Ilmu Komunikasi UNJ Adakan Seminar Online Bersama Katadata

Jumat, 6 November 2020 – Program Studi Ilmu Komunikasi UNJ kembali mengadakan seminar online dengan tema “Beyond Creative Brand and Design“. Seminar Online #2 ini menggunakan platform Zoom Meeting, dengan moderator Ibu Dr. E. Nugrahaeni Prananingrum, M.Si, dosen Ilmu Komunikasi UNJ.

Pembicara pertama, Nur Farida Ahniar, Engagement Editor Katadata menjelaskan cara Katadata memanfaatkan kesempatan di situasi pandemi ini untuk semakin mengembangkan Katadata di media sosial. “Melihat Indonesia berada pada urutan ketiga yang paling banyak menggnakan media sosial, Katadata berusaha memaksimalkan memberikan informasi, berita, dan data yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan visual dan desain grafis yang menarik,” ujar Nur Farida.

Pembicara kedua, Lambok E. Hutabarat, Corporate Creative Director Katadata.co.id, membahas mengenai infografik sebagai media untuk memberikan informasi yang mudah dipahami oleh pembaca. “Infografik sendiri menjadi alat yang ampuh dalam memberikan informasi karena dua fakta utama yaitu, berdasarkan data Google Trend pencarian infografik kian meningkat 800% tiap tahunnya dan tampilan visual cenderung lebih mudah diingat dan otak manusia 60.000 kali lebih cepat menangkap gambar dibanding teks,” ujar Lambok.

Lambok juga menjelaskan mengenai anatomi infografik serta pilar yang membangun infografik. Kemudian secara detail, membahas mengenai kesan, tipografi atau pemilihan huruf, dan pemilihan warna dalam membuat infografik yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Seminar online #2 ini diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi S1 Ilmu Komunikasi dari angkatan 2018-2020 dan dosen. Salah satu dosen Ilmu Komunikasi, Nada Arina mengatakan, “Materi seminarnya bagus, jadi menambah khazanah Ilmu”.

Leave a Reply