6 Mahasiswa Perancis Belajar Cross Cultural Communication and Understanding Di Prodi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta

Jakarta, 14 Juli 2022 – Program studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta kedatangan enam orang mahasiswa Perancis yang ingin belajar mengenai Cross Cultural Communication and Understanding. Tampil sebagai pembicara kunci adalah Kepala Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Dr. Dini Safitri, S.Sos., M.Si. C.PR.

Pembelajaran yang dilakukan enam mahasiswa Perancis tersebut dilaksanakan dalam bentuk kuliah umum dan FGD. Sebelum kuliah umum dimulai, diadakan sesi pembukaan terlebih dahulu yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Prof. Dr. Sarkadi. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Sarkadi menyambut baik terlaksananya acara ini dan berharap acara seperti ini akan terus berlangsung di Fakultas Ilmu Sosial.

Kuliah umum yang dilakukan juga berlangsung dalam suasana kekeluargaan, dimulai dengan sesi perkenalan. 6 mahasiswa Perancis menceritakan dari daerah mana di Perancis mereka berasal. Kemudian dilanjutkan dengan ice breaking dengan menjawab quiz tentang seni bangunan dan museum di Perancis.  Setelah itu, masuk ke materi utama dari pembicara kunci, Dr. Dini Safitri.

Materi Cross Cultural Communication yang dibawakan seputar pengertian apa itu cross cultural communication, tiga elemen dasar dari cross cultural communication, strategi yang efektif dalam cross cultural communication, dan ditutup dengan do’s dan don’t’s mengenai ketika berada di Jakarta.

Setelah kuliah umum, dilanjutkan dan FGD antara 6 mahasiswa Perancis dengan para dosen. Dalam FGD ini banyak hal baru yang diperbincangkan mengenai cross cultural communication and understanding. Bahkan dua diantara mahasiswa Perancis tersebut sudah berani mencoba menggunakan transportasi publik di Jakarta dan merasa senang bisa diterima baik dengan baik di UNJ. Para dosen juga merasa senang karena 6 mahasiswa Perancis tersebut juga mahasiswa yang baik dan sopan.

Leave a Reply