ENAM MAHASISWA S1 ILMU KOMUNIKASI UNJ RAIH PRESTASI SEBAGAI DUTA DALAM TIGA EVENT BERBEDA

Jakarta, 17 November 2021 – Rangkaian pemilihan Duta Fakultas Ilmu Sosial 2022 Universitas Negeri Jakarta selesai dilaksanakan pada Rabu, 03 November 2021. Pada tahap Grand Final tersebut, sebanyak empat mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta berhasil terpilih menjadi Duta Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta 2022.

Empat mahasiswa Ilmu Komunikasi yang berhasil terpilih untuk menjadi Duta Fakultas Ilmu Sosial itu adalah Muhammad Teuky Lutfi dari Angkatan 2021 yang terpilih menjadi juara 1, M. Fachrendy Fiqih dan Naila Nurhaliza dari Angkatan 2021 yang terpilih menempati posisi Wakil 1 dan yang terakhir ada Muhammad Ilham Ramadhan dari Angkatan 2020 yang terpilih menjadi Duta Favorit.

Pemilihan Duta Fakultas Ilmu Sosial 2022 sendiri sudah mulai dilaksanakan sejak bulan September lalu. Terdapat 3 tahap seleksi yang diadakan sebelum para peserta mulai dapat menunjukan bakat mereka dan menjalani karantina untuk sampai ke tahap Grand Final yang diadakan tanggal 3 November lalu.

Muhammad Ilham Ramadhan sebagai salah satu yang terpilih menjadi Duta Favorit membagikan sedikit kesan yang ia rasakan selama menjalani rangkaian pemilihan Duta Fakultas Ilmu Sosial 2022. “Dari saya ikut duta ini banyak banget pelajaran yang bisa saya dapat apalagi ketika proses karantina. Disitu saya belajar bagaimana cara berbicara didepan umum, belajar percaya diri, bersikap sopan, bahkan dari hal sekecil merapihkan rambut dan penampilan pun ketika kita rapih bisa bernilai baik dimata khalayak. Saya juga belajar bagaimana pentingnya komunikasi dan kerjasama tim ketika seseorang membutuhkan bantuan dengan menyampingkan rasa kompetisi yang ada.”

Selain Duta FIS UNJ, mahasiswa prodi S1 Ilmu Komunikasi juga berhasil mendapat predikat dalam pemilihan Duta UNJ yaitu sebagai Wakil 1 Duta UNJ 2021, ialah Victorio Kusumosidi. Kabar menggembirakan tersebut disiarkan secara langsung via Youtube Live Streaming di Channel Universitas Negeri Jakarta, pada Jumat, 12 November 2021 dalam acara Malam Penganugerahan Duta UNJ 2021.

Victorio Kusumosidi, Wakil 1 Duta UNJ 2021

Sebelumnya, Victorio merupakan salah satu dari keenam finalis pria dalam pemilihan Duta UNJ, dari total 12 orang finalis yang dibagi menjadi finalis putra dan finalis putri. Selama proses pemilihan Duta UNJ berlangsung, mereka harus melalui 3 tahapan proses seleksi sebelum akhirnya resmi dilantik pada acara Malam Penganugerahan Duta UNJ 2021.

Victoria mengatakan bahwa dengan adanya pemilihan duta UNJ ini dapat menjadi wadah baginya untuk mengembangkan diri dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Selain itu, Victorio mengaku senang bisa bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai fakultas dan program studi yang berbeda-beda di UNJ sehingga ia dapat belajar untuk bekerja sama dengan lebih baik lagi.

“Untuk mahasiswa diluar sana jangan pernah takut untuk keluar dari zona nyaman karena dengan demikian kalian bisa mengetahui potensi yang ada dalam diri kalian” Pesan Victorio.

Satu lagi prestasi membanggakan yang datang dari mahasiswi di wilayah Sumatera Barat. Salsa Ratu Maisya, seorang mahasiswi dari prodi S1 Ilmu Komunikasi berhasil menjadi juara untuk kategori Uni Talenta Kota Padang 2021 dalam acara Pemilihan Duta Wisata Uni dan Uda Kota Padang 2021. Grand Final acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 13 November 2021 di Hotel Bumi Minang, Padang.

Salsa Ratu Maisya

Acara Pemilihan Duta Wisata Uni dan Uda Kota Padang 2021 ini merupakan acara yang diselenggarakan tiap tahunnya oleh dinas pariwisata Uda dan Uni di bawah nauangan dinas pariwisata Padang. Untuk tahun ini, peserta yang mengikuti acara ini ada sebanyak 200 orang yang nantinya akan dipilih sebanyak 10 pasang peserta, dan Salsa merupakan salah satunya.

Salsa Ratu Maisya mengaku bangga karena telah berhasil pada pencapaiannya saat ini. “Pasti bisa bangga pada pencapaian ini karna sudah mendapatkan gelar dan amanah baru kembali yang mana uda uni wisata merupakan perpanjangan tangan dari dinas pariwisata untuk meningkatan pariwisata yang ada dikota padang,” ujar Salsa.

Selain itu, Salsa juga berpesan bahwa jangan takut untuk memulai, jalani, usaha serta harus memiliki jiwa yang besar atas hasil yang didapatkan, dan tetaplah produktif diusia produktif.

Penulis : Alifia Putri Zalianty  dan Hasna Fauziyah

Leave a Reply