PPKN UNJ Menerima Kunjungan dari Perwakilan Masyarakat Desa Pegayaman, Bali

Jakarta – Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta menerima kedatangan tamu dari perwakilan masyarakat Desa Pegayaman, Bali pada hari jumat, 14 Januari 2022. Desa Pegayaman merupakan salah satu wilayah yang terdapat di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali yang semua penduduknya memeluk agama Islam, meskipun sebagian besar peduduk di Provisi tersebut beragama Hindu. Kedatangan perwakilan masyarakat Desa Pegayaman disambut dengan baik oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Koordinator dan para dosen Program Studi PPKN. Tujuan utama dari kedatangan perwakilan Desa pegayaman tersebut adalah dalam rangka menelusuri jejak sejarah Desa Pegayaman yang memiliki banyak versi. Sebelum tiba di Jakarta, rombongan dari Bali tersebut berkunjung ke beberapa kota yaitu ke Solo, Jawa Tengah dan Depok, Jawa Barat.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Professor Dr. Sarkadi, M.Si. menyambut dan membuka pertemuan antara Prodi PPKN dan rombongan Masyarakat Desa Pegayaman. “Pada prinsipnya, kami sangat senang menerima kedatangan tamu dari Bali, semoga dengan adanya silaturahmi ini, dapat menjalin kerjasama yang baik antara Prodi PPKN dan Masyarakat Pegayaman” menurut Dekan FIS UNJ. Setelah acara dibuka oleh Dekan FIS, selanjutnya adalah diskusi mengenai penelusuran jejak sejarah dan metode penelitian ilmiah tentang konsep dan pengetahuan yang telah diperoleh masyarakat adat tersebut. Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd. selaku Koordinator Program Studi PPKN menyampaikan bahwa untuk dapat menelusuri jejak sejarah, terdapat setidaknya tiga hal yang perlu dicari dan ditelusuri, pertama adalah tes DNA, kedua menelusuri jejak kemiripan bahasa daerah, dan yang ketiga adalah mencari kesamaan adat kebudayaan dan kesenian daerah. Ketiga hal tersebut merupakan jejak yang dapat ditelusuri ketika mencari dan memvalidasi sejarah asal usul masyarakat adat. Selain itu, setelah menemukan jejak sejarah dari beberapa responden, maka perlu dilakukan validasi dan konfirmasi terhadap expert opinion, sehingga hasil yang telah diperoleh dapat dipercaya.

Setelah pertemuan selesai, Koordinator Program Studi PPKN menyampaikan bahwa harapannya kedepan terjalin kerjasama yang baik antara PPKN FIS UNJ dengan masyarakat Desa Pegayaman Bali. Salah satu bentuk kerjasama yang mungkin dapat dilakukan adalah dengan melakukan kunjungan balik dan penelitian bersama mahasiswa PPKN.

Penyerahan kenang-kenangan antara Perwakilan Masyarakat Pegayaman dengan Prodi PPKN
Koordinator dan Dosen Program Studi PPKN
Diskusi antara Dosen Prodi PPKN dan Perwakilan Masyarakat Pegayaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *