika ingin menulis copywriting harus mengetahui ingin menulis apa, dan bentuk keberhasilan tulisan itu berbeda-beda. Fungsi copywriting juga berbeda-beda seperti brand identity. Tujuan dari copywriting juga salah satunya memunculkan brand awareness di khalayak.” Ujarnya

 

Presentasi dan tanya jawab dengan juri Sumber: Dokumentasi Panitia

Usai pemaparan materi, acara final prohect dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan audiens. Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi dan pemaparan hasil tugas copywriting mahasiswa ilmu komunikasi 2018 didepan para dewan juri. Adapun para juri yang melakukan penilaian yaitu: Fakhri Zulfikar (Copywriter Detikcom), Mia Rantika Cahya (Copywriter  Thecaption), Budi Santoso (Copywriter Matari Advertising), dan Clarita P. Diorisa (Copywriter Otten Coffee).

Setelah dilakukan presentasi oleh masing-masing kelompok, juri juga tak lupa memberikan komentar kepada masing-masung kelompok. Setelag itu juri mengadakan rapat di breakout room untuk memberikan penilian dan menentukan kelompok yang berhak mendapatkan penghargaan. Pada pengumuman penghargaan, ada 4 kategori penghargaan. Berikut ini adalah kategori penghargaannya beserta kelompok pemenangnya: kategori writing marketing terbaik dimenangkan oleh nyeblak.skuy, promotional materials terbaik yaitu ducktail thriftshop, sales copy terbaik yaitu barang2koee dan content writing terbaik yaitu self love room. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan penutupan oleh MC.

Leave a Reply