Program Studi S1 Ilmu komunikasi FIS UNJ , dibuka berdasarkan SK Pendirian Program Studi yaitu nomor 355/KPT/I/2017, tanggal 13/06/2017, yang ditandatangani oleh Direktur Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan DIKTI, dengan nama Program Studi S1 Ilmu komunikasi.
Visi
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNJ memiliki visi yang mengacu pada visi UNJ,
yaitu menjadi universitas berkelas dunia yang unggul dalam bidang kependidikan,
sains, teknologi dan humaniora.
Visi Keilmuan
Visi keilmuan program studi S1 Ilmu komunikasi UNJ adalah menghasilkan lulusan
Ilmu komunikasi yang unggul di bidang komunikasi bisnis.
Misi
Misi keilmuan program studi S1 Ilmu komunikasi UNJ, yaitu:
- Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana komunikasi bisnis
yang unggul dan berdaya saing internasional dalam memajukan perkembangan
intelektual dan kesejahteraan masyarakat - Menghasilkan lulusan yang dapat melaksanakan penelitian yang inovatif,
bereputasi dan berguna untuk kemaslahatan manusia - Menghasilkan lulusan yang dapat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat
yang berdampak kepada Masyarakat lokal, nasional, regional dan global - Menghasilkan lulusan yang inovatif dan unggul dalam bidang komunikasi bisnis
yang bereputasi internasional - Menghasilkan lulusan yang dapat beradaptasi dan bersinergi dengan
lingkungan secara berkelanjutan - Menghasilkan lulusan yang dapat berkerja sama dengan berbagai organisasi
nasional dan internasional sehingga berdampak pada pengembangan sumber
daya manusia
Tujuan
Tujuan Program Studi S1 Ilmu komunikasi UNJ adalah :
- Menghasilkan sarjana komunikasi bisnis yang unggul dan berdaya saing.
- Menghasilkan karya ilmiah dari penelitian dan inovasi yang berkontribusi pada
penyelesaian masalah di masyarakat. - Menghasilkan sarjana komunikasi bisnis yang berdaya untuk masyarakat
berkelanjutan. - Menghasilkan sarjana komunikasi bisnis yang mampu melaksanakan tugas di
lapangan secara praktis dan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan
teknologi
Strategi
Strategi pencapaian Visi Misi Tujuan dan Strategi di Program Studi S1 Ilmu
Komunikasi dilakukan dengan beberapa cara. Strategi yang dilakukan adalah
tersedianya sumber daya yang dialokasikan untuk mencapai visi dan membuat
mekanisme kontrol dalam pencapaiannya. Untuk itu dibuatlah Indikator Kinerja
Utama (IKU) dan indikator Kinerja Tambahan (IKT).
Dalam Indikator Kinerja Utama, UPPS FIS UNJ bersama prodi S1 Ilmu Komunikasi
telah memiliki rencana pengembangan kurikulum berbasis TIK dan target untuk
mengukur ketercapaian tujuan dari pengembangan kurikulum berbasis TIK. Adapun
targetnya adalah:
- Peninjauan Profil Lulusan Program Studi dengan merumuskan CPL yang
mengacu pada deskriptor KNNI dan mencakup 4 butir kompetensi pasal 7
Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 sebagai SN-Dikti - Penyusunan Dokumen Kurikulum Program Studi yang mencakup 4 (empat)
Komponen yaitu Outcome Based Education (OBE), Keterampilan Abad 21, Literasi
data, teknologi dan manusia, serta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM); - Pengembangan 2 (dua) bentuk pembelajaran program studi dengan model
Blended Learning, yaitu Case-Based Blended Learning dan Project-Based Blended
Learning, yang mencakup perencanaan, proses pembelajaran, penilaian, dan
evaluasi pembelajaran serta penjaminan mutu pembelajaran yang berbasis pada
Capaian Pembelajaran Lulusan program studi; - Pengembangan perangkat pembelajaran program studi untuk semua matakuliah yang mencakup perencanaan, proses pembelajaran, penilaian, dan evaluasi pembelajaran termasuk mekanisme dan prosedur konversinya, serta penjaminan mutu yang berbasis pada Capaian Pembelajaran Lulusan program studi;
- Penyusunan prosedur operasional baku bagi mahasiswa, dosen, pembimbing lapangan, dan pemonev dalam program MBKM di luar program studi selama tiga semester baik di luar program studi dalam PT dan atau pembelajaran di luar PT dalam mendukung kebijakan MBKM termasuk prosedur konversi dan pengakuan kredit;
- Pengembangan model kerja sama kurikulum antara program studi dengan beberapa pihak, di antaranya: a. Kerja sama kurikulum dengan program studi lain pada perguruan tinggi yang sama; b. Kerja sama kurikulum dengan program studi yang sama pada perguruan tinggi yang berbeda; c. Kerja sama kurikulum dengan program studi yang lain pada perguruan tinggi yang berbeda; d. Kerja sama kurikulum dengan lembaga non perguruan tinggi.
- Pengisian Dokumen Kurikulum dan Perangkat pembelajaran yang dihasilkan ke dalam Sistem Infromasi Kurikulum (SIKUR) UNJ dan RPS kedalam sso.unj.ac.id.
- Indikator Kinerja Tambahan (IKT) dalam strategi ini adalah melakukan perbaikan dan memastikan kelanjutan dari dokumen kurikulum berbasis TIK yang sudah dihasilkan.